Detail Awal EA Sports FC 24: Cover, Teknologi dan Variasi Game Mode

EA Sports FC 24 juga menandai berakhirnya kerja sama antara Electronic Arts dengan FIFA untuk seri video game sepak bola

Electronic Arts baru saja menghadirkan gebrakan dengan pengumuman awal dari seri EA Sports FC 24. Benar, EA memang sudah melepas judul ikonik hasil kerja sama dengan FIFA di seri video game sepakbola miliknya.

Hasil ini pasca tidak ditemukannya kesepakatan antara EA dan FIFA terkait pembaruan kontrak. Dengan kata lain, FIFA 23 menjadi seri terakhir dari kerja sama panjang dan bersejarah, dan kini sudah berganti nama menjadi EA Sports FC 24.

EA Sports FC 24 sendiri belum rilis secara resmi, namun pihak Electronic Arts menggelar event untuk mengumumkan gameplay perdana secara singkat, teknologi yang dikembangkan dan variasi game mode.

Pada event tersebut, EA juga mengundang banyak legenda sepakbola seperti Luis Figo, Ronaldinho, Didier Drogba, dan tidak lupa sang cover di game EA Sports FC 24, Erling Haaland.

Erling Haaland terpilih untuk menjadi 'wajah' dari game ini, tidak lupa berkat permainan indahnya selama musim 2022/23 bersama Manchester City. Di debut musim perdananya, Erling Haaland mampu meraih treble winner dengan Man. City lewat trofi Premier League, FA Cup, dan UEFA Champions League.

Sumber: Electronic Arts / IG Haaland

Pada acara tersebut hadir sang CEO dari Electronic Arts, Andre Wilson yang menjelaskan sejarah game sepakbola dan teknologi yang digunakan pada EA Sports FC 24. "Kami akan membuat lompatan besar," ucap Wilson terkait game barunya tersebut.

Game ini sendiri bisa disebut FC24, dibuat dengan berbagai teknologi termasuk HyperMotion V, PlayStyles, dan Frostbite. HyperMotion V merupakan teknologi motion tracking yang menggunakan volumetric data yang besar untuk membentuk pergerakan yang realistis di setiap pertandingan.

Lalu teknologi berikutnya adalah PlayStyles, EA bekerja sama dengan Opta untuk mengumpulkan data dan membuat setiap pemain memiliki karakteristik permainannya, bahkan tidak bergantung pada Overall Rating.

Dan ada Frostbite, yang merupakan game engine yang dikembangkan oleh DICE dan dirancang untuk penggunaan lintas platform. Peran Frostbite mencakup detail grafis seperti kontur muka setiap pemain, detail jersey, dan tentunya segala hal yang berkaitan dengan grafis.

Sumber: Electronic Arts

Untuk game mode sendiri, FC24 masih memiliki sistem yang sama yaitu sepak bola wanita, sepak bola pria, berbagai macam liga kasta tertinggi di Eropa, lalu ada career mode, dan lain sebagainya.

Meskipun demikian, tentu EA masih menyimpan banyak detail dan diumumkan sebelum waktu perilisan FC24 pada bulan September 2023 mendatang.