Esports Ecosystem

FIFA Gelar ePremier League Season 2, Siapa Bisa Tumbangkan Liverpool?

08 Oct 2019 | Ayyub Mustofa
Donovan "F2Tekkz" Hunt bersiap untuk mempertahankan gelar juaranya.

Kerja sama antara FIFA dan EA Sports telah menghasilkan sebuah kompetisi yang spesial bagi para penggemar sepak bola di Inggris Raya. Menggandeng tim-tim besar liga primer Inggris, kompetisi yang disebut ePremier League (ePL) dilaksanakan pada awal tahun 2019 dan ditayangkan di stasiun televisi ternama, Sky Sports. Keunikan kompetisi ini adalah bahwa para pemain akan berlaga mewakili salah satu dari 20 tim Premier League, seperti Arsenal, Manchester United, dan Tottenham Hotspur.

Kompetisi perdana ePremier League rampung pada akhir Maret 2019, dengan babak Grand Final yang digelar di London. Di sini, Donovan “F2Tekkz” Hunt keluar sebagai juara dengan mewakili tim Liverpool F.C. Ia berhasil menumbangkan wakil dari klub Manchester United, yaitu Kyle Leese. Geler ini merupakan sebuah kebanggaan tersendiri bagi F2Tekkz yang masih berusia 17 tahun, sebab di liga primer nyata pun ia merupakan penggemar berat tim Liverpool.

ePremier League perdana itu rupanya dinilai sangat sukses, sehingga FIFA dan EA Sports baru-baru ini mengumumkan peluncuran kompetisi ePremier League Season 2. Sama seperti musim sebelumnya, ePremier League Season 2 kembali mengumpulkan pemain-pemain dari seluruh Inggris Raya untuk berkompetisi di dua platform sekaligus, PS4 dan Xbox One. Liga ini kembali diikuti oleh 20 tim Premier League, namun dengan sedikit perbedaan. Tim Cardiff City, Fulham, dan Huddersfield Town hilang (degradasi), digantikan Norwich City, Sheffield United, dan Aston Villa.

“Musim perdana ePremier League kami mendapat respon sangat baik dari para penggemar dan klub,” kata Richard Masters, Interim Chief Executive di Premier League, dalam pengumuman resminya, “Turnamen tersebut menyatukan para pemain EA Sports FIFA profesional yang berpengalaman dengan kompetitor pemula dan memberikan mereka kesempatan unik untuk bertanding dan meraih kemenangan untuk klub favorit mereka. Kami sangat senang bisa bekerja dengan klub-klub lagi untuk melanjutkan momentum dari musim pertama ePL dan berharap bisa menyambut lebih banyak penggemar dan pemain EA Sports FIFA di turnamen ini.”

ePremier League 2019-2020
Struktur kompetisi ePremier League 2019/2020 | Sumber: Premier League

ePremier League Season 2 akan berjalan mulai Desember 2019, dengan babak final pada bulan Maret 2020. Jadwal kompetisinya sebagai berikut:

  • 4 November 2019: Pendaftaran dibuka
  • 2 – 22 Desember 2019: Kualifikasi online
  • Februari 2020: Club playoffs
  • 27 – 28 Maret 2020: ePremier League Finals

Para peserta dengan performa baik di ePremier League Season 2 bisa mendapatkan FIFA 20 Global Series Points yang akan menjadi pertimbangan kualifikasi di turnamen dunia FIFA 20 Global Series Playoffs. Babak final ePL ini nantinya juga akan ditayangkan di Sky Sports, channel Twitch resmi EA Sports FIFA, serta jalur-jalur siaran Premier League. Babak final ePremier League Season 1 dikabarkan berhasil menggaet hampir 14 juta view. Bisakah final Season 2 menembus rekor yang lebih tinggi lagi?

Sumber: Premier League, Leicester City F.C.