Esports Ecosystem

Cloud9 Getol Rangkul Brand Non-Endemic, BMW Susul AT&T Sebagai Sponsor

11 Mar 2019 | Ayyub Mustofa
Menurut CEO Cloud9, kedua organisasi ini akan merilis iklan kolaborasi dalam waktu dekat.

Cloud9 rupanya cukup getol menggandeng brand non-endemic sebagai sponsor di bulan Maret 2019 ini. Setelah beberapa waktu lalu bekerja sama dengan perusahaan telekomunikasi AT&T, kini tim esports asal Amerika Serikat tersebut juga menjalin ikatan dengan produsen mobil dari Jerman, BMW. Ini merupakan pertama kalinya BMW menjadi sponsor untuk sebuah tim esports.

Cloud9 mengumumkan kolaborasi tersebut lewat tweet foto di mana para anggotanya berpose di depan mobil terbaru BMW, yaitu All New 2019 BMW i8. Mereka juga mengusung slogan, “It’s character that drives performance.” Tampaknya Cloud9 ingin menunjukkan bahwa kedua organisasi ini memiliki visi yang selaras tentang pentingnya karakter para anggotanya.

All New 2019 BMW i8
All New 2019 BMW i8 | Sumber: BMW

Detail tentang isi kerja sama Cloud9 dengan BMW serta nilai nominalnya saat ini belum diumumkan. Akan tetapi Jack Etienne, founder dan CEO Cloud9, mengatakan bahwa kedua organisasi ini baru saja menyelesaikan shooting untuk sebuah iklan, dan iklan itu akan tayang dalam waktu dekat. Biasanya, kerja sama antara tim esports dengan brand akan menghasilkan pernak-pernik khusus bertema tim tersebut. Mungkinkah kita akan melihat ada BMW i8 bercorak Cloud9?

Meski baru pertama kali mensponsori tim, kiprah BMW di dunia esports sebetulnya sudah berjalan cukup lama. Pada tahun 2017 lalu misalnya, BMW pernah menjadi sponsor untuk acara kompetisi League of Legends Championship Series Summer Finals di Paris. Saat ini Cloud9 sudah memasang logo BMW di banner Twitter mereka, sejajar dengan sponsor-sponsor lainnya seperti HyperX, Red Bull, U.S. Air Force, AT&T, OMEN, Secret Lab, dan Twitch.

https://twitter.com/Cloud9/status/1104179178679615488

Popularitas Cloud9 sebagai salah satu tim esports terbesar Amerika Serikat serta prestasi mereka tampaknya menarik perhatian berbagai brand besar. Tahun lalu, mereka sempat meraih juara di turnamen CS:GO ELEAGUE Major: Boston 2018, juga meraih runner-up di turnamen cs_summit 2. Awal 2019 ini mereka juga meraih runner-up di ELEAGUE CS:GO Invitational 2019. Di dunia League of Legends, Cloud9 juga meraih Top 4 di kompetisi Worlds 2018. Mungkin Cloud9 tidak bisa dibilang sebagai tim monster yang selalu mendominasi kompetisi, tapi mereka konsisten menunjukkan hasil di atas rata-rata.

BMW sendiri bukanlah brand otomotif pertama yang menjadi sponsor bagi tim esports. Di awal 2019 kemarin Team Liquid baru sana menjalin kerja sama dengan Honda. Sementara itu Mercedes-Benz telah bergandengan tangan dengan SK Gaming, dan Audi juga telah merangkul Astralis sebagai partner. Sepertinya kemunculan brand otomotif sebagai sponsor dunia esports akan menjadi tren sepanjang tahun 2019.

Sumber: Cloud9, The Esports Observer