Gaming News

Detail Mengenai Fitur Cross-Play di Call of Duty: Modern Warfare 2019

19 Sep 2019 | Yoga Wisesa
Fitur cross-platform play bisa Anda cicipi langsung di sesi open beta yang digelar minggu ini.

Satu tren populer di industri game adalah penerapan cross-platform play. Kadang disingkat menjadi cross-play, fitur ini memperkenankan para pemain di sistem berbeda untuk bermain bersama dan bisa Anda temukan di judul-judul seperti Rocket League, Fortnite dan Dauntless. Walaupun terdengar sederhana, implementasinya cukup kompleks, belum lagi kadang ada penolakan dari pemilik platform.

Call of Duty: Modern Warfare merupakan game blockbuster baru yang tak ragu mengusung gagasan cross-play. Reboot permainan shooter berlatar belakang medan tempur modern buatan Infinity Ward ini memungkinkan gamer di PC, PlayStation 4 serta Xbox One untuk bertempur di satu match. Dan tak tanggung-tanggung, versi console Modern Warfare bahkan mendukung penuh keyboard dan mouse – sehingga tak cuma pemain di PC saja yang diuntungkan oleh dukungan periferal itu.

Meneruskan tradisinya, Activision dan Infinity Ward mengumumkan agenda pelaksanaan sesi beta minggu ini. Menariknya, uji coba beta sengaja difokuskan pada kapabilitas cross-platform play di tiga sistem gaming, pertama kalinya disajikan di seri Call of Duty. Open beta rencananya akan dilangsungkan di hari Kamis ini (zona waktunya berbeda) hingga akhir minggu nanti. Sembari memperkenankan kita mencoba cross-play, developer juga mencoba mengumpulkan saran dan masukan dari para tester.

Lewat blog resminya, Activision mengungkap beberapa info lebih detail terkait cross-play, terutama di sesi beta ini. Berikut rinciannya:

  • Cross-platform play di Call of Duty: Modern Warfare bersifat opsional, tersedia untuk seluruh versi. Jadi kita masih tetap dapat bermainan dengan sesama gamer di satu sistem.
  • Agar bisa menikmati Modern Warfare, kita harus memiliki COD Account terlebih dulu. Pendaftarannya tidak dipungut biaya.
  • Sistem matchmaking serta faktor balancing didasarkan pada jenis controller yang pemain gunakan agar tidak terjadi ketimpangan dan setiap orang dipersilakan memutuskan metode input apa yang mereka inginkan. Pasangkan keyboard serta mouse di Xbox One/PS4 agar pemain bisa bertanding melawan gamer PC, lalu gamer PC juga dapat menggunakan gamepad agar dapat bermain bersama pengguna console. Tentu jika Anda menginginkannya, tersedia pula lobby tanpa filter controller.
  • Berkat pemanfaatan COD Account, daftar teman Anda tidak dibatasi jenis platform. Anda bisa menambahkan siapapun ke dalam list terlepas dari versi Modern Warfare yang mereka miliki. Tak ada lagi batasan di komunitas pemain dan komunikasi pun jadi lebih mudah.
  • Fitur cross-play mendukung seluruh mode multiplayer di Modern Warfare. Meski demikian, developer masih belum punya rencana untuk menghadirkannya di turnamen kompetitif maupun mode Ranked Play.

Call of Duty Modern Warfare 1

Selain cross-platform play, satu aspek paling menarik dari Call of Duty: Modern Warfare ialah dihilangkannya Season Pass serta update-update berbayar pasca rilis. Nantinya, seluruh pembaruan konten seperti tambahan peta, mode multiplayer, misi-misi special ops dan lain-lain akan dihidangkan gratis serta berbarengan di seluruh versi. Permainan dijadwalkan untuk meluncur pada tanggal 25 Oktober 2019.