Gaming News
for SEO
Gaming News

Masuk Industri Musik, Epic Games Akuisisi Platform Musik Bandcamp

5 March 2022Adi Nawan

Epic kelihatannya punya pendekatan berbeda untuk tren akusisi ini.

Akuisisi dalam industri video game menjadi topik yang paling hangat di awal 2022 ini. Dengan perusahaan-perusahaan video game besar seperti Microsoft dan Sony mengakuisisi studio-studio game pilihan mereka, maka tidak mengherankan bila perusahaan lain mengikuti tren tersebut.

Epic Games menjadi salah satu perusahaan terakhir yang mengumumkan akuisisinya. Namun uniknya developer Unreal Engine ini tidak mengakuisisi perusahaan video game, melainkan sebuah platform musik digital bernama Bandcamp.

Lewat postingan blog dan akun media sosialnya, Bandcamp mengumumkan bahwa mereka kini secara resmi bergabung dengan Epic Games. Bandcamp beranggapan bahwa Epic memiliki kesamaan visi dengan mereka untuk membangun ekosistem ramah artist yang paling terbuka di dunia.

Dalam blognya tersebut, Co-founder dan CEO Bandcamp Ethand Diamond juga menjelaskan bahwa pasca akuisisi tersebut mereka akan tetap beroperasi secara mandiri dan dirinya akan tetap menjadi pimpinan di sana.

“Di balik layar kami bekerja dengan Epic untuk memperluas (Bandcamp) ke internasional dan mendorong pengembangan lebih lanjut dari platform kami,” ujar Ethand dalam blog-nya.

Ethand juga menjelaskan bahwa Epic akan membantu berbagai hal dalam platform Bandcamp mulai dari hal-hal mendasar seperti halaman album, aplikasi mobile, merchandise, sistem pembayaran, fitur pencarian dan penjelajahan, hingga ke proyek inisiatif mereka untuk membuat layanan live streaming dan bahkan produksi vynil.

Dalam postingan lainnya, Epic juga mengatakan bahwa nantinya Bandcamp akan memiliki peran penting dalam visi Epic dalam membangun ekosistem marketplace untuk para kreator konten, teknologi, game, seni, musik, dan lain-lainnya. Meskipun Epic juga tidak menjelaskan secara spesifik peran apa yang sebenarnya akan dipegang oleh Bandcamp.

image credit: Bandcamp

Vice President dan General Manager Store Epic Games, Steve Allison juga menunjukkan antusiasmenya untuk menyambut tim Bandcamp ke dalam Epic Games. Dirinya memuji Bandcamp telah berhasil membangun komunitas dan bisnis yang menakjubkan.

Allison bahkan menyebut bahwa Bandcamp memiliki model bisnis dan pendapatan terbaik untuk musik. Dan hal tersebut dianggap selaras dengan pendekatan Epic untuk mendukung semua kreator konten di semua media yang memungkinkan mereka untuk terhubung langsung dengan para penggemarnya.

Sayangnya, berbeda dengan akuisisi-akuisisi lain yang juga menunjukkan nilai uang yang menakjubkan, akuisisi Epic Games terhadap Bandcamp ini tidak menyebutkan sedikitpun berapa dana yang digelontorkan oleh Epic Games.

Play video

1 July 2022

Media Mainstream Kompas Rilis NFT #shorts

Media mainstrean Indonesia, Kompas, siap merilis NFT mereka. Link artikel: ...

Others from #HybridTV