Dark
Light

Fasilitas Baru di Google Docs: Drag n Drop Gambar Langsung ke Dokumen

1 min read
October 20, 2010

Google menambahkan fasilitas baru dari layanan dokumen mereka, yang berhubungan dengan penambahan gambar pada lembar kerja atau dokumen pada layanan Google Docs.

Jika sebelumnya Google menyediakan fasilitas penambahan gambar pada dokumen dengan tiga cara, yaitu mengambil gambar langsung dari komputer dengan fasilitas insert images, kemudian dengan menambahkan gambar dari hasil pencarian yang menggunakan mesin pencari gambar Google, atau dengan mengetikkan atau menempatkan URL di Google Docs. Kini Google menambahkan satu fasilitas tambahan untuk menambahkan gambar dengan fasilitas drag n drop.

Cara kerjanya sama seperti fasilitas drag n drop pada layanan Google lain, pengguna yang sedang mengerjakan dokumen bisa langsung menambahkan gambar hanya dengan menggeser file gambar yang terdapat di komputer atau folder desktop dan menempatkannya pada lembar kerja Google Docs yang sedang dibuka, gambar akan langsung ditempatkan pada halaman kerja Google Docs dalam posisi sesuai yang ditempatkan pengguna, yang kemudian posisinya bisa disesuaikan secara manual.

Fitur drag n drop seperti ini melengkapi fasilitas serupa yang sebelumnya disediakan pada layanan Google yang lain, misalnya fasilitas drag n drop pada Gmail, dimana pengguna bisa memindahkan file dari folder komputer ke attachment Gmail, kemudian memindahkan gambar ke body email serta melakukan drag n drop file yang ada di attachment email langsung ke folder komputer atau tempat lain di sistem file pada komputer pengguna.

Seperti yang dijelaskan Google, fasilitas drag n drop untuk Google Docs ini memang memudahkan dan mempercepat proses kerja, Google juga menambahkan bahwa fasilitas ini telah bisa digunakan diberbagai perambah terbaru, termasuk diantaranya versi terbaru dari Google Chrome, Firefox, serta Safari. Mereka juga akan membuat fasilitas ini berjalan di peramban yang lain setelah peramban yang bersangkutan mendukung fitur drag n drop di Google docs.

Setelah mencobanya, fitur ini memang memudahkan pemindahan file, meski prosesnya agak lama (mungkin ada kaitannya dengan jaringan internet), namun posisi dari gambar yang ditambahkan masih belum sebaik aplikasi desktop. Misalnya, posisi gambar akan berada di tengah teks, sejajar dengan kalimat dari dokumen yang sedang dikerjakan, sehingga kita tidak bisa menikmati tampilan insert image layaknya yang ada blog atau aplikasi dokumen versi desktop, dimana teks bisa berada persis dipinggir bagian atas gambar. Tetapi untuk aplikasi berbasis web, fitur ini cukup membantu untuk proses kerja, dan bisa jadi Google akan memperbaiki dan melengkapi fitur ini dalam perkembangan ke depan.

Wiku Baskoro

Penggemar streetphotography, penikmat gadget, platform agnostic gamers, build Hybrid.co.id to make impact.

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Evernote Dapatkan Dana US$20 Juta

Next Story

Hari Ini, Microsoft Luncurkan Program “20.10 dengan Office 2010”

Latest from Blog

Don't Miss

5 Pembaruan untuk Gemini yang Diumumkan di Google I/O 2024

5 Pembaruan untuk Gemini yang Diumumkan di Google I/O 2024

Tak hanya bertambah cerdas, Gemini juga semakin fleksibel dalam memenuhi

Google Cloud Skills Boost: Pelatihan Online untuk Berkarir di Industri Teknologi

Pengguna Google Cloud Skills Boost bisa akses beragam course dan