10 August 2022

by Dimas Galih W.

ColorOS 13 dengan OS Android 13 Bakal Hadir Bulan ini

OPPO menjadi salah satu produsen pertama yang mengadopsi sistem terbaru Android 13 melalui ColorOS 13. OPPO Find N dan OPPO Find X5 Pro akan menjadi perangkat pertama OPPO yang akan menerima pembaruan ColorOS 13 Beta.

Siapa pun yang menggunakan OPPO pasti mengetahui antarmuka yang bernama ColorOS. Hal tersebut merupakan salah satu ciri khas dari smartphone OPPO yang cukup berbeda dengan homescreen perangkat lainnya. Ternyata, OPPO sebentar lagi bakal meluncurkan interface generasi terbarunya. Interface tersebut memiliki nama ColorOS 13 dengan sistem operasi Android 13 Tiramisu.

ColorOS 13 ternyata menjadi salah satu sistem operasi OEM pertama yang berbasis Android 13 yang bakal diluncurkan. Untuk itu, OPPO telah bekerja sama dengan Android untuk memberikan pengalaman sistem operasi terbaik pada ColorOS. Di Google I/O bulan Mei 2022 yang lalu, OPPO mengumumkan perangkat OPPO Find N dan OPPO Find X5 Pro akan menjadi salah satu smartphone pertama di dunia yang akan menerima pembaruan Android 13 beta. ColorOS 13 akan terintegrasi dengan fitur keamanan dan privasi pada Android 13 dan menyediakan serangkaian fitur penyesuaian yang mirip dengan Google Material You.

ColorOS 13 mencakup serangkaian fitur pintar baru yang dikembangkan OPPO dan dirancang untuk memberikan pengalaman terbaik pada perangkat dengan layar besar, menyediakan interkonektivitas tanpa batas antar beberapa perangkat, dan meningkatkan produktivitas dan efisiensi. Desain baru juga akan diperkenalkan pada sistem operasi ini untuk menghadirkan pengalaman Android yang ringkas, nyaman, dan lancar.

Sistem operasi baru ini nantinya bakal hadir dalam versi beta terlebih dahulu. Sayangnya, hanya beberapa pengguna terpilih yang nantinya bisa mencicipi ColorOS 13 untuk pertama kalinya. Hanya sekitar 1000 pengguna saja yang bakal mendapatkan versi beta tersebut. Dan jumlah tersebut nantinya hanya tersedia untuk negara Indonesia, Thailand, Vietnam, Malaysia, UEA, Prancis, dan Australia.

Saat ini, belum ada informasi yang bocor mengenai seperti apa ColorOS 13 nantinya. Untuk informasi lebih lanjut mengenai ColorOS 13,OPPO mengundang bergabung dengan acara peluncuran resmi ColorOS di kanal YouTube resmi OPPO pada @OPPOofficial dan Twitter @OPPO pada pukul 18:00 WIB di tanggal 18 Agustus 2022. Jadi, pengguna OPPO Find N dan Find X5 Pro yang ingin mencoba sistem operasi baru tersebut bisa bersabar. Tinggal seminggu lagi, maka perangkat Anda bisa mendapatkan sistem operasi terbaru dari OPPO tersebut.

Oh ya, sebelum melakukan upgrade ke sistem operasi terbaru tersebut, jangan lupa untuk melakukan backup data. Hal tersebut tentu saja untuk menghindari hilangnya data pada saat pergantian sistem operasi yang cukup umum terjadi. Selain itu, jangan lupa bahwa versi beta berarti sudah pasti banyak ditemukan bug. Namun jangan khawatir, OPPO pasti akan membuat daftarnya dan mengeluarkan patch untuk menambal bug tersebut.