8 April 2023

by Galih

Film Adaptasi Minecraft Akhirnya Tentukan Jadwal Rilisnya

Siap-siap, karena film live-action Minecraft akan hadir tahun depan

Kabar gembira akhirnya tiba untuk para fans dan juga pemain Minecraft. Karena setelah sekian lama tanpa kepastian, akhirnya film adaptasi live-action dari Minecraft kini memiliki jadwal rilis yang pasti.

Dikutip dari Deadline, franchise game tersukses milik Microsoft tersebut direncanakan untuk dirilis pada 4 April 2025 mendatang. Kabar baiknya, pemeran Aquaman Jason Momoa masih dikunci sebagai pemeran utama.

Seperti yang sudah diberitakan sebelumnya, film ini pada awalnya diumumkan sudah sejak 2014 silam. Namun sayangnya, status proyek ini tidak pernah jelas selama bertahun-tahun.

Berbagai nama sutradara sudah pernah ditunjuk oleh Warner Bros. Di awal pengumumanya, sutradara dari Free Guy dan Night at Musuem, Shawn Levy ditunjuk untuk mengerjakan proyek ambisius tersebut.

Image Credit: Microsoft

Namun sayangnya tidak lama, nama Levy turun dan di tahun 2015 sutradara Rob McElhenney yang memegang It's Always Sunny in Philadelphia ditunjuk sebagai pengganti. Di masa ini aktor Steve Carell ditunjuk sebagai pemain utama.

Bahkan, Warner Bros sudah sempat mengumumkan tanggal perilisan filmnya yaitu pada 24 Mei 2019. Tapi sekali lagi, sayangnya proyek tersebut ditimpa banyak masalah hingga sang sutradara keluar pada 2018.

Di 2019, proyek film adaptasi Minecraft kembali naik kembali dengan nama sutradara Peter Sollett yang sebelumnya menyutradarai serial TV Rise, Metal Rods, dll.

Proses adaptasi film yang carut-marut tersebut sebenarnya disadari oleh developer original Minecraft, Mojang. Di tahun 2019 mereka sempat mengeluarkan pernyataan melalui postingan blog-nya.

"Ternyata, membuat film live-action berdurasi penuh itu sangat rumit." tulis tim Mojang dalam postingannya tersebut. Dan hal tersebut terbukti, karena di tahun 2022, film adaptasi Minecraft tersebut kembali ditunda.

Hingga yang terakhir, sutradara Napoleon Dynamite dan Nacho Libre, Jared Hess ditunjuk pada 2022 lalu untuk menjadi pimpinan baru dalam film adaptasi Minecraft ini.

Meskipun kini film adaptasi Minecraft tersebut telah kembali memiliki orang-orang penting seperti sutradara, aktor utama, hingga tanggal rilis pasti, namun berkaca dari para sutradara sebelumnya menunjukkan bahwa masih ada kemungkinan proyek ini batal kembali.

Dengan hanya waktu pengerjaan yang tersisa kurang dari satu tahun lagi, Warner Bros dan Jared Hess punya tanggung jawab yang besar terhadap film adaptasi Minecraft ini.