10 July 2022

by Hans Thio

Guide Esmeralda Mobile Legends: Tank Seksi nan Lincah dan juga Mematikan

"The night sky tells all." - Esmeralda

Esmeralda Mobile Legends adalah tank yang lincah dan seksi namun juga mematikan. Baca di sini untuk memaksimalkannya.

Kerap digunakan sebagai EXP Laner, Esmeralda merupakan hero Mage/Tank yang memiliki mobilitas serta defense yang tinggi. Hero ini tergolong mudah karena skill-nya yang tidak rumit dan mudah dimengerti.

Namun demikian, Anda membutuhkan emblem, battlespell, build, serta pengertian skill yang mendalam untuk mengeluarkan potensi maksimal Esmeralda. Dalam guide Esmeralda Mobile Legends, kita akan mengulas semua hal tersebut.

Guide Esmeralda Mobile Legends

Image Credit: Moonton

Penjelasan Skill Esmeralda Mobile Legends

Image Credit: Moonton

Pasif: Starmoon Casket

Esmeralda memanipulasi Stardust dan Frostmoon. Setiap basicattack dan skill Esmeralda memberikan damage sebanyak dua kali – Stardust memberikan physicaldamage, dan Frostmoon memberikan magicdamage serta shield kepada hero lawan yang setara dengan 135% damage yang diberikan Frostmoon. Damage yang diberikan oleh Esmeralda mengabaikan semua efek shield dan mengubah shield-nya menjadi HP-nya pada saat yang bersamaan.

Skill 1: Frostmoon Shield

Esmeralda memperoleh shield dan 40% movementspeed yang berkurang secara cepat seiring durasinya selama 4 detik. Sementara itu, ia secara bertahap mengubah shield dari lawan di dekatnya menjadi shield untuk dirinya sendiri, maksimal hingga 50% dari Max HP-nya.

Skill 2: Stardust Dance

Esmeralda mengayunkan Stardust dan Frostmoon, memberikan physicaldamage dan magicdamage kepada lawan terdekat. Setiap kali serangan ini mengenai hero lawan, cooldown dari Frostmoon Shield akan berkurang selama 1,3 detik dan movementspeed lawan akan menurun 10% selama 1,5 detik (serangan kepada unit non-hero hanya mengurangi cooldown selama 0,5 detik).

Ultimate: Falling Starmoon

Esmeralda menyatukan kekuatan Astrospace ke dalam dua senjatanya – Stardust dan Frostmoon. Semakin lama durasinya, semakin besar kekuatannya. Ketika skill ini digunakan kembali: Esmeralda mengeluarkan Stardust ke arah yang ditentukan, memberikan physicaldamage, dan berpindah ke arah yang ditentukan untuk mengeluarkan Frostmoon, memberikan magicdamage dan menyebabkan efek CC Immobilize pada lawan di area selama 1 detik.

Penjelasan skill Esmeralda yang lebih terperinci bisa Anda temukan di game atau laman resmi MLBB.

Combo Skill Esmeralda

Image Credit: Moonton

Frostmoon Shield -> Falling Starmoon -> Stardust Dance -> Frostmoon Shield

Untuk memulai combo, Anda bisa menggunakan FrostmoonShield untuk memperdekat jarak target dengan Esmeralda. Kemudian, Anda dapat memakai FallingStarmoon untuk memberikan efek CC Immobilize kepada lawan. Setelah itu, Stardust Dance dan Frostmoon Shield bisa digunakan berulang kali untuk memberikan damage sekaligus mendapatkan shield.

Emblem Esmeralda

Support Emblem – Avarice

Image Credit: Moonton

Mempunyai atribut yang bersifat hybrid, emblem support bisa meningkatkan physical maupun magic damage Esmeralda. Selain itu, emblem ini juga memiliki Avarice, talent yang memberikan gold setiap kali penggunanya memberikan damage kepada hero lawan. Talent ini cocok untuk Esmeralda yang sering melakukan poke kepada hero lawan.

Battle Spell Esmeralda

Image Credit: Moonton

Sprint memiliki kemampuan untuk meningkatkan movementspeed. Jika Sprint digabungkan dengan skillFrostmoonShield, movementspeed Esmeralda akan menjadi sangat tinggi. Dengan kombinasi tersebut, Esmeralda dapat mengejar core lawan ataupun melarikan diri dari musuh dengan mudah.

Namun, Anda bisa memakai Purify jika hero musuh memiliki banyak efek CC.

Build Item Esmeralda Mobile Legends

Image Credit: Moonton

Esmeralda mengandalkan FrostmoonShield serta StardustDance untuk mendapatkan shield sekaligus memberikan efek Slow dan damage. Karena itu, item terbaik untuk Esmeralda adalah item yang memiliki cooldownreduction atau atribut defense. 

1. Warrior Boots/Tough Boots

Untuk meningkatkan defense Esmeralda, Anda dapat menggunakan kedua sepatu berikut.

WarriorBoots memiliki atribut serta pasif unik yang meningkatkan physicaldefense. Sedangkan ToughBoots memiliki atribut magicdefense dan pasif unik yang dapat meringankan efek CC.

2. Enchanted Talisman

Memiliki kemampuan untuk meningkatkan cooldownreduction serta maxcooldownreduction, EnchantedTalisman merupakan item pertama setelah sepatu yang wajib di-build Esmeralda. EnchantedTalisman mempunyai dua pasif unik yang cocok untuk Esmeralda, Mana Spring dan Magic Mastery.

Mana Spring: Meregenerasi 15% dari max mana setiap 10 detik.

Magic Mastery: Maxcooldownreduction meningkat sebesar 5%

Dengan EnchantedTalisman, Esmeralda bisa meningkatkan mana regen-nya dan menggunakan skill lebih sering.

3. Oracle

Karena pasif uniknya yang meningkatkan shieldabsorption dan HP regen, Oracle menjadi item yang wajib dibeli Esmeralda. Selain itu, item ini juga memiliki atribut HP, magicdefense, serta cooldownreduction. 

4. Item Defense/Dominance Ice

Merupakan item defense terbaik untuk meng-counter hero regen, DominanceIce memiliki pasif unik yaitu Arctic Cold: Mengurangi shield dan HP regen hero lawan di sekitar sebesar 50%, serta attackspeed mereka sebesar 30%. Tidak hanya itu, item ini memiliki atribut unik yang meningkatkan 10% cooldownreduction.

DominanceIce bisa di-build lebih awal jika hero musuh memiliki shield atau HP regen yang tinggi.

Namun, itemdefense lain bisa digunakan jika hero lawan tidak mengandalkan regen atau attackspeed. Jika Anda bingung item defense apa yang harus dipakai, Anda bisa cek guide item defensedi sini.

5. Item Defense/Ice Queen Wand

Ice Queen Wand adalah itemmagic yang mampu memberikan efek Slow dengan pasif uniknya yaitu IceBound.

IceBound: Skill yang memberikan damage pada hero lawan akan menyebabkan efek Slow kepada mereka sebesar 15%. Efek ini berlangsung selama 3 detik dan dapat di-stack hingga 2 kali.

6. Immortality/Item Defense

Untuk item terakhir, Esmeralda dapat menggunakan Immortality atau item defense lainnya.

Kelebihan dan Kekurangan Esmeralda

Image Credit: Moonton

Dapat Menahan Segala Jenis Damage

Esmeralda bisa mendapatkan shield yang banyak dari skillFrostmoonShield. Shield yang didapat Esmeralda mampu menahan segala jenis damage, seperti physical, magic, ataupun truedamage.

Lemah Terhadap Efek CC dan Antiheal

Untuk mendapatkan shield yang tinggi, Esmeralda harus menggunakan skill-nya yaitu FrostmoonShield. Jika Esmeralda terkena efek CC dan tidak bisa menggunakan skill-nya, musuh bisa memberikan damage dengan mudah.