20 September 2022

by Wiku Baskoro

Fitur Audio di OPPO Reno8 Pro 5G, Hadirkan Banyak Pilihan Bagi Penikmat Musik

Pengalaman singkat mendengarkan audio dengan Reno8 Pro 5G yang memberikan kejutan

Reno8 Pro 5G saat ini sedang dalam masa pre-order, Anda sudah bisa melakukan pemesan untuk memiliki smartphone terbaru OPPO ini. Selain fitur fotografi dan performa yang bisa diandalkan, smartphone ini juga punya fitur audio yang layak untuk diperhatikan.

Reno8 Pro 5G sendiri hadir dengan prosesor MediaTek Dimensity 8100 Max 5G serta beberapa dukungan spesifikasi antara lain baterai 4500mAh dengan SuperVOOC 80W. RAM dan ROM adalah 12GB dan 256GB ekspansi sampai 7GB. Kamera belakang dan kamera depan hadir dengan sensor Sony (IMX766 dan IMX709) lalu autofocus smart selfie.

Kamera belakang 50MP utama, 8MP wide, 2MP macro. Kamera depan 32 MP. Desain retro yang mengambil desain dari Reno5. Back cover corning gorrila glass sedangkan layar depan 6.7 inci flexible OLED display dan refresh rate-nya 120Hz. Perangat ini juga membawa NPU MariSilicon X yang dikembangkan oleh OPPO sendiri.

Fitur audio dari speaker bawaan

Fasilitas atau fitur yang paling kentara untuk urusan audio adalah hadirnya dual speaker yang memberikan pengalaman mendengarkan audio lebih stereo. Body perangkat dengan elemen kotak serta metal disemua sisi atau pinggir body juga memberikan dukungan tambahan untuk audio yang stereo.

Dengan dual speaker seperti ini tentunya ketika mendengarkan audio akan lebih nyaman baik untuk mendengarkan musik, menonton video atau film bahkan bermain game.

Untuk bermain game sendiri ketika tidak menggunaan earphone terkadang tangan menutupi speaker bagian bawah, nah dengan hadirnya speaker tambahan di bagian atas perangkat tentunya memberian pengalaan yang lebih menyeluruh.

Saat pertama kali mendengarkan musik tanpa earphone alias langsung dari perangkat, saya cukup kaget dengan hasil audio yang dihasilkan perangkat ini. Detail vokal yang dihasilkan perangkat cukup membuat kepala menoleh dan penasaran.

Clarity vokal terdengar detail, cocok untuk mereka yang memang menikmati konten yang menonjolkan vokal, misal lagu yang fokus ke vokal, film yang menampilkan banyak percakapan, konten video yang bercerita misal review produk atau video essay, dan tentunya konten podcast yang memang fokus di suara percakapan.

Bass yang dihasilkan oleh speaker internal atau bawaan perangkat ini memang tidak se-surround perangkat flagship, namun mesti diingat, reno8 Pro 5G bukanlah masuk di segmen flagship tetapi di segmen premium alias di bawah satu tingkat dari flagship. Detail vokal yang dihasilkan cukup mencuri perhatian.

Fitur audio Reno8 Pro 5G untuk perangkat bluetooth (TWS)

Beralih ke fitur audio yang hadir dukungan perangkat lunak terutama yang berhubungan dengan bluetooth device atau kita kerucutkan ke TWS. Reno8 Pro 5G ternyata memiliki fitur yang cukup lengkap untuk pilihan kualitas audio.

Ini memang tergantung dari perangkat bluetooh yang digunakan. Namun setidaknya pilihan terlah tersedia untuk diakses oleh pengguna. Beberapa fitur audio ini bisa diakses lewat menu Opsi Developer yang bisa Anda akses di Pengaturan Sistem.

Sebagai informasi saya menggunakan TWS terbaru yang mendukung codec HiFi, AAC, SBC, SSC. Sayangnya tidak mendukung LDAC atau LHDC atau bahkan aptX. Meski demikian masih bisa menikmati fitur Audio HD. TWS yang saya gunakan sebenarnya bisa sampai 24bit tetapi hanya codec dan ponsel tertentu. Selain itu saya hanya melakukan uji pada pilihan yang didukung oleh TWS yang saya gunakan. Misalnya fitur LDAC/LHDC dan aptX, meski muncul di ponsel tidak bisa saya uji.

Mari kita mulai dari yang pertama. Dari menu Opsi Developer, Anda bisa men-scroll untuk mencari fitur yang berhubungan dengan audio.

Fasilitas audio di Reno8 PRo 5G yang bisa dinikmat adalah mulai dari pilihan untuk menikmati Audio HD, pilihan ini memberikan peningkatan surround yang lebih baik dari pengaturan non Audio HD.

Lalu setelah men-togle pilihan ini di Reno8 Pro 5G, Anda juga mengakses beberapa pilihan menu lain untuk audio seperti pilihan Codec Audio Bluetooth yang tersedia seperti SBC, AAC, aptX sampai dengan LDAC dan LHDC tergantung perangkat yang didukung.

Jika Anda heran karena perangkat ini mendukung aptX yang dikembangkan oleh Qualcomm, tenang Anda tidak sendiri. Memang prosesor perangkat ini menggunakan Mediatek bukan Qualcomm. Sepertinya OPPO menyediakan lisensi tambahan meski tidak menggunakan prosesor Qualcomm. Yang merupakan tamabahan fitur yang menjadikan dukungan audio perangkat ini lebih lengkap.

Penjelasan tentang ini bisa dicek, salah satunya lewat video ini (menit 8.26).

Selain itu untuk frekuensi sampel audio via bluetooth juga bisa Anda pilih. Anda juga bisa melakukan pilihan bit per sampel audio. Saat saya coba, meski TWS yang saya gunakan mendukung 24bit tetapi hanya codec dan perangkat tertentu jadi hanya bisa memilih 16bit. Tetapi dalam menu di Reno8 Pro 5G ada pilihan lain sampai dengan 32bit/sampel.

Selain pilihan menu pengaturan audio yang bisa diakses dari perangkat lunak atau sistem pengaturan, kita juga ternyata bisa melakukan pengaturan di aplikasi yang mendukung. Saya menggunakan Youtube Music berbayar yang memiliki pilihan pengaturan untuk audio selalu tinggi serta juga menyediakan pilihan pengaturan equalizer.

Nah, yang terakhir ini cukup menarik, karena ketika saya pilih maka akan keluar pilihan untuk menggunakan pengaturan Real HD Sound, yang dalam keterangannya dikembangkan bersama oleh OPPO dan Dirac Research AB.

Pilihan Real HD Sound ini akan membua beberapa pengaturan untuk equalizer, mulai dari otomatis atau yang bisa dipilih sendiri baik preset yang tersedia atau termasuk pilihan pengaturan custom sesuai dengan selera pengguna.

Beberapa fitur yang disebutkan di atas ini bagi saya yang merupakan penikmat audio #kerehore cukup menyenangkan. Setidaknya kita sebagai pengguna diberikan berbagai pilihan untuk melakukan pengaturan sesuai selera dan sesuai perangkat audio atau TWS yang didukung.

Jika tidak menggunakan earphone, Reno8 Pro 5G juga memberikan kualitas audio terutama dari sisi vokal yang cukup baik sehingga clarity percakapan bisa terdengar secara detail.

Sebagai pelengkap, saya coba menanyakan ke pihak OPPO tentang fitur spesifkasi di atas kertas yang dihadirkan Reno8 Pro 5G ini, OPPO menyebutkan beberapa hal antara lain:

Reno8 Pro 5G asymmetric dual speakers 1. Algorithm for protection against low barometric pressure: Improves audio quality at high altitudes. 2 - Non-Linear Correction (NLC) algorithm: By modeling the estimated distortion model and superimposing the opposite control signal to offset non-linear distortion of the system, this feature ensures perfect sound reproduction and improves the overall clarity. 3. Audio zoom during video shooting: Audio zoom is implemented with dual microphones. During video shooting, when you zoom in, the sound will become louder. At present, this can only amplify the sound from the center of the video and does not support intelligent recognition. Only the built-in app supports this function.

--

Reno8 Pro 5G sendiri memang diposisikan sebagai perangkat yang fokus pada fitur fotografi dan videografi tetapi dengan adanya pilihan tambahan yang cukup banyak untuk audio, menjadikan perangkat ini jadi lebih mendekati kemampuan flagship, padahal segmentasi dan harganya masih di bawah itu.

Reno8 Pro 5G sendiri dijual dengan harga 10 juta rupiah. Pre-order sudah dibuka dari 16 - 22 September lewat Erafone dan Tokopedia. Keuntungan tambahan adalah OPPO Enco Air dan penawaran bank 0% dengan 12 bulan kredit. Perangkat ini akan dijual secara umum di toko offline dan online resmi OPPO mulai 23 September 2022.