1. Startup

Jualan Musik Digital Sendiri Lewat Bandcamp

Punya band yang udah rekaman sendiri, lalu pengen terjun jualan secara digital? Gue yakin di sini harusnya banyak ya yang punya keinginan serupa. Pilhannya selama ini tampaknya adalah dengan menyerahkan materi lo ke label-label yang udah punya koneksi ke online music store yang udah ada (dan rela dipotong sana-sini keuntungannya, dan ngikutin berbagai aturan yang diterapkan music store tersebut).

Nah yang ngga mau kayak gitu, ada yang udah coba Bandcamp? Lewat Bandcamp ini elo bisa upload lagu-lagu lo, kemudian jualan sendiri tanpa jadi bagian dari online music store manapun. Cocok untuk band-band kecil atau indie yang belum bergabung dengan label besar dan masih memegang sendiri hak edar lagu-lagu mereka. Atau bisa juga buat indie label yang mau coba-coba jual katalog mereka secara online

Untuk memulai jualan musik digital, tinggal bikin account di Bandcamp dengan menyertakan account PayPal Premium, kemudian upload lagu dan buat halaman websitenya. Lagu diupload dalam format AIFF/WAV dan nanti mereka akan mengconvertnya jadi beragam format audio, bebas DRM tentunya.

Bandcamp sudah menyediakan template halaman website untuk jualan musik lo tadi, yang nantiya bisa di-link sebagai bagian dari website band lo.

Harga jualannya bebas elo tentukan sendiri, selama itu ngga gratis. Untuk para pembelinya nanti, metode pembayarannya adalah dengan PayPal, atau bisa juga pakai credit card biasa yang akan diproses lewat PayPal juga, dan nanti langsung masuk ke account PayPal kita. Dan ajaibnya, Bandcamp mengaku mereka saat ini tidak mengambil keuntungan apa-apa. Waw?

Perlu disimak juga bahwa Bandcamp punya aturan yang rada unik dan idealis, yaitu kita harus rela seluruh musik kita di-stream penuh secara gratis. Prinsip mereka, biarkan semua orang denger musik lo, dan kalo bagus mereka pasti akan rela bayar. Hmmm soal apakah ini bisa diterapkan oleh konsumen musik kita apa ngga, beda perkara lagi berarti. Tugas band di sini adalah mengedukasi pendengarnya untuk bisa mengapresiasi dengan cara membayar.

Kedengerannya simpel dan mudah banget yah. Gue juga penasaran, tapi terus terang karena ngga punya materi apa-apa untuk dijual jadi ngga bisa coba-coba lebih jauh juga. Jadi kalo elo punya band dan punya lagu yang siap dijual, dan mau coba-coba jualan pake Bandcamp, kasih tau gue ya, pengen ikutan liat apakah segampang itu jualan musik digital sekarang?

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again