19 December 2022

by Lukman Azis

Cara Download Dan Edit Video CapCut Versi PC di Laptop

Untuk mengerjakan project video yang lebih serius secara lebih presisi, Anda juga bisa mengandalkan CapCut versi PC

Lewat aplikasi CapCut, sekarang Anda bisa mengedit video dan membuat konten yang lebih menarik ala editor video berpengalaman cuma dari smartphone. Fitur-fitur pengeditan yang tersedia terbilang lengkap, tetapi juga tersedia banyak template kreatif, dan terintegrasi langsung dengan TikTok.

Mengedit video sendiri memang pekerjaan yang cukup kompleks dan membutuhkan ketelitian yang tinggi dalam menuangkan kreativitas. Di layar smartphone yang ukurannya terbatas, hal itu kadang memang cukup membuat frustasi. Untuk mengerjakan project video yang lebih serius secara lebih presisi, Anda juga bisa mengandalkan CapCut versi PC dan berikut cara download-nya.

Cara Download Dan Edit Video CapCut Versi PC 

Selain tersedia dalam versi mobile, baik untuk smartphone dan tablet, software edit video all-in-one CapCut juga tersedia untuk PC berbasis sistem operasi Windows dan Mac. Bagi saya, bagian terbaiknya adalah CapCut PC juga bisa diakses cara gratis dengan fitur penuh tanpa perlu mengeluarkan biaya untuk berlangganan bulanan.

Cara download CapCut versi PC di laptop juga sangat mudah, hanya butuh beberapa langkah. Cukup kunjungi website resmi CapCut dan pilih menu ‘download for Windows’ untuk laptop berbasis Windows, kemudian proses download akan berlangsung.

Hal yang menarik ialah ukuran file CapCut PC dalam format .exe sangat kecil yakni hanya sekitar 375 MB, persyaratan minimal untuk spesifikasi PC yang didukung juga tidak terlalu tinggi. Setelah dipasang, seperti ini tampilan awal software CapCut versi PC, jika baru pertama kali pilih ‘start creating’.

Secara default, layout-nya terdiri dari empat jendela aktif. Tiga di bagian atas yang meliputi media, player, dan detail, sedangkan untuk bagian bawah hanya diisi timeline. Agar lebih teratur, Anda bisa membuat sebuah folder untuk satu project, dan kemudian import ke CapCut.

Pada jendela media, Anda juga bisa mengakses audio seperti music, sound effects, atau audio dari TikTok. Juga bisa menambahkan teks, sticker, effect, transition, filter, dan adjustment seperti LUT. Pindah ke player, kita bisa mengubah rasio aspek yang diinginkan, ada beberapa opsi baik versi vertikal maupun horizontal. Juga ada fungsi memperbesar atau memperkecil previewvideo dan preview layar penuh.

Lanjut ke jendela detail, pengaturan lanjutan akan muncul ketika memilih video tertentu di timeline. Termasuk scale dan rotate video, mengubah volume audio, mengubah kecepatan video, menambah animasi, dan lainnya.

Setengah layar bagian bawah didedikasikan untuk timeline, sehingga Anda bisa lebih fleksibel menjahit video dan menuangkan ide-ide Anda di sini. Di laptop ASUS, kita bisa menekan tombol Ctrl dan tombol tambah (+) atau kurang (-) untuk memperbesar atau memperkecil timeline dengan cepat.

Singkat cerita, lewat rangkaian fitur-fitur yang saya sebutkan di atas, CapCut menawarkan pengalaman editing video all-in-one. Pilihan sticker, effect, transition, dan filter yang tersedia juga sangat beragam, bahkan biasanya kita akan me

Satu hal yang perlu saya sampaikan, jangan bandingkan CapCut dengan software edit video profesional macam Adobe Premiere Pro, mereka beda kelas dan punya kelebihan dengan kekurangannya masing-masing. Walau begitu, CapCut memang akan sangat membantu para kreator konten awal yang tidak memiliki kemampuan editing video dan masih menggunakan PC atau laptop dengan spesifikasi menengah.