19 December 2022

by Glenn Kaonang

Manchester United Luncurkan Koleksi NFT Perdananya, Bisa Diklaim Secara Gratis

Para pemegang NFT bakal mendapatkan sejumlah keuntungan, termasuk akses ke rilisan NFT Manchester United yang berikutnya

NFT terus menjadi tren yang populer di ranah sepak bola. Banyak pihak melihat NFT sebagai cara yang efektif untuk menumbuhkan fan engagement, tidak terkecuali salah satu klub terbesar asal Inggris, Manchester United. Usai mengumumkan inisiatifnya di bulan November, klub dengan julukan Setan Merah itu akhirnya meluncurkan koleksi NFT perdananya secara resmi di blockchain Tezos.

Koleksi NFT resmi Manchester United yang pertama ini datang dalam bentuk semacam kunci digital. Idenya adalah, dengan memegang kunci tersebut, para penggemar bisa membuka pintu menuju lebih banyak lagi keuntungan yang menanti. Kuncinya sendiri dikelompokkan menjadi tiga kategori: Classic, Rare, dan Ultra Rare, masing-masing dengan kelebihan yang berbeda.

Berdasarkan informasi di situs resminya, pemegang Classic Key akan mendapat akses ke giveaway dan channel Discord eksklusif, serta akses ke rilisan NFT yang berikutnya. Pemegang Rare Key di sisi lain bakal bisa mengikuti giveaway yang lebih besar lagi, menikmati diskon yang lebih banyak, serta kesempatan untuk chatting dengan para "legenda United". Mereka juga akan lebih diprioritaskan pada rilisan NFT yang selanjutnya.

Terakhir, pemegang Ultra Rare Key akan mendapatkan semua keuntungan yang ditawarkan dua kategori di bawahnya, plus undangan untuk berkunjung ke stadion Old Trafford. Untuk rilisan perdana ini, semua aset NFT Manchester United bakal didistribusikan secara cuma-cuma dan secara acak kepada para penggemar yang mendaftar di situsnya. Meski begitu, para pemegang NFT juga dibebaskan untuk menjual kembali aset yang didapatkannya di secondary market jika mau.

Dalam pengumuman resminya pada bulan November lalu, Manchester United menegaskan bahwa rilisan perdana ini baru awal dari visi mereka untuk mewujudkan komunitas berbasis Web3, yang bakal mencakup sebuah dunia virtual yang terhubung langsung ke Discord. Manchester United juga sudah merencanakan beberapa rilisan NFT yang selanjutnya, yang semuanya akan mengambil inspirasi dari sejarah panjang klub — mirip seperti yang dilakukan oleh FC Barcelona.

Untuk rilisan NFT yang kedua, Manchester United berniat menjualnya seharga £30 per aset, atau kurang lebih sekitar 570 ribuan rupiah saat artikel ini ditayangkan. 20% dari penjualannya disebut akan disumbangkan ke Manchester United Foundation.

Kalau Anda mengaku fans berat Manchester United, tidak ada ruginya mendaftarkan diri dan mengklaim NFT perdana dari mereka. Bagi penggemar klub lain atau bahkan liga negara lain, Anda juga punya beberapa opsi yang dapat dipilih.

Via: U.Today.