Guide
for SEO
Guide

Build Xiao Genshin Impact Terbaik: Artefak, Senjata, Komposisi Tim, dan Tips

2 January 2022Daniel Hamiaz

"If you cannot bring yourself to kill, speak my name!" - Xiao

Sebagai salah satu karakter tertua di Genshin Impact, baik secara lore maupun perilisannya, Xiao merupakan karakter yang masih diminati. Karakter yang pertama kali dirilis pada versi 1.3 ini, memiliki daya pikatnya tersendiri. Cara bertempur yang agresif, gesit, dan dinamis, Xiao mendefinisikan dirinya sebagai karakter DPS yang kuat, serta menawarkan gameplay yang berbeda dengan DPS lainnya.

Namun setelah setahun berlalu, apakah dirinya masih sekuat dulu?

Overview

Xiao merupakan karakter Anemo bintang 5 yang bersenjatakan polearm, Ia merupakan karakter main DPS, atau lebih tepatnya sustained main DPS. Istilah tersebut digunakan untuk menyebut cara bermain sebuah karakter, yang membutuhkan waktu yang lama di arena . Karakter lain yang tergolong sustained main DPS adalah Klee, Eula, Arataki Itto, dlsb.

Selain itu, ia juga merupakan karakter hypercarry, yang berarti ia membutuhkan investasi yang tinggi, untuk menghasilkan angka yang tinggi. Sebagai karakter hypercarry, untungnya Xiao tidak membutuhkan karakter spesifik di dalam timnya.

Xiao merupakan salah satu, atau bahkan satu-satunya DPS, yang permainannya bertumpu penuh pada Plunge Attack. Di Genshin Impact, Plunge Attack memiliki penghitungan damage yang sedikit unik, yaitu tergantung dari tingginya karakter tersebut melakukan serangan mid-air. Hal tersebut tertera pada talenta masing-masing karakter, dengan istilah low/high Plunge. Plunge Attack juga akan memberikan tambahan serangan, apabila sebuah serangan Plunge Attack tepat mengenai kepala musuh.

Dengan kekuatan yang besar, Xiao memiliki beberapa kelemahan. Salah satunya adalah energy cost yang tinggi. Xiao memang dapat mengeluarkan raw damage yang besar, tanpa membutuhkan reaksi elemen, namun semuanya itu dilakukan hanya pada saat Elemental Burst sedang aktif. Dengan demikian, Xiao setidaknya membutuhkan satu karakter Anemo battery untuk menyelesaikan masalah ini.

sumber: Genshin Impact

Mekanik lain yang perlu diperhatikan saat bermain Xiao adalah ia akan kehilangan HP setiap detiknya, selama durasi Elemental Burst berjalan. Namun pengurangan HP ini tidak akan sampai membunuh Xiao. Maka dari itu, untuk menyelesaikan kelemahannya yang satu ini, ia membutuhkan satu healer.

Walaupun Plunge Attack merupakan ujung tombak Xiao, ia sangat rentan terhadap serangan saat ia sedang melompat. Untuk mengatasi hal ini, Xiao dapat memanfaatkan karakter shielder, yang dapat melindunginya saat melompat. Namun kondisi ini hanya terjadi saat melawan musuh tertentu, sehingga shielder bukan merupakan hal yang wajib pada tim Xiao.

Jika pemain mengenali cara Xiao bekerja, menguasai cara bermainnya, dan mengenali kekurangan yang ia miliki, maka pemain akan mendapatkan sebuah karakter yang mampu menghasilkan damage area yang luas secara konsisten.

Prioritas talenta : Normal Attack > Elemental Burst (Min. Lv 7) > Elemental Skill.

Artefak

Untuk Artefak Xiao, Anda bisa memakai antara 2 set Viridescent Venerer, 2 Gladiator’s Finale, atau 2 Shimenawa’s Reminiscence.

Ada beberapa pertanyaan populer yang sering dilontarkan seputar artefak Xiao:

Mengapa Noblesse Oblige tidak direkomendasikan untuk Xiao? Bukankah artefak ini menambah damage Elemental Burst sebesar 20%?

Noblesse Oblige akan meningkatkan damage Elemental Burst dari karakter yang langsung memberikan damage saat diaktifkan, sedangkan Elemental Burst milik Xiao bersifat buff. Kemampuan tersebut hanya akan memperkuat Plunge damage, yang dihasilkan dari talenta Normal, Charged, dan Plunge Attack. Jadi, Noblesse Oblige tidak akan memberikan bonus apapun untuk Xiao. Mekanik ini dimiliki juga oleh karakter seperti Arataki Itto dan Razor.

sumber: Genshin Impact

Mengapa tidak memakai 4 Shimenawa’s Reminiscence? Bukankah artefak ini menambah Plunge damage sebesar 50%?

Artefak ini memang akan menambah damage dari Plunge Attack, namun dengan membayar sejumlah energi saat memakai Elemental Skill.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Xiao memiliki permasalahan energi, sehingga saat memakai set ini, rotasi tim dari Xiao akan terganggu. Belum lagi jika setelah energi berkurang, Xiao kesulitan mengaktifkan Elemental Burst setelah itu. Jadi artefak tersebut tidak disarankan untuk Xiao.

Lebih baik yang mana, mempertahankan set bonus, atau memakai artefak dengan substat yang bagus, tapi tanpa set bonus?

Untuk Xiao, karena ia tidak memiliki artefak yang khusus untuknya, maka lebih baik memakai artefak dengan stat bagus, daripada mempertahankan set bonus artefak, dengan sub stat yang biasa saja.

Main stat yang dicari: ATK%, Anemo DMG Bonus%, Crit rate/DMG%.

Prioritas sub stat: Crit Rate/DMG% > ATK% > Energy Recharge% > flat ATK.

Senjata

Untuk bagian senjata akan dibagi menjadi dua bagian, yaitu senjata terbaik dan senjata F2P terbaik.

Untuk senjata terbaik, dipegang oleh Primordial Jade Winged-Spear. Senjata ini sudah ada sejak Genshin Impact pertama kali dirilis, bahkan mendahului dirilisnya Xiao secara resmi. Senjata ini didesain khusus untuk memenuhi kebutuhan Xiao, dan juga mengikuti gaya bermain Xiao yang mengambil on-fieldtime yang lama.

Sebagai alternatif, Anda bisa memakai Staff of Homa, Deathmatch, Calamity Queller, Vortex Vanquisher, atau Skyward Spine. Selain dikenal sebagai senjata signature Hu Tao, Staff of Homa merupakan opsi yang bagus, dan bahkan dapat mengungguli performa Primordial Jade Winged-Spear pada kondisi tertentu.

Salah satu senjata Battlepass, yaitu Deathmatch, merupakan salah satu senjata bagus yang mudah didapatkan. Senjata ini memiliki substat Crit Rate dan efek pasif yang cocok untuk Xiao. Kelemahan dari senjata ini hanyalah base Attack-nya yang relatif kecil, bila dibandingkan dengan polearm bintang 4 lainnya.

sumber: Genshin Impact

Dirilis bersamaan dengan rerun Xiao, Calamity Queller secara mengejutkan cocok dipakai Xiao. Senjata ini memiliki base Attack yang paling tinggi, yang dapat dimaksimalkan Xiao melalui Elemental Burst-nya, dan juga tambahan Elemental damage dari efek pasifnya.

Untuk Vortex Vanquisher, Anda membutuhkan setidaknya satu karakter shielder untuk mengakses efek pasifnya. Skyward Spine juga cocok untuk Xiao, karena senjata ini memberikan sedikit Crit Rate, dan juga Energy Recharge untuk Xiao. Hanya saja senjata ini cenderung memberikan damage yang lebih kecil dibandingkan senjata bintang 5 lainnya.

Selain beberapa mekanik yang menjadi kelemahan Xiao, salah satu kendala yang ia miliki adalah pilihan yang minim untuk senjata F2P. Untuk senjata F2P terbaik, Anda bisa memakai Blackcliff Pole. Sebagai alternatif Anda bisa memakai Lithic Spear, Favonius Lance, dan White Tassel.

Untuk mendapatkan Blackcliff Pole, pemain harus menukarkan sejumlah Masterless Starglitter pada Paimon’s Bargains, menjadikannya senjata yang membutuhkan waktu untuk didapatkan. Belum lagi rotasinya di shop setiap dua bulan sekali.

Untuk Lithic Spear, pemain harus memakai 3 karakter Liyue lain, untuk mendapatkan efek maksimal dari senjata ini. Hal tersebut menyebabkan team-building yang tidak fleksibel, hanya demi mendapatkan sedikit tambahan damage. Favonius Lance dan White Tassel dapat Anda pakai, apabila Anda benar-benar tidak memiliki senjata-senjata yang telah disebutkan sebelumnya.

Komposisi Tim

Salah satu keunggulan Xiao adalah kefleksibelannya saat membentuk tim untuk dirinya. Ia tidak memerlukan sebuah karakter yang spesifik, sehingga memudahkan pemilihan anggota tim. Karakter yang akan menemani Xiao, ditentukan dari kondisi yang ia hadapi, dan juga karakter yang setiap pemain miliki.

Berikut ini merupakan beberapa contoh komposisi tim yang dapat dipakai oleh Xiao:

Tim ini merupakan tim yang paling populer untuk Xiao. Tim tanpa reaksi ini sangat memanjakan Xiao, mulai dari Elemental Resonance, healing, shielding, dan juga tambahan damage dari Albedo. Kelemahan dari tim ini adalah, tim ini membutuhkan karakter bintang 5 yang banyak, dan dua di antaranya merupakan karakter limited.

Selain Geo, Elemental Resonance yang cocok untuk Xiao adalah Cryo. Dengan memanfaatkan tambahan Crit Rate saat menyerang musuh yang terkena status Cryo, Xiao dapat memberikan damage yang besar secara konsisten. Anda bisa memakai Shenhe untuk mengaplikasikan Cryo dan memberikan tambahan damage dari Plunge Attack. Sebagai alternatif, Anda bisa memakai Rosaria atau Ganyu untuk memberikan efek Cryo.

Untuk healer, Anda bisa memakai antara Diona atau Sayu. Jika Anda memilih Diona, maka Anda bisa memaka Sucrose sebagai battery, dan jika Anda memilih Sayu atau Jean, maka Anda bisa memakai Rosaria atau Ganyu.

Ada yang kurang jika membahas Xiao tanpa Bennet dan Pyro Resonance. Tim ini sebenarnya memodifikasi National Team, dengan mengganti Xingqiu dengan Xiao. Tim ini memiliki sinergi antar karakter yang tinggi.

Bennet berfungsi sebagai healer dan juga meningkatkan Attack dari Xiangling dan Xiao. Lalu Xiangling akan memberikan damage tambahan dari raw damage yang ia hasilkan, dan Sucrose akan berperan sebagai baterai Anemo, pengguna Thrilling Tales of Dragon Slayer, dan juga sebagai pemegang artefak Viridescent Venerer yang akan mengurangi resistance Pyro.

Cara memakai tim ini adalah dengan mengaktifkan Elemental Burst Bennet, Xiangling, lalu Xiao secara berurutan. Damage yang dihasilkan akan berasal dari raw damage dari Xiao & Xiangling, dan juga ada tambahan damage sedikit dari reaksi Pyro Swirl.

Tips Xiao Genshin Impact

sumber: Genshin Impact

Berikut ini merupakan beberapa tips yang bisa Anda gunakan:

1. Salah satu keunggulan Xiao dibandingkan karakter lain adalah, ia memiliki 2 charge Elemental Skill, dan masing-masing memberikan partikel Anemo yang cukup banyak.

Namun entah mengapa, miHoYo mendesain Xiao untuk tidak menghasilkan partikel energi, saat Burst-nya sedang aktif. Maka dari itu, sebaiknya Elemental Skill Xiao dipakai saat ia sedang tidak dalam mode Elemental Burst, dan saat sedang mengumpulkan energi.

2. Selain meningkatkan Normal, Charged, dan Plunge Attack, Elemental Burst-ny akan memampukan Xiao untuk melompat sangat tinggi. Kemampuan ini dapat dimanfaatkan oleh Xiao, untuk menghindari serangan tertentu, seperti serangan masif Maguu Kenki, yang dapat mematikan karakter dalam waktu sekejap. Anda bisa melompat terlebih dahulu, lalu melakukan gliding sebentar untuk menghindarinya, setelah itu Anda bisa melanjutkan Plunge Attack.

sumber: Genshin Impact

3. Ada beberapa karakter yang secara teori cocok untuk Xiao, namun pada prakteknya, memiliki beberapa kendala. Contoh karakter-karakter tersebut adalah:

Venti: Sang Anemo Archon ini secara teori dapat menyedot musuh menjadi satu, lalu ditutup dengan Elemental Burst Xiao. Namun kenyataanya, jangkauan Plunge Xiao tidak dapat mengenai musuh yang terhisap ke Black Hole milik Venti.

Ada sedikit trik mengenai Burst Venti untuk Xiao. Jika Anda dapat menaikkan level Venti sekitar level 50-60, maka Venti dapat menyedot musuh, namun tidak sampai mengangkat mereka. Namun, apakah worth mengkerdilkan level dan damage Venti, hanya untuk Xiao?

sumber: Genshin Impact

Raiden Shogun: Kemampuannya sebagai baterai universal dan juga dapat memberikan damage off-field, secara teori sangat cocok untuk Xiao. Namun kenyataanya, Raiden Shogun membutuhkan field time setidaknya 5-6 detik untuk mengisi energi. Hal ini akan mengganggu rotasi tim Xiao, karena downtime Elemental Burst Xiao yang hanya sekitar 3 detik.

Belum lagi energi yang diberikan Raiden Shogun bersifat flat energy, yang tidak bergantung pada Energy Recharge Xiao, sehingga Raiden Shogun tidak bisa menjamin pengisian energi Xiao secara optimal. Maka dari itu, lebih baik menggunakan Anemo battery, seperti Jean dan Sucrose untuk mengisi energi Xiao.

Penutup

sumber: Genshin Impact

Xiao masih menjadi salah satu powerhouse di Genshin Impact. Kemampuannya menghasilkan damage Area yang tinggi dalam waktu yang panjang, menjadikannya salah satu karakter yang mampu bersaing dengan karakter DPS lainnya.

Seiring berjalannya waktu, banyak hal yang mulai ditambahkan di Genshin Impact, mulai dari mekanik world yang baru, hingga jenis musuh yang memiliki berbagai kemampuan aneh. Setelah setahun berlalu, Xiao tetaplah menjadi DPS yang kuat, hanya saja hal tersebut tidak didukung oleh beragam jenis musuh dan situasi yang dihadapi pemain.

Play video

20 August 2021

HY ESPORTS - KOMUNITAS CASTER PUBGM

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada ...

Others from #HybridTV