Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

Bilibili akan Rilis Versi Mobile Fall Guys: Ultimate Knockout

25 August 2020Narendra Soejoedi

Dalam waktu kurang dari satu bulan sejak diluncurkan Fall Guys: Ultimate Knockout menjadi game fenomenal yang digandrungi secara global.

Dalam beberapa waktu terakhir ini, game berjudul Fall Guys: Ultimate Knockout yang dibesut oleh Mediatonic, studio asal Inggris meledak di pasaran. Penampilan karakter game yang terbilang lucu dan penuh warna membangun kesan yang ceria dan ramah bagi gamers segala umur, kasual maupun kelas berat. Gameplay yang menyajikan pertarungan ala battle royale sudah berhasil memikat lebih dari 1,5 juta gamers secara global sejak pertama kali diluncurkan di tanggal 4 Agustus 2020 yang lalu.

Nyatanya tanpa perlu menunggu lama, perusahaan layanan streaming asal negeri tirai bambu, Bilibili dinyatakan akan merilis game Fall Guys yang masih sangat viral dan sangat diminati ke dalam platform mobile. Meskipun sampai berita ini dilansir game Fall Guys baru dirilis secara resmi di platform PC dan PS4.

Jika ditilik dari sisi bisnis, pola yang sama dapat kita temui pada game lain. Misalnya pendekatan Tencent kepada Bluehole studio yang kini bernaung di bawah nama Krafton Game Union saat berencana merilis game PUBG Mobile di tahun 2018. kurang lebih setahun berikutnya hal ini berulang dengan perilisan game Call of Duty dalam platform mobile di bawah lisensi dari Activision. Kesuksesan peluncuran game Fall Guys juga akhirnya menarik banyak brand lain untuk memasukkan identitasnya menjadi skin di dalam game tersebut.

Rencananya Bilibili akan merilis game Fall Guys: Ultimate Knockout dengan sedikit penyesuaian judul. Bagi pasar Tiongkok namanya akan diubah menjadi Jelly Bean: Ultimate Knockout. Sekalipun ini bukan kali pertama Tencent mendekati studio game dan menciptakan kembali versi mobilenya, ini adalah kali pertama layanan streaming memiliki lisensi unutk merilis sebuah game.

https://twitter.com/FallGuysGame/status/1295354716382203904

Adapun isu yang sama sebelumnya pernah mengemuka di jagat maya. Dikarenakan game Fall Guys dalam waktu singkat menjadi viral dan banyak dimainkan, ada beberapa pihak yang mencoba melakukan remake atau duplikasi di platform mobile. Dalam sebuah cuitan, pihak Mediatonics menyangkal adanya game Fall Guys di platform mobile.

Bill Croft, co-founder dari studio yang mengembangkan game Fall Guys, Mediatonic, menyatakan, “dapat kami konfirmasikan bahwa Bilibili secara resmi memiliki hak rilis game Fall Guys di platform mobile untuk region Tiongkok.” Di waktu yang sama ia juga menyatakan bahwa ke depannya akan ada rencana perilisan game Fall Guys di platform lainnya.