Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

EA Sports Rombak FIFA 21 Global Series, Fokus ke Elemen Hiburan

30 September 2020Ellavie Ichlasa Amalia

EA Sports akan menambahkan 2 acara pramusim baru yang akan mengadu pesepak bola profesional dan konten kreator di FIFA 21

EA Sports memutuskan untuk merombak struktur dari FIFA 21 Global Series. Di tengah pandemi virus corona, sulit bagi EA Sports untuk menyelenggarakan turnamen offline. Karena itu, mereka akan mengadakan turnamen secara online. Untuk memastikan pertandingan dapat berjalan dengan lancar, EA Sports membagi turnamen FIFA 21 ke dalam 6 sirkuit berdasarkan kawasan.

Enam kawasan itu adalah Amerika Selatan, Amerika Utara, Asia Barat, Asia Timur, Eropa, dan Oceania. Secara total, EA Sports akan mengadakan lebih dari 30 turnamen online. Puluhan kompetisi ini akan mulai diadakan pada November 2020. Dari turnamen-turnamen ini, EA Sports akan memilih pemain-pemain FIFA 21 terbaik untuk maju ke FIFA eWorld Cup.

“Keadaan tengah tidak menentu di dunia. Dan kami mencoba untuk beradaptasi pada situasi yang tidak pasti ini,” kata Brent Koning, Group Director and FIFA Commissioner, EA Sports, menurut laporan Goal. “Prioritas kami adalah untuk mengganti model turnamen berbasis event menjadi model berbasis cloud. Untuk itu, kami harus menggunakan model sirkuit berdasarkan kawasan. Hal ini memungkinkan kami untuk menjamin integritas dari turnamen kami.”

FIFA 21 Global Series
Jadwal FIFA 21 Global Series dan kegiatan sebelum turnamen tersebut. | Sumber: Goal

Sebelum mengadakan jajaran turnamen FIFA 21 profesional pada November 2020, EA Sports juga akan mengadakan berbagai kegiatan pramusim pada Oktober 2020. Acara pramusim ini akan dibuka oleh Twitch Rivals Preseason Invitational, yang diadakan pada 3-5 Oktober 2020. Di sini, para pesepak bola profesional akan bergabung dalam FIFA Ultimate Team. Salah satu atlet sepak bola yang ikut serta dalam kompetisi tersebut adalah penyerang utama Manchester City, Sergio Agüero, lapor Esports Insider.

Setelah itu, EA akan mengadakan eLaLiga All-Star pada 6 Oktober 2020. Kompetisi ini akan mengadu para pemain FIFA profesional di liga Spanyol. Sementara pada 8 Oktober 2020, EA Sports akan mengadakan YouTube Gaming Creators Cup, yang mempertemukan para influencer dengan kreator konten dalam pertandingan FIFA 21. Acara terakhir adalha FIFA 21 Challenge, yang akan diselenggarakan pada 29 Oktober 2020. Dalam turnamen tersebut, para pesepak bola profesional harus melawan pemain FIFA profesional.

“Salah satu perubahan terbesar tahun ini adalah kami memutuskan untuk fokus pada elemen hiburan,” kata Koning. “Stay and Play Cup membuktikan bahwa masyarakat tidak hanya ingin melihat pertandingan antara para pemain FIFA terbaik di dunia, tapi juga laga antara para pesepak bola terbaik dunia, influencer, dan selebritas favorit mereka. Jadi, kami mengadakan 2 acara baru: Twitch Rival Preseason Invitational dan YouTube Gaming Creators Cup. Keduanya akan diadakan sebelum penyelenggaraan FIFA 21 Global Series.”