Esports Ecosystem

Dapat Investasi Rp170 Miliar, Nerd Street Gamers Hendak Buat Fasilitas Esports

11 Oct 2019 | Ellavie Ichlasa Amalia
Investor utama Nerd Street Gamers kali ini adalah perusahaan retail Five Below

Tiga dari lima game esports paling populer di Indonesia adalah game mobile. Tidak heran, mengingat Indonesia memang adalah yang kebanyakan warganya mengenal internet melalui perangkat mobile. Namun, di Amerika Serikat, kebanyakan game yang diadu adalah game PC, seperti League of Legends, Counter-Strike: Global Offensive, dan Overwatch. Sayangnya, tidak semua orang memiliki komputer gaming untuk bermain. Inilah masalah yang coba Nerd Street Gamers coba selesaikan dengan membangun tempat yang disebut Localhost. Tempat ini bisa menjadi tempat latihan bagi orang-orang yang ingin bermain game esports tapi tak memiliki perangkat atau jaringan internet yang memadai. Selain itu, fasilitas ini juga bisa dijadikan sebagai tempat untuk menyelenggarakan liga dan turnamen esports atau untuk menunjukkan peralatan gaming.

Five Below, perusahaan retail asal Philadelphia, Amerika Serikat, mendukung Nerd Street Gamers. Mereka memimpin pendanaan seri A untuk perusahaan tersebut. Selain Five Below, beberapa investor lain yang turut serta kali ini antara lain Comcast, SeventySix Capital, Elevate Capital, dan angel investor George Miller. Total pendanaan yang didapat Nerd Street Gamers kali ini mencapai US$12 juta (sekitar Rp170 miliar). Selain menanamkan modal, Five Below juga bekerja sama dengan Nerd Street Gamers untuk membangun Localhost seluas 3.000 kaki persegi di beberapa toko Five Below. Program tersebut akan menjadi program percobaan yang dimulai pada tahun depan. Jika percobaan itu sukses, mereka berencana untuk membangun toko di 70 lokasi atau lebih dalam waktu beberapa tahun ke depan, lapor VentureBeat.

Salah satu fasilitas yang ada di Localhost. | Sumber: VentureBeat
Salah satu fasilitas yang ada di Localhost. | Sumber: VentureBeat

“Kerja sama dengan perusahaan gaming Nerd Street Gamers  adalah kesempatan unik bagi kami untuk mendekatkan diri dengan komunitas gamer yang jumlah terus bertambah,” kata CEO Five Below, Joel Anderson, seperti dilaporkan oleh Esports Insider. “Gaming adalah sesuatu yang dinikmati oleh para pelanggan muda kami. Menjadikan Nerd Street Gamers sebagai rekan akan membantu kami untuk memberikan pengalaman gaming yang menarik bagi pelanggan lama dan pelanggan baru kami. Pada saat yang sama, kami dapat menunjukkan produk dan aksesori kami dalam bidang teknologi.”

Sementara itu, Founder dan CEO Nerd Street Gamers, John Fazio mengatakan bahwa kesempatan untuk membuat fasilitas esports di tempat yang sama dengan toko Five Below memungkinkan mereka untuk merealisasikan mimpi mereka agar semua orang bisa memainkan game esports. “Terlalu banyak orang yang tak memiliki peralatan dan jaringan internet yang diperlukan untuk bisa bersaing pada level teratas, dan dengan mengatasi masalah ini secara nasional, kita bisa membuat puluhan juta orang memiliki kesempatan lebih besar untuk masuk ke industri esports,” kata Fazio.

“Mendapatkan dukungan dari perusahaan retail terbesar dengan pertumbuhan tercepat membuat kami selangkah lebih dekat untuk mewujudkan mimpi kami,” ujar Fazio. Dia percaya, investasi kali ini akan memungkinkan mereka untuk menumbuhkan platform mereka. “Bekerja sama dengan Five Below, ini memungkinkan kami untuk membuka Localhost di setiap kota besar di Amerika Serikat, membuka akses esports ke segmen gamer yang sama sekali baru.”