27 July 2022

by Glenn Kaonang

FC Barcelona Abadikan Momen-Momen Historisnya Lewat Koleksi NFT

NFT pertama dari FC Barcelona menampilkan animasi computer graphics dari gol legendaris yang dicetak Johan Cruyff di tahun 1973

Sebagai objek yang dapat dikoleksi, NFT tentu memiliki fungsi sebagai faktor pendorong engagement. Hal ini menjadikan NFT sebagai sesuatu yang sangat berharga di dunia olahraga, yang umumnya memang mengandalkan engagement sebagai salah satu currency terpenting. Di cabang sepak bola, kita sudah melihat beberapa contoh penggunaan NFT untuk mendongkrak engagement penggemar, salah satunya NFT yang diluncurkan Liverpool beberapa waktu lalu. Sekarang, giliran klub raksasa Spanyol, FC Barcelona, yang mengambil langkah serupa.

Rival abadi Real Madrid tersebut belum lama ini mengumumkan peluncuran koleksi NFT pertamanya yang digarap bersama agensi periklanan BCN Visuals. Total akan ada 10 edisi di koleksi NFT Barcelona, dan masing-masing edisi bakal menyoroti momen-momen historis yang diambil dari sejarah panjang sang klub. Edisi yang pertama misalnya, menampilkan momen gol yang dicetak Johan Cruyff ke gawang Atletico Madrid di tahun 1973.

Aksi tendangan voli Johan Cruyff yang legendaris itu diabadikan dalam wujud NFT animasi berdurasi 40 detik, lengkap dengan musik orkes orisinal. Kabarnya, proses pembuatan aset NFT ini memakan waktu lebih dari 10.000 jam, serta melibatkan para ahli computer graphics (CG) dan visual effects (VFX) dari Hollywood. Bukan cuma itu, aset NFT berjudul "In A Way, Immortal" ini juga spesial karena hanya akan tersedia dalam satu edisi (1/1) saja.

Sejalan dengan tema eksklusif yang diusung, NFT Johan Cruyff ini akan dijual dengan sistem lelang pada tanggal 29 Juli di Sotheby's. Nantinya, pemilik NFT tersebut akan diberi titel "Barça Digital Ambassador," sekaligus mendapatkan berbagai macam keuntungan, mulai dari kesempatan untuk bertemu para pemain tim, sampai hospitality rights yang berlaku selama minimal lima tahun. Di samping NFT animasi, nantinya juga akan ada empat aset NFT ekstra berupa gambar statis dari animasinya.

Presiden FC Barcelona, Joan Laporta, percaya bahwa inisiatif NFT ini bisa menjadi cara yang efektif untuk semakin menumbuhkan brand Barça. "Barça dengan lebih dari 400 juta pengikut di jejaring sosial terus membuka cara baru untuk terhubung dengan para penggemar kami, dan kami percaya bahwa dengan strategi NFT klub yang baru, kami menemukan peluang unik untuk terus mengembangkan dan mengkonsolidasikan brand Barça," ucap Joan dalam siaran pers.