6 December 2022

by Yubian Asfar

Eizper Chain Jadi Game Web3 Indonesia Pertama yang Sponsori IESF World Championship

Langkah ini juga menjadi bentuk dukungan pihak pemerintah untuk mempromosikan game asli Indonesia

Perkembangan teknologi yang pesat juga beriringan dengan antusiasme ekosistem di berbagai lingkupnya, seperti ekosistem game Web3 dengan kehadiran Eizper Chain.

Dari waktu ke waktu, perkembangan website mulai membantu masyarakat dalam kegiatan sehari-harinya. Kemunculan Web1 untuk tulisan artikel di website, lalu ada Web2 untuk perkembangan platform berbagai bisnis, dan kini Web3 yang menggabungkan beberapa konsep seperti desentralisasi, teknologi blockchain, dan ekonomi berbasis token.

Sumber: Eizper Chain - IESF

Uniknya, Web3 juga mengunggulkan teknologi untuk menyesuaikan kebutuhan para user, sehingga data pribadi pengguna tetap aman.

Indonesia juga memiliki karya untuk ekosistem game Web3 dengan kehadiran Eizper Chain yang mampu menjadi pemenang ketiga di ajang Solana Hackathon Ignition 2021 untuk kategori GameFi.

Eizper Chain sendiri merupakan video game berbasis Web3 buatan Indonesia yang menjadi sponsor di ajang IESF World Championship 2022.  Tipe game ini mengadopsi genre action RPG berbasis blockchain dan memiliki tema steampunk.

Sumber: Eizper Chain - IESF

Selain itu Ezper Chain menjadi sponsor di ajang IESF World Esports Championship 2022 dari tanggal 1-12 Desember 2022 di Bali. Ajang ini rutin diadakan oleh badan esports internasional yaitu IESF sejak tahun 2011.

Turnamen level dunia ini juga membawa 7 judul game yaitu TEKKEN 7, Dota 2, Mobile Legends: Bang Bang, PUBG Mobile, eFootball 2023, dan CS:GO dengan total hadiah sebesar US$500.000 atau Rp7,6 miliar.

Tujuan dari kehadiran Eizper Chain di turnamen tersebut adalah untuk memperkenalkan game miliknya ke para pegiat esports yang berasal dari generasi Web2. Spesifiknya, mengedukasi bahwa Web3 juga dapat memiliki sistem game sekaligus kualitas grafis yang baik, tidak melulu tentang “earning money” sebagai stereotipe dari game Web3.

Bahkan, game-game Web3 memiliki potensi untuk menjadi judul game yang bisa dipertandingkan di skena esports.

Sumber: Eizper Chain - IESF

Game Web3 sendiri memiliki kelebihan unik yaitu para pemainnya dapat memiliki in-game item secara utuh. Konsep kepemilikan dalam game Web3 yang disebut dengan digital ownership ini didukung oleh teknologi blockchain, yaitu setiap item memiliki ID (identity) unik yang tidak akan berubah (fixed ID) dan hanya dapat dimiliki oleh satu akun pengguna.

Dengan pengembangan konsep ini, maka pemilik item memiliki kemampuan untuk memperdagangkan barangnya di marketplace dan bisa dimaksimalkan sebagai sarana investasi.

Sumber: Eizper Chain - IESF

Bagi Anda yang sedang berada di Bali atau ingin mengunjungi ajang IESF World Championship 2022, bisa mampir ke booth game Eizper Chain di Hotel Merusaka Bali pada tanggal 2-11 Desember 2022.