Ada banyak faktor mengapa pembeli ingin membatalkan pesanan dalam transaksi online. Misalnya barang ternyata tidak sesuai dengan yang diinginkan, tidak terlalu memperhatikan deskripsi sehingga salah membeli, barang sudah tidak diperlukan lagi, dan sebagainya.
Pembatalan pesanan yang belum dibayar sebenarnya akan otomatis terjadi jika Anda tidak membayar dalam waktu 24 jam. Tapi, jika Anda tak ingin memberi harapan palsu ke penjual, maka sebaiknya batalkan pesanan segera setelah mengambil keputusan untuk tidak membayar pesanan.
Membatalkan Pesanan di Tokopedia via Aplikasi
- Buka aplikasi Tokopedia Anda.
- Log in ke akun Anda.
- Jika sudah log in, tap menu Akun kemudian temukan panel Transaksi – Menunggu Pembayaran.
- Tap transaksi yang ingin dibatalkan, lalu tap tiga tanda titik di kanan atas.
- Kemudian tap opsi Batalkan Pesanan.
Batalkan Pesanan Menggunakan Desktop
- Hampir sama, login dulu ke akun Tokopedia Anda.
- Setelah login, langsung scroll ke bawah dan di bagian kiri temukan opsi Menunggu Pembayaran.
- Di transaksi pilihan, terdapat link untuk membatalkan pesanan tersebut. Tap saja, maka Anda akan dimintai konfirmasi terakhir, klik OK maka pesanan akan otomatis dibatalkan.
Mudah kan ternyata? Selamat mencoba!
Gambar header