Dark
Light

Facebook Siapkan Location Check In

1 min read
January 30, 2010

fblocationLocation, location, location, check in, check in, check in. Kayaknya itulah mantra media sosial tahun 2010 ini. Foursquare, Gowalla, Yelp mengkhususkan diri ke sana, dan untuk lokal ada Koprol yang udah makin populer. Twitter pun punya geolocation API yang bisa dipakai oleh apps untuk men-tag tweet seseorang. Siapa yang belum ikutan? Yak, Facebook. Apakah mereka akan ikutan? Pastinya.

Business Insider mengungkapkan bahwa mereka mendapat kabar dari sumber dalam bahwa Facebook saat ini sedang mempersiapkan fitur untuk check in dan memberitahukan lokasi kita berada ke teman-teman. Well sebenernya kalau mereka ngga ikutan bikin fitur ini, itu baru mencengangkan. Jadi apakah ini kabar buruk untuk para pemain lama?

Ngga juga, bukan berarti Facebook sudah pasti akan melibas yang udah ada. Mereka memang menang di kuantitas pengguna dan hubungan sosial “nyata” yang terjalin di dalamnya, tapi ngga selamanya itu menjamin fitur yang mereka luncurkan akan sukses.

Contohnya Twitter saat ini masih menang dalam lomba update status. Yang bisa diberikan oleh Twitter adalah konteks, dalam bentuk trending topics, pencarian, dan statistik. Kalau di Twitter, yang lebih bermakna adalah “apa yang dikatakan orang-orang,” sedangkan Facebook lebih ke “orang-orang (yang gue kenal) bilang apa?” Pengguna Twitter ngga perlu kenal dengan orang yang mereka follow untuk bisa menikmati Twitter, sedangkan titik seru Facebook ada di penerjemahan hubungan nyata ke internet.

Gimana dengan lokasi? Tentu aja seru kalo bisa tau temen-temen gue lagi ada di mana, atau siapa yang lagi ada di deket gue (misalnya boss gue, man that’d be highly useful!). Tapi masih banyak sisi lain yang bisa dieksplor, seperti rewarding system di Foursquare, atau berbagi review tempat di Koprol, mengimplementasikan augmented reality, atau partnership dengan merchant-merchant dan venue-venue yang sepertinya akan sulit dilakukan Facebook, terutama dalam konteks lokal.

Gue sendiri excited dengan arah trend location sharing ini, karena akhirnya media dan jaringan sosial di internet akan semakin terintegrasi dengan dunia nyata. Dan siapa lagi yang bisa membawa layanan ini jadi mainstream kalau bukan Facebook?

Oiya kalau mau tau gue ada di mana, silakan ngintip di Foursquare atau Koprol gue πŸ˜€

7 Comments

  1. bener banget, emang kompetisi tergantung dilihat dari konteks apa. Tapi terkadang user lebih prefer salah satu, for example gw udah gak maintain Facebook gw (only once a week or so) tapi gw prefer aktif di twitter. Memang keduanya secara kontekstual bukan pesaing, tapi preferensi gw jatuh ke salah satu dari mereka.

    So, Foursquare, Koprol or Facebook? Untuk sekarang, masih Koprol.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Strategi Microsoft Mendekati Komunitas Open Source

Next Story

Berkunjung ke desaVIRTUAL

Latest from Blog