Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

ESL Academy Buka Jalan Bagi Pemain Dota 2 Amatir untuk Jadi Profesional

28 October 2019Ellavie Ichlasa Amalia

ESL Academy membantu pemain amatir Dota 2 untuk menjalin relasi dengan pemain profesional

Industri esports digembar-gemborkan akan menjadi industri bernilai miliaran dollar dalam waktu beberapa tahun ke depan. Namun, itu hanya bisa direalisasikan jika sustainability industri esports bisa dijaga. Regenerasi pemain profesional adalah salah satu bagian penting dalam memastikan sustainability industri esports. Di Indonesia, tak bisa dipungkiri, regenerasi pemain menjadi salah satu masalah yang harus dihadapi oleh tim-tim esports ternama. RRQ mencoba mengatasi masalah tersebut dengan membuat RRQ Academy. Selain itu, keberadaan liga amatir seperti High School League yang disponsori JD.ID juga bisa membantu. Sementara ESL berusaha untuk membantu dengan mengadakan ESL Academy, yang diumumkan pada akhir pekan lalu. ESL Academy dibuat dengan tujuan untuk mencari pemain Dota 2 amatir yang berbakat dan membantu mereka masuk ke dunia profesional.

Sayangnya, ESL Academy hanya tersedia untuk pemain di kawasan Amerika Utara dan Eropa. Pemain yang tertarik untuk ikut dalam ESL Academy bisa mendaftarkan diri ke platformReach. Di platform tersebut, para pemain bisa bertanding untuk menaikkan peringkat individual mereka. Para peserta memiliki waktu mulai dari November 2019 sampai Januari 2020 untuk masuk ke rank 40 besar. Dari 40 orang tersebut, sebanyak 20 orang akan terpilih untuk masuk ke dalam 4 tim yang dibentuk oleh 4 mantan pemain profesional Dota 2. Dua tim akan berasal dari Amerika Utara, sementara dua lainnya dari Eropa. Menurut Hotspawn, pada Februari 2020, keempat tim ini akan mendapatkan pelatihan profesional dan ikut serta dalam bootcamp yang disponsori oleh DHL. Puncak dari ESL Academy adalah pertandingan offline pada bulan Maret 2020, yang digelar dalam salah satu acara ESL.

Tahapan ESL Academy | Sumber: Dot Esports
Tahapan ESL Academy | Sumber: Dot Esports

Saat ini, platform Reach masih ada di tahap beta. Jadi, jika seseorag mendaftarkan diri, dia hanya akan masuk ke daftar tunggu. Akun Reach juga akan menyertakan langganan untuk Dotabuff Plus, yang menyediakan alat analitik yang lebih lengkap dari situs Dotabuff standar. Dalam situs resmi Dotabuff, disebutkan bahwa Reach dibuat sebagai “platform untuk para pemain yang ingin bersaing di level tertinggi, memenangkan hadiah besar, dan menangkap perhatian dari organisasi esports.” Dot Esports melaporkan, Reach menawarkan total hadiah US$20 ribu untuk para pemain terbaik di platform mereka. Setengah dari total hadiah itu ditujukan khusus untuk para pemain amatir. Melalui ESL Academy, para pemain terbaik di Reach akan mendapatkan kesempatan untuk menjalin relasi dengan para pemain profesional dan membuka kesempatan untuk direkrut masuk ke tim profesional. ESL Academy menawarkan total hadiah sebesar US$240 ribu. Sayangnya, tidak diketahui bagaimana pembagian hadiah tersebut.

“Kami berusaha keras untuk membuat sesuatu yang sama sekali baru untuk komunitas Dota 2,” kata Ulrich Schulze, Senior Vice President Product, ESL, dikutip dari GamingStreet. “Fokus kami adalah membuka jalan bagi para pemain amatir untuk menjadi seorang pahlawan. Dan untuk memenuhi tujuan kami, kami perlu membuat sistem terbuka untuk Dota 2. Kami ingin para pemain amatir ambisius melihat jalan yang jelas ke depan dan mendapatkan pengalaman untuk bermain di lingkungan esports profesional.”

Play video

16 June 2021

HY ESPORTS - ESPORT TIDAK MENGENAL DAERAH

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV