31 July 2022

by Daniel Hamiaz

Build Diluc Genshin Impact Terbaik: Artefak, Senjata, Komposisi Tim, dan Tips

“Diluc, of Mondstadt. Not interested in idle chit-chat. If you have things you want to get done, let me know.” -Diluc.

Dengan semakin banyaknya karakter baru yang diperkenalkan di Genshin Impact, banyak yang beranggapan bahwa Diluc merupakan karakter yang sudah terkena powercreep. Sejauh manakah kebenaran mengenai pernyataan tersebut? Apakah Diluc sudah tidak bisa menyelesaikan tantangan yang ada di Genshin Impact? Simak penjelasan dan cara build Diluc yang tepat berikut ini.

Build Diluc Genshin Impact Terbaik

Overview Gameplay Diluc

Diluc merupakan karakter B5 Pyro bersenjata claymore. Ia biasa digunakan sebagai karakter DPS, yang mengandalkan serangan gabungan dari Normal Attack dan Elemental Skill. Elemental Burst-nya berfungsi untuk memberikan damage Burst Pyro yang besar, lalu diikuti dengan Pyro Infusion untuk Normal Attack-nya.

Saat di awal game, Diluc merupakan karakter DPS yang sangat kuat, dan menjadi tolak ukur dari karakter DPS lain. Apalagi, karena Genshin Impact adalah game baru, para pemainnya di seluruh dunia masih belum mengetahui seluk beluk dan potensi dari setiap karakter di masa itu.

Namun seiring berjalannya waktu, mulailah muncul karakter-karakter DPS, khususnya Pyro, yang mulai menggeser posisi Diluc, seperti Klee, Hu Tao, Yanfei, dan Yoimiya. Selain itu, Xiangling sebagai karakter gratis juga mendapatkan sorotan, karena potensinya bersama tim National yang cukup revolusioner,

Hal ini menyebabkan bahwa ternyata karakter B5 tidaklah selalu lebih baik dibandingkan dengan karakter B4. Banyak karakter-karakter B4 yang merupakan karakter staple, yang menyusun sejumlah tim kuat.

Walaupun kesan "posisi yang tergeser" adalah pernyataan yang bisa disepakati bersama, namun banyak yang mengira bahwa DIluc kini sudah menjadi karakter lemah. Persepsi ini sebenarnya keliru. Dengan investasi yang sama dengan karakter lain, Diluc masih mampu menyelesaikan setiap tantangan yang diberikan di Genshin Impact. Hanya saja, jika ditinjau dari damage yang dihasilkan, damage-nya tidaklah sebesar karakter DPS lain.

Elemental Skill – Searing Onslaught

Saat digunakan, Diluc akan menebas lawan yang ada di depannya, memberikan damage Pyro. Skill ini memiliki 3 charges, yang bisa diaktifkan berturut-turut. Jika setelah dipakai, namun tidak dilanjutkan dengan iterasi Elemental Skill susulan, skill ini akan memasuki cooldown.

Elemental Burst – Dawn

Diluc akan mengeluarkan tebasan panjang berupa Phoenix, yang akan mendorong musuh, dan memberikan damage Pyro. Phoenix tersebut akan meledak, saat mencapai tujuan akhirnya, memberikan damage Pyro lagi kepada musuh yang terkena.

Setelah itu, Diluc akan mendapatkan pyro infusion untuk Normal Attack, Charged Attack, dan Plunge Attack-nya.

Talenta Pasif 1: Relentless

Stamina yang dibutuhkan untuk Charged Attack berkurang 50%. Durasi Charged Attack +3 detik.

Talenta Pasif 2: Blessing of Phoenix

Durasi infusi Pyro dari Elemental Burst +4 detik. Saat infusi Pyro masih ada, Diluc mendapatkan +20 Pyro DMG Bonus%.

Talenta Pasif 3: Tradition of the Dawn Knight

Saat crafting senjata tipe claymore, Diluc akan memberikan refund material batuan sebanyak 15%.

Prioritas Talenta: Normal Attack > Elemental Skill > Elemental Burst.

Artifact

 

4 Crimson Witch of Flames merupakan Artifact yang cukup wajib digunakan oleh DIluc. Hal ini dikarenakan efek Artifact ini, yang sangat sesuai dengan playstyle DIluc. Bahkan dapat dikatakan, efek Artifact ini mungkin didesain untuk Diluc.

Sebagai Artifact alternatif, Anda bisa menggunakan 2 Crimson Witch of Flames dan 2 Gladiator's Finale/Shimenawa Reminiscence. Jika Anda bermain Vaporize atau Melt, 2 Wanderer's Troupe juga masih bisa digunakan.

Main stat yang dicari:

  • Sands: ATK% / Elemental Mastery.
  • Goblet: Pyro DMG Bonus%.
  • Circlet: Crit rate/DMG%.

Prioritas sub stat: Crit Rate/DMG% > ATK% = EM.

Senjata Diluc Genshin Impact

Untuk bagian senjata akan dibagi menjadi dua bagian, yaitu senjata terbaik dan senjata F2P terbaik.

Hingga versi 2.8, sebenarnya Diluc tidak memiliki senjata yang benar-benar didesain untuknya, dengan efek pasif yang mencerminkan gameplay dan substat yang membantu menyeimbangkan rasio Crit-nya.

Jadi, senjata yang paling baik di antara claymore yang ada. yang bisa Diluc gunakan adalah Wolf's Gravestone. Senjata ini memiliki base ATK yang tinggi, dan akan memberikan lebih banyak lagi ATK melalui substat dan efek pasifnya.

Sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan Redhorn Stonethresher, The Unforged, Skyward Pride, dan Serpent Spine dari Battle Pass.

Redhorn Stonethresher memiliki substat Crit DMG yang sangat tinggi, namun sayangnya diimbangi dengan base ATK yang rendah. Jika Diluc Anda  menggunakan senjata ini, pastikan untuk memakai Bennet di dalam timnya.

Serpent Spine merupakan salah satu senjata terbaik yang ada di Genshin Impact, apalagi dengan refinement. Pada R5, senjata ini mampu melebihi performa sejumlah senjata B5 lain, karena efek pasif yang dimiliki dan dengan substat Crit Rate-nya. Namun kelemahan senjata ini adalah pemain perlu menunggu 5 bulan untuk mendapatkan senjata ini dengan refinement tertinggi.

Untuk senjata F2P, Anda bisa menggunakan Blackcliff Slasher, Rainslasher, Prototype Archaic, atau Luxurious Sea-Lord.

Blackcliff Slasher merupakan senjata yang bagus untuk Diluc, karena memiliki substat Crit DMG dan efek pasif yang akan meningkatkan ATK. Sayangnya, untuk memicu efek ini, dibutuhkan kondisi musuh spesifik, serta membutuhkan Masterless Starglitter untuk mendapatkannya.

Senjata ini akan menjadi senjata terbaik untuk DIluc, jika efek pasifnya mencapai stack maksimum. Karena harus membunuh musuh untuk  mendapatkan stack, senjata ini tidak terlalu bagus saat melawan musuh tipe boss.

Rainslasher merupakan opsi yang terbaik, jika DIluc bermain di tim Vaporize atau Overvape. Senjata ini bisa meningkatkan damage yang dihasilkan Diluc secara signifikan, melalui efek pasifnya. Apalagi, tidak banyak karakter yang bisa memanfaatkan senjata ini dengan maksimal, dengan efeknya yang situasional dan substat EM yang dimilikinya.

Komposisi Tim Diluc Genshin Impact

Komposisi tim Diluc yang paling standar adalah dengan memasangkannya dengan Xingqiu (atau Yelan), untuk mengakses reaksi Vaporize. Dengan ATK SPD yang cukup lambat, Diluc mampu memicu Vaporize setiap serangan Normal Attack-nya.

Untuk karakter lainnya, Anda bisa menggunakan Bennet dan Sucrose. Kazuha juga bisa menggantikan Sucrose di tim ini, namun buff EM yang diberikan Sucrose lebih bermanfaat, dibandingkan dengan buff Elemental DMG dari Kazuha.

Sejak Yelan dirilis, sebuah tim yang berisikan duet Yelan dan Xingqiu merupakan sebuah opsi yang bagus dalam pembentukan tim. Dengan menambahkan DIluc dan Bennet, jadilah sebuah tim Diluc, yang diperkuat dengan 2 sub DPS terbaik di game. Tim ini tentu akan memicu dan memanfaatkan reaksi Vaporize.

Komposisi tim Overvape merupakan sebuah tim yang memanfaatkan reaksi Overload dan Vaporize di waktu yang bersamaan. Sinergi utama dari tim ini adalah perpaduan serangan dari Diluc, Xingqiu, dan Fischl. Tim ini akan mendapat puncak potensinya, saat Xingqiu dan Fischl menyentuh C6. Untuk karakter terakhir, Anda bisa menggunakan Bennet.

Jika Diona Anda C6, Anda bisa menggunakannya menggantikan Bennet. Pada C6, Diona bisa memberikan EM yang banyak, shield, heal, dan juga memampukan Diluc melakukan teknik Dragonstrike. Teknik Dragonstrike akan dijelaskan lebih detail di bagian tips.

Selain dipasangkan dengan Xingiqu dan memanfaatkan Vaporize, sebenarnya Diluc bisa digunakan di tipe tim lain, yaitu tim Melt. Dengan mengkombinasikan Diluc dan Kaeya (atau Rosaria), Diluc dapat menghasilkan damage yang besar. Untuk memaksimalkan tim ini, Anda bisa menggunakan Bennet untuk memberikan buff ATK dan Sucrose untuk buff EM.

Tips Diluc Genshin Impact

Berikut ini merupakan beberapa tips yang bisa Anda gunakan:

  1. Kombinasi serangan Diluc sebenarnya memiliki banyak variasi, dan bisa dikatakan tergantung dengan konstelasi Diluc yang Anda miliki saat ini. Attack String yang paling sering digunakan adalah dengan melakukan Normal Attack sekali, lalu diikuti dengan Elemental Skill, lalu diulangi hingga 3 kali, lalu ditutup dengan Burst.

Untuk kombo yang lebih panjang, Anda bisa menggunakan 3x Normal Attack, baru melakukan Elemental Skill, dan ulangi hingga Elemental Skill memasuki cooldown. Kombo ini lebih cocok digunakan jika ingin memanfaatkan infusi Pyro dari Burst-nya.

  1. Saat bermain Diluc, Anda bisa mempelajari sebuah teknik yang cukup sulit, yang dinamai komunitas sebagai teknik Dragonstrike.

Dragonstrike merupakan sebuah teknik yang memanfaatkan mekanik hitlag, dengan memanfaatkan perbedaan level tanah dari karakter aktif untuk melompat lebih tinggi dari seharusnya, lalu melakukan Plunge Attack. Untuk Diluc, ia bisa memicu hitlag dari Normal Attack dan Elemental Skill-nya. Dengan teknik ini, Diluc mampu menghasilkan damage yang cukup signifikan,  dari multiplier Plunge Attack dan infusi Pyro-nya.

Syarat yang dibutuhkan selain membiasakan diri menggunakan teknik ini adalah buff yang menambah Movement Speed Diluc, seperti dari C2 Jean, shield & talenta pasif Diona, atau Anemo Resonance. Untuk lebih detailnya, Anda bisa cek video di bawah ini:

?t=112

Penutup

Jadi, walaupun sudah bukan menjadi yang terbaik, Diluc masih mampu menyelesaikan tantangan yang diberikan. Untungnya, sebagai karakter Pyro, ia masih mampu mengakses reaksi-reaksi yang kuat, seperti Vaporize dan Melt, yang dapat mengkompensasi multiplier dan ATK SPD yang kurang. Kemudahan bermain juga menjadikan nilai plus, mengingat karakter DPS Pyro yang mudah dimainkan tidaklah banyak, khususnya untuk pemain mobile.

--

Itulah tadi guide Diluc Genshin Impact yang bisa Anda praktekkan agar jadi lebih baik. Selamat mencoba.