12 Minecraft Server Terbaik di 2022

Server-server terbaik ini menyuguhkan beragam gamemode yang bisa dimainkan bersama teman-teman Anda.

Bosan main Minecraft sendirian? Yuksimak beberapa Minecraft server terbaik di 2022 yang bisa dibawa seru-seruan sendiri maupun bersama teman.

Sejak rilis, Minecraft memang sangat asyik jika bisa dimainkan bersama teman. Karena itu, MOJANG berusaha keras untuk mengimplementasikan sejumlah cara untuk memainkan Minecraft secara online. Mulai dari hadirnya server third-party, metode "Open to LAN", hingga Realms, semuanya dihadirkan oleh MOJANG agar pemain dapat merasakan Minecraft bersama pemain lain.

Image Credit: Minecraft Wiki

Nah, dari berbagai cara memainkan Minecraft secara online -- server third-party masih sangat digemari oleh para pemain Minecraft Java Edition maupun Bedrock Edition. Server third-party masih lebih digemari karena beberapa hal seperti populasinya yang ramai, gamemode-nya yang beragam, dan banyak lagi.

Karena itu, terdapat banyak sekali server Minecraft di luar sana yang bisa Anda kunjungi. Sayangnya, banyak pemilik atau admin server yang kadang tidak peduli dengan lingkungan server mereka. Alhasil, Anda akan mengalami beberapa pengalaman kurang menyenangkan seperti berhadapan dengan hacker, bocah-bocah toxic, atau server yang sudah hampir mati (populasi atau pemainnya sedikit).

Nah, karena itu juga -- kami akan menyuguhkan daftar berisi sejumlah Minecraft Server terbaik yang bisa Anda kunjungi edisi 2022. Semua server Minecraft di bawah ini pastinya akan sangat asik dimainkan sendiri maupun ramai-ramai. Harap diingat, semua IP server yang tertulis di bawah ini merupakan server Java Edition. Tanpa basa-basi lebih lanjut, berikut adalah 20 Minecraft Server terbaik di 2022.

Minecraft Server Terbaik Edisi 2022

1. Hypixel Network

Lobby utama Hypixel - Image Credit: Hypixel

IP: mc.hypixel.net

Masuk ke peringkat pertama, Hypixel Network merupakan salah satu server terbesar di dunia Minecraft. Server milik mantan pembuat map Minecraft legendaris ini telah berdiri sejak 2013 dan memiliki banyak gamemode asyik yang bisa dicicipi. Di antaranya ada BedWars, SkyBlock, Paintball, SMP, dan banyak lagi.

2. Mineplex

IP: us.mineplex.com

Tidak kalah dari Hypixel, Mineplex ini juga telah beroperasi dari tahun 2013. Namun, gamemode-gamemode yang ditawarkan oleh Mineplex sedikit berbeda dari server pada umumnya. Pasalnya, server satu ini lebih mengarah ke minigames. Anda dapat memainkan banyak minigame seru yang jarang ditemukan di server-server lain seperti Speed Builders, Minestrike, hingga Master Builder.

3. BlocksMC

IP: blocksmc.com

Mirip seperti Hypixel, BlocksMC menyediakan banyak gamemode dan minigame yang bisa dimainkan. Mulai dari Prison, EggWars, BedWars, PvP, hingga Parkour, semuanya ada di server BlocksMC ini. Selain itu, server satu ini sudah mendukung versi Minecraft hingga 1.18.2. Sayangnya, lokasi server BlocksMC ini terletak di Arab Saudi -- mengakibatkan ping tinggi (lag).

4. Jartex Network

IP: topc.jartex.fun

Jartex Network menyuguhkan berbagai gamemode asik yang bisa dimainkan secara kompetitif. Salah satu gamemode mereka yang paling ramai adalah BedWars. Asiknya, saat bermain di Jartex -- kemungkinan bertemu dengan hacker lumayan kecil, karena sistem anti-cheat yang mereka gunakan terbilang lumayan ketat.

5. MCHub

IP: top.mchub.com

MCHub terkenal akan tiga gamemode unggulannya, yaitu Prison, Skyblock, dan Survival. Pasalnya, ketiga gamemode dari mereka ini sedikit berbeda dari server lain. Mereka menambahkan beberapa fitur asik seperti Backpack, Backpack Enchanments, Gemstones, Private Mines, Cities, Casino, dan banyak lagi.

6. Herobrine.org

Image Credit: Herobrine.org

IP: herobrine.org

Server yang namanya diambil dari creepypasta Minecraft ini sangat cocok untuk menjadi salah satu alternatif dari Hypixel. Menurut saya, pemain lain di Herobrine.org ini tidak 'sekeras' di Hypixel. Jadi, jika Anda gemar bermain Bedwars atau Skywars -- di server ini akan jauh lebih mudah untuk menggapai kemenangan daripada Hypixel.

7. Pixelmon Server

IP: play.pixelmonrealms.com

Sesuai namanya, Pixelmon Server merupakan server yang mengadopsi modpack bernama Pixelmon. Bagi yang belum tahu, modpack Pixelmon ini menambahkan segudang aspek dari Pokemon ke Minecraft. Nah, Pixelmon Server ini menyediakan platform multiplayer untuk Anda yang ingin bermain modpack Pixelmon secara online. Namun, untuk bergabung ke Pixelmon Server -- Anda harus meng-install modpack-nya terlebih dahulu yang bisa Anda unduh di sini.

8. Complex-Gaming

IP: top.mc-complex.com

Complex-Gaming merupakan server Minecraft yang memuat banyak gamemode. Ada Skyblock, Survival, Factions, Creative, dan banyak lagi. Namun, ada satu gamemode yang menarik -- yaitu Pixelmon. Yes... Maksud dari gamemode Pixelmon ini sama seperti server Pixelmon di atas. Anda dapat bertemu dengan lebih dari 850 Pokemon dengan modpack legendaris itu dan memainkannya secara online di Complex-Gaming.

9. The Mining Dead

IP: us.miningdead.com

Penggemar serial The Walking Dead merapat! Pasalnya, server satu ini menyuguhkan pengalaman bermain Minecraft yang dikombinasikan dengan ngerinya mayat hidup. Di sini, Anda dapat memilih lebih dari 30 perlengkapan senjata untuk menghabisi para zombi. Selain itu, map yang dimuat oleh The Mining Dead ini berukuran lumayan besar, yaitu 5,000 x 5,000 blok.

10. Fallen Kingdom

IP: play.fallenkingdom.co

Pemain Minecraft veteran pastinya sudah tahu dari judulnya. Yes... ">Cerita sekaligus video musik yang dibuat oleh CaptainSparklez telah diadaptasikan menjadi sebuah server. Mengadopsi genre RPG, di sini Anda harus membangun benteng pertahanan sekaligus menyiapkan pasukan untuk menyerbu benteng lawan. Tentu saja, Anda dapat memilih berjuang secara kooperatif atau sendirian.

11. Grand Theft Minecraft

IP: mc-gtm.net

Sesuai namanya, server satu ini menggabungkan salah dua game PC terbaik -- yaitu Minecraft dan Grand Theft Auto. Gameplay yang ditawarkan pun sangat asik dan mirip dengan GTA Online. Di sini, Anda dapat membeli rumah, mencari uang, kejar-kejaran dengan polisi, hingga tembak-tembakan dengan pemain lain.

12. TulipSurvival

Image Credit: PlanetMinecraft

IP: go.tulipsurvival.com

TulipSurvival merupakan server survival dengan komunitas paling damai di Minecraft. Pasalnya, para admin di server ini sangat aktif melayangkan ban pada semua orang yang 'rusuh'. Jadi, Anda tidak perlu khawatir ada pemain toxic mengganggu pengalaman bermain Anda. Di TulipSurvival, Anda dapat bermain survival secara kooperatif bersama teman, mengklaim area, hingga membuka toko jual-beli item.

Penutup

Itu dia tadi beberapa Minecraft server terbaik di tahun 2022 ini. Semua server di atas ini pastinya dapat mengisi akhir pekan Anda sendiri atau bersama teman-teman Anda.

Bagi Anda yang belum mengetahui cara bermain Minecraft secara multiplayer, Anda dapat membaca tutorial lengkap yang kami buat beberapa waktu lalu.

Featured image credit: Hypixel