Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

Durasi Bermain Game Mobile Ternyata Meningkat 75% Selama Pandemi

10 June 2021Adi Nawan

Laporan terbaru tunjukkan peningkatan waktu main yang signifikan

Ketika pandemi COVID-19 pertama kali menyerang pada 2020, banyak orang yang harus mengubah kebiasaan untuk menghabiskan lebih banyak waktunya di rumah.

Salah satu hal yang masih bisa dilakukan adalah bermain video game. Dan game mobile kelihatannya menjadi salah satu yang paling populer karena kemudahan dan kepraktisannya untuk dimainkan di manapun dan kapanpun.

Dari laporan terbaru, dalam setahun ini jam bermain rata-rata para pemain game mobile meningkat sebanyak 75%. Hasil tersebut didapat dari riset yang dilakukan oleh firma intelijen pasar IDC dan juga platform periklanan LoopMe (via Gameindustry.biz). Dalam riset yang dilakukan terhadap 3.800 konsumen di Amerika Serikat, Inggris, Jepang, Jerman, dan Brazil.

Hasil survey tersebut memperlihatkan bahwa aktivitas bermain game mobile cenderung naik lebih tinggi pada negara-negara dengan tingkat kematian COVID-19 yang lebih tinggi.

“Selama pandemi, terjadi lonjakan yang sangat besar (pada aktivitas bermain game). Kami melihat hal tersebut pada game mobile, maupun konsol dan PC. Kami ingin mencari tahu bagaimana ‘new normal’ akan terlihat setelah pandemi ini berakhir.” Ungkap Direktur Gaming dan VR/AR IDC, Lewis Ward.

Pada saat pandemi dimulai, sebanyak 63% responden mengatakan bahwa mereka mulai meningkatkan durasi bermain game mobile. 6% responden bahkan mengatakan bahwa mereka tidak pernah bermain game sebelum pandemi ini terjadi.

Image credit: istockphoto

Terkait genre, ternyata game mobile live-multiplayer menjadi yang paling digemari oleh para pemain hingga mengalahkan genre-genre game lain selama 2020.

Lebih lanjut, 3 dari 4 gamer dilaporkan bahwa mereka bermain hanya untuk hiburan atau menghabiskan waktu. Sedangkan 4% mengatakan mereka bermain untuk dapat melakukan interaksi sosial secara virtual.

Terakhir, tingginya waktu untuk bermain game mobile ini diprediksi akan terus terjadi meskipun pandemi sudah berakhir. 75% akan tetap bermain game mobile, sedangkan 25% sisanya diprediksi akan mulai berhenti bermain pada akhir 2022.

Play video

16 June 2021

HY ESPORTS - ESPORT TIDAK MENGENAL DAERAH

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV