8 January 2015

by DailySocial

HERE Community Expert Indonesia Paling Aktif Berkontribusi Secara Global di Tahun 2014

Meskipun Nokia sudah dibeli oleh Microsoft, perusahaan asal Finlandia ini masih memiliki beberapa unit bisnis yang beroperasi. Salah satunya adalah Nokia HERE yang memiliki fokus untuk membangun peta digital di berbagai platform perangkat bergerak. Pada tanggal 3 Januari 2015 lalu Nokia HERE juga mengadakan sebuah community event dalam rangka mengakomodir antusiasme komunitasnya yang tergabung dalam HERE Community Expert.

Hal yang menarik adalah partisipasi masyarakat dalam pengumpulan data untuk membangun peta digital Nokia HERE melalui sebuah online tool yang disebut HERE Map Creator. Fasilitas tersebut diberikan secara gratis kepada masyarakat dan semenjak tool tersebut diperkenalkan di Indonesia tahun 2013, sudah ada lebih dari 1000 orang yang tergabung dan berkontribusi.

Nokia mengklaim pada bulan Mei-Juli 2014 lalu tercatat ada 1 juta penyuntingan dalam 5 bulan yang membuat komunitas HERE Indonesia menjadi yang paling aktif di dunia dalam berkontribusi membangun peta. Menanggapi animo masyarakat yang besar tersebut, Nokia pun sempat mengulasnya di Blog resmi Nokia HERE untuk mengapresiasi mereka yang telah aktif berkontribusi.

Pada 2014 lalu Nokia HERE juga mencatat lebih dari 618.000 kilometer jalan, 285.123 point of interest, dan 187.812 nomor rumah yang telah berhasil dipetakan di seluruh Indonesia. Selain itu juga untuk pertama kalinya Nokia HERE memperkenalkan Map Master di Indonesia. Map Master adalah anggota komunitas yang memiliki peran yang signifikan di dalam HERE Expert Community Program. Signifikansi diukur oleh nilai kuantitas kontribusi, kualitas kontribusi, inovasi, dan ide yang disumbangkan oleh anggota komunitas.

Selain mengajak masyarakat umum untuk berkontribusi, HERE Expert Community Indonesia juga memiliki jejaring komunitas di berbagai Universitas di Indonesia. Saat ini ada lima Universitas yang sudah menjadi bagian komunitas, yaitu Universitas Indonesia, Universitas Diponegoro, Institut Teknologi Sepuluh November, Universitas Gadjah Mada, dan Universitas Jenderal Soedirman.

Mahasiswa yang tergabung melalui University Community akan mendapatkaan keuntungan yang berkaitan dengan akademis, seperti fasilitas magang atau kuliah kerja lapangan. Mereka yang ingin Universitasnya tergabung dalam University Community, pihak kampus dapat mengundang tim HERE datang ke kampus terkait dengan mengirimkan email permohonan ke idecpteam [at] here.com.

Untuk agenda tahun 2015, Nokia HERE Indonesia sudah menyiapkan banyak agenda kegiatan dengan nama-nama yang unik dan seru untuk komunitasnya. Salah satu contohnya adalah Lost in Heaven, dengan anggota communityyang mengumpulkan lokasi jalur wisata paling menarik berkesempatan memperoleh akomodasi traveling oleh Nokia HERE Team. Program yang terkait Development juga akan tetap dijalankan, seperti Internship Program, Seminar, dan Web App Challenge dan Mobile App Challenge yang melibatkan HERE Maps API.


Artikel sindikasi ini pertama kali dimuat di DailySocial dan ditulis oleh Adjie Priambada.