Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

Premier League dan EA Luncurkan Liga Esports Sepak Bola “ePremier League”

10 October 2018Ayyub Mustofa

Para pemain PS4 dan Xbox One dapat berlaga mewakili tim Premier League di lapangan virtual

Electronic Arts (EA) dan Premier League baru-baru ini mengumumkan kerja sama yang sangat seru, terutama bagi para penggemar game sepak bola di wilayah Inggris Raya. Mulai tahun depan, kedua organisasi tersebut akan menggelar liga primer sepak bola virtual dengan nama ePremier League (ePL). Dan sama seperti Liga Primer betulan, ePremier League juga akan tayang di stasiun televisi ternama Inggris, Sky Sports.

Layaknya turnamen-turnamen esports skala besar pada umumnya, ePremier akan terdiri dari tiga tahapan; kualifikasi, playoff, dan final. Tapi terdapat keunikan di sini. Pemain tidak hanya berlaga mewakili diri sendiri, namun akan mewakili tim Premier League tertentu. Oleh sebab itu format kualifikasinya pun menyesuaikan dengan format sepak bola Premier League.

FIFA 19 | Screenshot
FIFA 19 | Sumber: Sony

Pertama, ePL akan membuka babak kualifikasi secara online yang dibagi dalam dua platform, yaitu PS4 dan Xbox One. Kemudian dari masing-masing platform diambil 16 pemain terbaik untuk setiap tim sepak bola. Premier League diikuti oleh 20 tim, jadi dari Online Qualifier ini akan dihasilkan 640 peserta (320 dari PS4 dan 320 dari Xbox One).

Selanjutnya, kompetisi memasuki babak yang disebut Club Playoffs. Artinya, setiap klub Premier League harus menyaring dua pemain terbaik dari tiap platform sebagai perwakilan mereka. 640 peserta tadi akan saling bertarung hingga akhirnya tersisa 40 pemain saja, 20 dari tiap platform. 40 pemain itulah yang berhak tampil di London untuk berlaga dalam babak final ePremier League.

ePremier League | Schedule
Struktur kompetisi ePremier League | Sumber: Premier League

“Kami tahu bahwa ada jutaan penggemar (Premier League) yang bermain FIFA, dan kompetisi esports baru ini akan memberi kesempatan menarik bagi klub kami untuk berinteraksi dengan mereka. Kami tak sabar untuk memulai ronde pembukaan online pada bulan Januari 2019,” demikian kata Richard Masters, Managing Director Premier League dalam pernyataan resmi.

Pendaftaran ePremier League akan dibuka mulai bulan Desember 2018. Berikut ini jadwal kompetisinya:

  • Registrasi: 3 Desember 2018
  • Online Qualifiers: Januari 2019
  • Club Playoffs: Februari – Maret 2019
  • ePL Final: 28 – 29 Maret 2019

Belum ada informasi mengenai berapa hadiah yang ditawarkan bagi juara ePremier League nanti. Namun yang jelas para peserta ePL akan mendapat pro point yang dapat digunakan dalam kompetisi EA Sports FIFA 19 Global Series. Informasi lebih lanjut dapat Anda lihat di situs e.premierleague.com.

Sumber: Premier League.

Play video

7 July 2021

HY ESPORTS - APAKAH KOMUNITAS OFFICIAL ITU PENTING?

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV