Dark
Light

Event Report: GameLan 3rd Meetup dan Pengenalan ‘Jogja International Game Summit 2012’

2 mins read
November 28, 2011

Minggu lalu kami mengumumkan ada empat event yang dilaksanakan di akhir pekan. Dari beberapa acara tersebut, kami berkesempatan datang di GameLan 3rd Meetup. Para pembaca DailySocial tentunya sudah mengetahui bahwa GameLan adalah komunitas startup game dev yang berasal dari Yogyakarta. Pada 3rd meetup kali ini hadir dengan tema “Yang Muda Yang Berkarya”, para pembicara di meetup kali ini adalah para mahasiswa yang membangun tim game development.

Tim tersebut adalah Creacle Game Studio dari jurusan ilmu komputer UGM, Amagine Interactive dari jurusan teknik elektro UGM, dan IndonesiaMini dari jurusan sistem informasi UKDW.

Pembicara pertama pada meetup kali ini dari Creacle Game Studio. Gathot Fajar salah satu crew dari Creacle menjelaskan awal dibentuknya Creacle. Creacle Game Studio dibentuk pada tahun 2011 oleh beberapa mahasiswa jurusan ilmu komputer UGM, visi mereka adalah mengembangkan game di semua platform dengan konten lokal.

Pada awalnya beberapa mahasiswa tersebut membuat game bernama Legenda Gathotkaca dengan platform Flash untuk diajukan dalam ajang Gemastik 2009, dan menjadi juara ketiga dengan kategori game development category pada ajang tersebut. Selanjutnya tim Creacle kembali membuat game di platform Flash yang berjalan di Facebook bernama Math Academy, game ini juga masuk ke babak final di ajang Gemastik 2010.

Game selanjutnya yang dibuat oleh Creacle adalah GreenGuard yang berjalan pada Windows Phone 7, game ini dibuat pada tahun 2011. GreenGuard ini pernah menjadi nominasi di beberapa kompetisi salah satunya di INAICTA 2011 kemarin, di kategori “Mobile Game”. Game selanjutnya adalah Let’s Innovate, game ini menjadi nominasi di ajang CompFest 2011.

Game yang paling menarik dari Creacle adalah Arjuna Sang Pemanah. Game ini berjalan di platform J2ME. Game ini juga menjadi pemenang di ajang kompetisi yang diadakan oleh Nokia, seperti di Jogja Game Expo menjadi juara pertama dan di CHIP-Nokia Mobile Game DevWar menjadi juara ketiga. Game ini juga sudah di download lebih dari 90.000 di Nokia Ovi Store. Dan beberapa game J2ME dengan cita rasa lokal lainnya adalah Nakula Sadewa in The Labirynth dan Bima The Conqueror.

Setelah Creacle, pembicara berikutnya di meetup kali ini adalah Amagine Interactive yang didirikan oleh 4 orang mahasiswa dari jurusan teknik elektro UGM, mereka adalah Dennis Adriansyah Ganda, Vicky Fazlurrahman, Supradi Sitepu, dan Damas Nawanda. Amagine Interactive sendiri baru didirikan pada bulan Maret yang lalu.

Game yang pertama kali mereka produksi adalah RocketBoy yang berjalan di platform Android dan sudah tersedia di Android Market. Dennis juga menceritakan pengalamannya dalam pembuatan game ini yang dibuat selama 3 bulan, Dennis dkk sendiri sebelumnya belum memiliki pengalaman dalam membuat aplikasi Android.

Ada beberapa tips menarik dari Dennis yang dapat dipelajari dalam pembuatan RocketBoy, berikut tips dari Dennis:

  • Fregmentation and Ratting Effects, ketika game sudah dirilis dan sudah tersedia di market, maka nantinya akan mendapatkan feedback dari para pengguna. Dari feedback tersebut harus kita terima dan memperbaiki game yang kita buat.
  • Monetization Methods, yaitu metode dalam memonetasi game yang kita buat, antara lain dengan ads-based, freemium, third-party market, localization, dan device-bundled.
  • Polish Polish Polish!! Yang paling penting adalah senantiasa untuk memperbaiki dan mempercantik game yang kita buat dan jangan sekali-kali mengeluarkan dengan versi alpha atau beta.

Pembicara terakhir pada meetup kali ini adalah tim IndonesiaMini, yaitu tentang pembuatan game berbasis HTML5 dengan freamwork Akihabara. Radita Liem menjelaskan bahwa game ini juga menjadi nominasi di ajang Gemastik 2011. Game ini direncanakan menjadi social game dengan konten lokal, pemain game ini diajak memerankan sebagai anak desa yang bekerja keras. Bagi para pembaca DailySocial yang ingin mencoba game dengan basis HTML5 ini dapat menuju ke tautan www.indonesiamini.com/inmi.html.

Selain itu, pada bagian acara mini session ada beberapa mahasiswa yang mendemokan game mereka, info dari komunitas lain, serta yang menarik adalah informasi yang diberikan oleh Yansen Kamto dari Kibar Kreasi yang memperkenalkan event besar yang akan diadakan pada bulan Mei tahun depan di Yogyakarta. Event yang bernama “Jogja International Game Summit 2012” ini akan berfokus pada game yang nantinya akan mendatangkan perusahaan game besar dari US dan Eropa.

Acara GameLan meetup kali ini memang sangat seru, selain sharing dan informasi yang bisa menambah wawasan, berbagai update dari komunitas juga sangat menarik, termasuk info tentang event game summit yang saya pikir patut untuk ditunggu kehadirannya.

ps: Dalam acara meetup kali ini, kami juga mendapatkan informasi tentang Nokia yang mendirikan space di daerah Yogyakarta yang ingin mengembangkan aplikasi atau game di platform yang dimiliki Nokia. Tempat ini bernama CoderSpace, kami akan mengunjungi tempat tersebut, jadi tunggu liputannya di DailySocial.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

MurahRek.com Tidak Lagi Berikan Penawaran Voucher Diskon

Next Story

The Integration of Koprol and BlackBerry Messenger 6

Latest from Blog

nubia V60 Design Hadir di Indonesia

ZTE Mobile Devices Indonesia secara resmi memperkenalkan smartphone terbarunya, nubia V60 Design di Indonesia. Smartphone ini dirancang dengan menghadirkan estetika dan teknologi,

Don't Miss

H3RO Land dari Bima+, Teman Mabar Anak Esports

Salah satu bentuk dukungan untuk perkembangan esports di tanah air

Pentingnya Industri Telekomunikasi untuk Kembangkan Industri Game dan Esports

Nilai dari industri game meroket selama pandemi COVID-19. Bahkan setelah