Dark
Light

Dorong Skill Fotografi Malam Hari dengan Fitur Nightography Samsung Galaxy A34 5G

2 mins read
November 6, 2023
Fitur-Nightography-Samsung-Galaxy-A34-5G-1

Secara teknis, memotret di malam hari adalah waktu yang kurang ideal mengingat kondisi pencahayaan yang minim. Meski punya tantangan tersendiri, fotografi malam juga dapat menghasilkan foto yang unik dan mungkin Anda akan menemukan keindahan yang tersembunyi.

Dengan kamera smartphone yang semakin canggih seperti Samsung Galaxy A34 5G yang sudah dilengkapi fitur Nightography. Jika dilakukan dengan cermat dan menyetel pengaturan kamera secara tepat, maka kita dapat mengabadikan keindahan malam hari dengan memukau.

Berikut beberapa tips memaksimalkan skill fotografi malam hari dengan fitur Nightography di Samsung Galaxy A34 5G.

Pengoptimalan Mode Night yang Praktis

Atur-Kamera-Mengandalkan-Mode-Pro

Di Galaxy A34 5G, terdapat dua mode kamera yang bisa kita manfaatkan untuk mengambil foto minim cahaya yaitu mode Night dan Pro. Dengan dua mode tersebut, kita bisa memotret pemandangan kota yang berkilauan, lampu-lampu jalan yang abstrak, monumen yang diterangi lampu, hingga berbagai tempat kekinian yang justru terlihat lebih mentereng di malam hari.

Mari mulai dari mode Night, ini seperti mode Auto yang mana tak perlu mengutak-atik pengaturan kamera lebih jauh. Untuk menghasilkan foto yang cerah, sistem kamera akan menggunakan shutter speed lebih rendah, jadi pegang dengan stabil saat menekan rana. Mode ini juga didukung AI yang akan mengkombinasikan beberapa frame menjadi foto yang tajam.

Untuk hasil yang optimal, pastikan menggunakan kamera utama. Galaxy A34 5G menggunakan sensor gambar 48MP Sony IMX582 berukuran 1/2.0 inci dan dilengkapi OIS yang dapat mengurangi getaran tangan agar foto tidak kabur. Setelah pixel-binning 4-in-1, hasil bidikan beresolusi 12MP dengan ukuran tiap piksel 1,6µm yang mampu menyerap lebih banyak cahaya.

Perangkat ini dibekali tiga unit kamera belakang, termasuk kamera 8MP dengan lensa ultrawide 123 derajat untuk menambah variasi tipe shot dan kamera 5MP dengan lensa macro. Sedangkan, kamera depannya beresolusi 32MP.

Atur Kamera Mengandalkan Mode Pro

Pengoptimalan-Mode-Night-yang-Praktis

Kebalikan dari mode Night, mode Pro di Galaxy A34 5G justru menawarkan pengaturan kamera manual layaknya kamera mirrorless. Untuk fotografi jenis ini, pengaturan yang paling penting dan saling berkaitan adalah ISO dan shutter speed.

Untuk pengertiannya, ISO adalah sensitivitas kamera terhadap cahaya. Sedangkan, shutter speed mengacu pada berapa lama rana terbuka untuk menangkap cahaya atau lebih lama lebih terang.

Dalam kondisi minim cahaya, pastikan ISO berada di kisaran sedang untuk mengurangi risiko munculnya noise pada foto. Sambil memaksimalkan shutter speed yang lebih lama menghasilkan foto minim cahaya yang baik.

Jika ingin benar-benar mengoptimalkan pengaturan kamera untuk hasil terbaik, maka perlu bantuan tripod. Agar kita bisa menyetel ISO di angka terendah, yang diimbangi dengan shutter speed yang sangat lambat.

Inilah beberapa foto malam hari dari Galaxy A34 5G:

Menurut kalian bagaimana hasilnya? Tentunya balik lagi Anda harus memperhatikan komposisi, serta mencari tempat yang memiliki pencahayaan yang bagus dan objek foto yang menarik. Manfaatkan secara maksimal sumber cahaya yang tersedia di sekitar seperti lampu jalan, lampu toko, lampu kendaraan, dan sebagainya.

Saya memotret menggunakan varian warna baru Samsung Galaxy A34 5G, yakni Awesome Lime. Harganya sama kok, Rp5.399.000 dengan konfigurasi memori 8/256GB.

Sekilas keunggulannya, perangkat ini menawarkan layar Super AMOLED 6,6 inci FHD+ 120Hz, ditenagai chipset 5G MediaTek Dimensity 1080 (6 nm), dan baterai 5.000 mAh yang didukung Adaptive Fast Charging 25W. Kunjungi Samsung.com/id untuk cari tahu lebih lanjut.

Previous Story

OPPO Experience Store Terbesar di Indonesia Hadir di AEON JGC

alasan-kenapa-galaxy-buds-fe-masuk-rekomendasi-tws-terjangkau-terbaik
Next Story

4 Alasan Kenapa Galaxy Buds FE Masuk Rekomendasi TWS Terjangkau Terbaik

Latest from Blog

Don't Miss

Tips Streetphotography dengan Ponsel 

Kami berbincang dengan mentor dari acara workshop foto Hybrid tentang

Samsung Bagikan Life Hack Agar Gen Z Makin Produktif dengan Galaxy Tab S9 FE 

Sejak diperkenalkan pada kuartal keempat tahun 2023 silam, Galaxy Tab