Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

EHOME Raih Gelar Juara Bucharest Minor, BOOM.ID Peringkat Tujuh

14 January 2019Ayyub Mustofa

BOOM.ID sempat meraih beberapa kemenangan, tapi mereka kalah oleh OG dan TEAM TEAM

Turnamen Dota 2 Bucharest Minor telah mencapai puncaknya. Delapan tim dari berbagai penjuru dunia baru saja selesai bertarung habis-habisan untuk memperebutkan hadiah uang senilai US$300.000. Dan yang lebih penting lagi, slot kualifikasi terakhir untuk maju ke turnamen Chongqing Major. Gelar juara ini akhirnya jatuh ke tangan tim raksasa asal Tiongkok yang disegani, yaitu EHOME, dengan catatan tak terkalahkan.

EHOME maju ke Upper Bracket setelah mengalahkan Playmakers Esports dan OG, menjadikan mereka pemimpin klasemen Grup B. Sementara Grup A didominasi oleh Gambit Esports yang berasal dari Rusia, setelah mereka menjatuhkan TEAM TEAM dan Keen Gaming. Perjalanan EHOME maupun Gambit Gaming terlihat mulus, hingga akhirnya mereka saling berhadapan di Upper Bracket Finals.

EHOME menunjukkan permainan cantik dengan hero-hero hard carry seperti Anti-Mage, Sniper, dan Terrorblade, sementara kawan-kawan mereka melindungi dengan kemampuan tank dan crowd control. Di sisi lain, Gambit Esports tampak lebih mengutamakan permainan wombo combo. Mereka mengandalkan hero-hero seperti Tidehunter, Gyrocopter, serta Obsidian Destroyer untuk menghasilkan burst damage.

Kedua tim bertarung dengan sengit, bahkan salah satu ronde makan waktu hingga 70 menit lamanya. Tapi pada akhirnya Gambit Esports harus turun ke Lower Bracket setelah kalah dengan skor 2-0. Di Lower Bracket, Gambit Esports kembali melibas tim-tim lainnya, dan akhirnya mereka dapat melakukan rematch melawah EHOME di Grand Final.

EHOME di Grand Final bermain lebih agresif. Berbekal hero-hero hitter yang kuat di early game, seperti Sven dan Huskar, mereka mampu menghasilkan permainan sangat menekan. Namun Gambit Esports tidak menyerah dan berhasil mencuri satu angka di ronde kedua. EHOME pun dengan cepat beradaptasi, berganti lineup ke hero-hero yang ahli memberikan AoE damage seperti Jakiro, Shadow Fiend, Tiny, bahkan Leshrac. Ronde tiga dan empat dimenangkan EHOME dalam waktu sekitar 30 menit saja, dan mereka pulang membawa gelar juara serta uang .

Bucharest Minor juga jadi ajang laga tim BOOM.ID yang berasal dari Indonesia. BOOM.ID yang berada di Grup B sempat meraih kemenangan atas Playmakers Esports. Tapi kemudian mereka kalah dua kali dari OG, sehingga harus maju ke babak utama lewat Lower Bracket. Berhadapan dengan TEAM TEAM dari Amerika Serikat, BOOM.ID juga berhasil memenangkan satu ronde, namun akhirnya tereliminasi dengan skor 2-1.

EHOME - Bucharest Minor
EHOME setelah menjuarai Bucharest Minor | Sumber: EHOME

Menurut saya sendiri ini hasil yang tidak buruk. Meski belum juara, setidaknya BOOM.ID telah membuktikan bahwa tim Indonesia dapat menunjukkan perlawanan di turnamen besar. Mereka juga tidak pulang dengan tangan hampa, karena posisi peringkat tujuh memberikan hadiah berupa uang senilai US$7.500 (sekitar Rp105,8 juta) dan 20 DPC Point. Mudah-mudahan pengalaman yang diperoleh BOOM.ID bisa menjadi bekal untuk meningkatkan performa di kompetisi berikutnya.

Selanjutnya, EHOME harus terbang kembali ke Tiongkok untuk bertanding di Chongqing Major pada tanggal 19 Januari nanti. Mereka akan berhadapan dengan 15 dedengkot Dota dunia yang sudah lolos lebih dulu, termasuk Team Secret, Evil Geniuses, Team Liquid, Virtus.pro, dan lain-lain. Kesempatan memenangkan uang hadiah yang total bernilai US$1.000.000 tentunya merupakan hadiah yang manis menjelang Tahun Baru Imlek nanti.

Sumber: GosuGamers, Liquipedia

Play video

16 June 2021

HY ESPORTS - ESPORT TIDAK MENGENAL DAERAH

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV