31 March 2022

by Glenn Kaonang

Daftar Game Terbaru April 2022: Dari Remaster Chrono Cross Sampai Nintendo Switch Sports

Setelah disibukkan dengan sederet game AAA, saatnya sedikit bersantai dengan game-game terbaru yang akan hadir di bulan April 2022

Memasuki kuartal kedua tahun 2022, seperti biasa developer dan publisher mulai agak sedikit mengerem gerak-geriknya. Kendati demikian, ini sama sekali bukan berarti tidak ada game baru yang menarik untuk dimainkan.

Kalau di bulan-bulan sebelumnya kita terus dibuat sibuk oleh sederet game AAA yang sangat menyita waktu macam Elden Ring dan Dying Light 2, sekarang mungkin adalah saat yang tepat untuk sedikit bersantai. Di bulan April ini, ada cukup banyak game yang ideal dijadikan teman berelaksasi, terlebih jika Anda mempunyai Nintendo Switch.

Tanpa perlu berlama-lama lagi, berikut adalah daftar game terbaru yang dirilis di bulan April 2022.

1. Lego Star Wars: The Skywalker Saga

Dari sekian banyak video game di franchise Lego, seri Lego Star Wars mungkin adalah yang paling populer. Lego Star Wars: The Skywalker Saga adalah game yang keenam, dan ketimbang mengadaptasikan cerita dari satu film saja, developer Traveller's Tales kali ini memilih untuk mengadaptasikan sembilan film yang ada sekaligus. Fans berat Star Wars semestinya akan tersenyum mendengar bahwa game ini memiliki sekitar 300 karakter yang bisa dimainkan.

Lego Star Wars: The Skywalker Saga akan hadir di PC, PS4, PS5, Xbox One, Xbox Series X/S, dan Nintendo Switch pada 5 April.

2. MLB The Show 22

Setelah bertahun-tahun hanya tersedia di ekosistem PlayStation, MLB The Show akhirnya mulai berekspansi ke platform lain tahun lalu. Game terbarunya, MLB The Show 22, tentu akan melanjutkan tren tersebut, dan bahkan semakin memperluas jangkauannya sampai ke kalangan pengguna Switch. Kalau Anda suka bisbol, ini bakal jadi satu-satunya game anyar yang bakal memuaskan dahaga Anda tahun ini, sebab seri game R.B.I. Baseball sudah resmi dipensiunkan.

MLB The Show 22 akan hadir di PS4, PS5, Xbox One, Xbox Series X/S, dan Nintendo Switch pada 5 April.

3. Chrono Cross: The Radical Dreamers Edition

Game terbaru April 2022 selanjutnya adalah Chrono Cross: The Radical Dreamers Edition yang daru saja diumumkan Februari lalu. Chrono Cross: The Radical Dreamers Edition merupakan remaster dari JRPG berjudul sama yang dirilis di tahun 1999 untuk PlayStation pertama. Sebagai sebuah remaster, aspek visual dan audionya tentu sudah dimodernisasi. Namun yang lebih menarik justru adalah adanya konten tambahan Radical Dreamers yang pada dasarnya berperan menyambungkan alur cerita Chrono Cross dengan Chrono Trigger.

Chrono Cross: The Radical Dreamers Edition akan hadir di PC, PS4, Xbox One, dan Nintendo Switch pada 7 April.

4. Slipstream

Slipstream adalah game balap mobil retro yang banyak mengambil inspirasi dari game-game balapan populer di tahun 90-an. Namun jangan tertipu oleh grafik dan visualnya yang sarat nostalgia, sebab ia turut dibekali fitur-fitur modern macam time rewinding seperti di seri Forza Horizon, maupun local multiplayer hingga empat orang dengan tampilan split-screen. Game ini sebelumnya cuma tersedia di PC, namun sebentar lagi ia juga akan mampir ke medium yang lebih proper di konsol.

Slipstream akan hadir di PS4, PS5, Xbox One, Xbox Series X/S, dan Nintendo Switch pada 7 April.

5. Godfall: Ultimate Edition

Usai hampir satu setengah tahun menyandang status eksklusif di Epic Games Store dan PS5, Godfall akhirnya akan segera meluncur ke Steam dan Xbox dengan membawa seluruh konten tambahan yang pernah dirilis selama ini. Game ini memang bukan action RPG terbaik yang ada di pasaran saat ini, tapi setidaknya ia punya sistem combat yang seru dan grafik yang jempolan. Kalau Anda tak bisa berhenti membayangkan bagaimana jadinya seandainya Destiny dilebur dengan Dark Souls, silakan coba Godfall.

Godfall: Ultimate Edition akan hadir di PC, PS4, PS5, Xbox One, dan Xbox Series X/S pada 7 April.

6. Sherlock Holmes: The Devil's Daughter

Pencinta game petualangan yang gemar memecahkan teka-teki pastinya sudah tidak asing lagi dengan seri game detektif Sherlock Holmes. Kabar baiknya, game kedelapannya sebentar lagi bakal bisa dinikmati di Switch. Di The Devil's Daughter, Sherlock harus memecahkan lima kasus sekaligus menghadapi rahasia keluarga yang cukup kelam. Fun fact: pengembang seri game Sherlock Holmes, Frogwares, adalah studio yang bermarkas di Ukraina, namun seperti yang bisa kita lihat, invasi Rusia rupanya tidak mampu mencegah mereka untuk tetap berkarya.

Sherlock Holmes: The Devil's Daughter akan hadir di Nintendo Switch pada 7 April.

7. 13 Sentinels: Aegis Rim

13 Sentinels: Aegis Rim menceritakan tentang perjalanan 13 siswa SMA yang tidak sengaja terlibat dalam peperangan antara mecha dan kaiju. Game ini menggabungkan dua genre sekaligus, yakni side-scrolling adventure dan real-time strategy. 13 Sentinels awalnya dikembangkan untuk platform PS4 dan PS Vita, akan tetapi yang akhirnya dirilis di tahun 2019 hanyalah versi PS4-nya saja. Peluncuran versi Switch-nya tidak lama lagi mungkin menandai takdirnya untuk hadir di konsol genggam.

13 Sentinels: Aegis Rim akan hadir di Nintendo Switch pada 12 April.

8. Cat Cafe Manager

Di Cat Cafe Manager, Anda akan menjalankan bisnis kafe warisan nenek Anda di sebuah desa bernama Caterwaul Way. Dalam kesehariannya, karakter Anda juga akan berjumpa dan berinteraksi dengan banyak penduduk lokal, termasuk sederet kucing liar yang menghuni desa tersebut. Kedengarannya mirip seperti vibe yang ditawarkan Stardew Valley, tapi tentu dengan twist-nya tersendiri.

Cat Cafe Manager akan hadir di PC dan Nintendo Switch pada 14 April.

9. Road 96

Road 96 merupakan sebuah game petualangan. Namun ketimbang menyajikan pengalaman road trip yang sama persis di setiap playthrough, game-nya justru ingin memberikan variasi dengan mengandalkan teknik procedural generation. Game ini punya visual yang memukau, dan koleksi soundtrack-nya bakal langsung mendapat tempat di hati para pencinta musik 90-an. Usai menuai sukses di PC dan Switch, Road 96 akhirnya juga siap menyapa para pengguna konsol lain.

Road 96 akan hadir di PS5, PS4, Xbox One, dan Xbox Series X/S pada 14 April.

10. Star Wars: The Force Unleashed

Lego Star Wars: The Skywalker Saga bukan satu-satunya game yang bakal menyapa para penggemar Star Wars di bulan April. Star Wars: The Force Unleashed adalah remaster dari game berjudul sama yang diluncurkan di tahun 2008. Sama seperti versi yang dirilis untuk Wii, versi Switch-nya juga mendukung motion control untuk mengaktifkan beragam Force power. Game ini sangatlah laris pada masanya, dengan penjualan melebihi satu juta kopi hanya di bulan pertamanya saja.

Star Wars: The Force Unleashed akan hadir di Nintendo Switch pada 20 April.

11. MotoGP 22

Selang satu setengah bulan setelah kejuaraan MotoGP musim 2022 dimulai, game-nya pun siap untuk diluncurkan. MotoGP 22 adalah game terbaru April 2022 yang menawarkan lebih dari 120 pembalap dan lebih dari 20 sirkuit resmi, termasuk halnya sirkuit Mandalika. Untuk pertama kalinya di seri game MotoGP, tersedia opsi multiplayer dengan tampilan split-screen.

MotoGP 22 akan hadir di PC, PS4, PS5, Xbox One, Xbox Series X/S, dan Nintendo Switch pada 21 April.

12. King Arthur: Knight's Tale

King Arthur: Knight's Tale adalah RPG dengan mekanisme combat turn-based ala seri game XCOM maupun Wasteland. Game ini menginterpretasikan ulang legenda King Arthur dari perspektif yang kelam, dan karakter yang Anda jalankan justru bukan King Arthur itu sendiri, melainkan musuh bebuyutannya, Sir Mordred. Sempat dirilis dalam status early access, game ini akhirnya sudah punya jadwal rilis pasti.

King Arthur: Knight's Tale akan hadir di PC pada 26 April.

13. Zombie Army 4: Dead War

Zombie Army 4: Dead War merupakan sekuel dari Zombie Army Trilogy, yang sendirinya adalah spin-off dari seri game Sniper Elite. Third-person shooter dengan setting Perang Dunia II ini sebenarnya sudah tersedia di PC dan konsol, akan tetapi tak lama lagi ia juga akan menyapa para pengguna Switch. Catatan: game ini bakal jauh lebih asyik jika dimainkan bersama teman.

Zombie Army 4: Dead War akan hadir di Nintendo Switch pada 26 April.

14. Dorfromantik

Kombinasi city builder dan puzzle, Dorfromantik mengajak pemain untuk membangun sebuah desa dengan menyambungkan kepingan-kepingan heksagonal. Layaknya Townscaper, game ini bakal menjadi teman yang sangat ideal ketika sedang bersantai, apalagi didukung soundtrack-nya yang demikian chill.

Dorfromantik akan hadir di PC pada 28 April.

15. Nintendo Switch Sports

Wii Sports adalah salah satu game terlaris yang pernah Nintendo buat, sehingga kedengarannya cukup aneh kalau Switch hingga sekarang belum punya game yang serupa. Beruntung anggapan tersebut bakal segera terpatahkan seiring dengan peluncuran Nintendo Switch Sports yang menjadi game terbaru April 2022. Total ada tujuh jenis olahraga yang tersedia di sini: bowling, tenis, chambara (adu pedang), bola voli, sepak bola, dan badminton. Ke depannya, Nintendo juga berjanji untuk menghadirkan konten ekstra, termasuk jenis olahraga anyar, yaitu golf.

Nintendo Switch Sports akan hadir di Nintendo Switch pada 29 April.