5 January 2023

by Lukman Azis

Dell Ungkap Controller Game Untuk Concept Nyx di CES 2023

Controller game Concept Nyx secara otomatis dapat mengoptimalisasi tergantung dari game yang dimainkan

Pada CES tahun lalu, tim Experience Innovation Group (EIG) Dell Technologies memperkenalkan Concept Nyx. Sebuah konsep edge gaming yang memberikan akses mudah ke perpustakaan game di berbagai perangkat dan layar di rumah dengan mulus.

Sebagai contoh, Anda dapat beralih bermain game dari PC desktop ke layar yang lebih besar seperti televisi di ruang keluarga dan segera dapat melanjutkan sesi game terakhir yang dimainkan.

Jika ada anggota lain yang sedang menonton film, daripada berebut kalian bisa kompromi dengan membagi layar televisi menjadi beberapa bagian. Singkatnya Dell ingin menghadirkan pengalaman bermain bersama yang dapat mendekatkan keluarga.

Tahun ini di CES 2023, Dell bereksperimen lebih jauh dan memperkenalkan controller game untuk Concept Nyx. Controller ini dirancang ulang untuk memenuhi kebutuhan para gamer dan Dell berusaha untuk membuat controller yang secara otomatis dapat mengoptimalisasi tergantung dari game yang dimainkan.

Dari segi desain, gamepad ini tampak seperti controller game pada umumnya yang nyaman digenggam dua tangan. Namun bila dilihat lebih seksama, ada banyak fitur unik yang belum pernah ada di controller game PC.

Mulai dari sensor fingerprint berlogo Alienware yang dapat membawa ke game tertentu dalam sekejap. Hal yang menarik, Anda dapat memproyeksikan konten langsung ke salah satu perangkat atau layar dengan mengarahkan controller ke perangkat tersebut dan menarik pelatuknya.

Kemudian untuk bagian D-pad, di sebelah kanan masih ditemukan tombol ABXY. Namun sebelah kirinya diganti menjadi touchpad yang disebut Omnipad untuk akses cepat ke kontrol yang dapat disesuaikan. Pengguna dapat terus bermain tanpa perlu ke menu pengaturan, karena terkadang sulit untuk mengikuti pengaturan kontrol game yang berbeda di setiap game.

Dell juga memasangkan controller dengan overlay dan kontrol layar cerdas yang dapat disesuaikan sepenuhnya untuk menampilkan penggunaan tombol. Dengan begitu, pengguna tidak perlu menebak fungsi tombol X apakah untuk apa melakukan apa.

Pengguna juga dapat menggunakan suara untuk menyambungkan siaran langsung game ke perangkat lainnya. Dell juga bereksperimen dengan haptic dan thumb stick yang dapat menyesuaikan posisi sesuai dengan preferensi pengguna atau game yang sedang dimainkan.

Lebih lanjut, Dell mengakomodir kebutuhan game PC dalam Concept Nyx dengan menyertakan tombol shift untuk memungkinkan lebih banyak opsi tombol depan, scroll wheel untuk navigasi dan perputaran senjata yang lebih mudah.

Selain itu, saat ini Dell sedang bereksperimen untuk menghadirkan asisten kecerdasan buatan (AI) yang bisa memonitor atau bahkan menjawab panggilan telepon penting agar pengguna tidak melewatkan apapun yang penting.