Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

Build Terbaik Sangonomiya Kokomi Genshin Impact: Senjata, Komposisi Tim, dan Tips

26 September 2021Daniel Hamiaz

The wait is over my kkomrade. - Sangonomiya Kokomi.

Sangonomiya Kokomi atau Kokomi adalah karakter baru Genshin Impact di versi 2.1, yang dirilis bersamaan dengan Raiden Shogun dan Kujou Sara. Ia merupakan sang pendeta suci di pulau Watatsumi, sekaligus pemimpin dari pemberontak, yang melawan Vision Hunt Decree di Inazuma.

Kehadirannya memicu pro dan kontra di komunitas Genshin Impact. Di satu sisi, Kokomi memiliki gameplay yang unik, namun di sisi lain ia tidak dapat memberikan manfaat lain selain heal dan damage yang dihasilkan tidak seberapa. Jika demikian, bagaimanakah cara memaksimalkan potensi Kokomi?

Overview

Saat membahas Kokomi, perlu diurai apa saja yang ia tawarkan sebagai karakter. Ia dirilis dengan predikat support healer oleh miHoYo. Maka dari itu, fokus utama Kokomi adalah seberapa baik dan efektif ia memulihkan karakter lain.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai skill Kokomi, ada baiknya kita membahas terlebih dahulu apa yang ia miliki sebagai karakter. Sangonomiya Kokomi merupakan karakter berelemen Hydro dengan senjata catalyst.

Hydro merupakan salah satu elemen yang inti, namun tidak didukung dengan jumlah karakter yang sedikit.

Karakter Hydro

Elemen Hydro merupakan elemen yang penting di Genshin Impact, karena dapat mengakses reaksi elemen seperti Vaporize, Freeze, dan Electro-Charged. Reaksi-reaksi tersebut sering dipakai di berbagai komposisi tim.

Namun yang menjadi masalah adalah kelangkaan karakter Hydro di Genshin Impact. Sampai saat ini, karakter Hydro hanya ada 5 dari 41 karakter playable. Selain Kokomi, karakter Hydro lain adalah Tartaglia, Mona, XIngqiu, dan Barbara.

Selain Barbara yang bisa didapatkan secara gratis, karakter Hydro lain tidak semudah itu didapatkan, apalagi bila baru bermain Genshin Impact. Xingqiu bisa didapatkan dari banner mana saja. Berbeda dengan Xingqiu, Tartaglia hanya bisa didapatkan dari limited banner yang telah ditentukan oleh miHoYo, sedangkan Mona dari standard & limited banner dengan rate yang random.

Dengan kata lain, apabila seorang pemain belum memiliki Mona, Tartaglia atau bahkan Xingqiu, Kokomi bisa menggantikan tugas mereka di tim sebagai enabler Hydro. Kecuali Anda cukup nyaman memakai Barbara untuk mengaplikasikan Hydro.

Pada Spiral Abyss, memiliki 2 karakter Hydro di kedua party akan memudahkan pemain dalam membentuk tim yang diinginkan. Banyak karakter kuat di Genshin Impact yang bergantung atau membutuhkan karakter Hydro di tim mereka, seperti Hu Tao, Ayaka, Xiangling, Ganyu, dan lainnya.

Kit Overview

Sebagai healer, kemampuan Kokomi untuk memulihkan anggota tim sangat baik. Elemental Skill Kokomi akan memanggil Bake-Kurage yang akan memberikan heal kepada tim sekaligus damage Hydro kepada musuh sekitar.

Elemental Burst Kokomi akan memberikan buff untuk Normal Attack, Charged Attack, dan Elemental Skill-nya. Skill ini juga akan me-refresh durasi Bake-Kurage. Skill inilah yang menjadikan Kokomi terkesan ‘nyeleneh’ jika dibandingkan dengan support atau healer lainnya.

Walaupun Elemental Burst-nya memberikan power-up kepada Kokomi, damage yang ia hasilkan tidak terlalu besar, begitu pula dengan Bake-Kurage saat Burst aktif. Hal ini disebabkan oleh talenta pasifnya yang memberikan Kokomi Healing Bonus dengan bayaran -100% Crit rate. Selain itu Energy Cost-nya yang tinggi, juga membuatnya perlu penyesuaian di komposisi tim dan Artefak.

Artefak

Untuk healer, artefak terbaik untuk Kokomi adalah 4Tenacity of the Millelith. Artefak ini memiliki sinergi yang baik, karena dapat menambah Attack, Shield Strength dan memberikan heal untuk satu tim saat menggunakan Elemental Skill. Jika Anda membutuhkan heal yang lebih besar, Anda bisa memakai 4 Maiden’s Beloved.

Untuk Main DPS atau enabler, Anda dapat memakai 4 Heart of Depth. Artefak ini dapat memberikan damage ekstra saat Kokomi memakai Normal & Charged Attack-nya. Untuk artefak alternatifnya, Anda dapat memakai antara 2 Tenacity of the Millelith, 2 Heart of Depth, atau 2 Maiden’s Beloved.

Dikarenakan healing Kokomi dihitung berdasarkan HP & Healing Bonus, dan juga Crit rate yang minus 100%, ia hanya butuh stat HP, Healing Bonus, dan Energy Recharge saja. Pemilihan main stat artefak Kokomi, bergantung pada kebutuhan Anda dan sub stat artefak tersebut.

Main Stat yang dicari: HP% ; Hydro Damage Bonus/HP% ; Healing Bonus/HP%.

Sub-stat yang dicari: HP%>Energy Recharge>flat HP

Senjata

Sebagai pemegang catalyst, senjata yang direkomendasikan untuk Kokomi adalah Thrilling Tales of the Dragon Slayer. Selain mudah didapatkan, senjata bintang 3 ini dapat memberikan buff kepada salah satu main DPS atau sub DPS Anda.

Untuk senjata alternatif, Anda dapat memakai Prototype Amber, Sacrificial Fragments, atau Everlasting Moonglow.

Sacrificial Fragments dapat me-refresh Elemental Skill Kokomi. Perlu diingat bahwa saat memakai kembali Skill yang telah ter-refresh saat masih ada Bake-Kurage di arena, maka Bake Kurage sebelumnya akan hilang, lalu digantikan dengan Bake-Kurage baru.

Berbeda dengan Thrilling Tales of the Dragon Slayer yang memberi buff kepada satu karakter saja, Prototype Amber dapat memberikan heal dan Energi ekstra untuk satu tim, saat Kokomi mengaktifkan Elemental Burst.

Bila Anda memiliki Everlasting Moonglow, Anda dapat memakainya, karena senjata tersebut memang didesain untuk Kokomi. Sebagai catatan, senjata ini hanya menambahkan damage dari Normal Attack saja, sedangkan Charged Attack tidak.

Komposisi Tim

Sebagai healer, Kokomi dapat ditaruh di tim yang Anda inginkan. Ia dapat digunakan di tim yang membutuhkan reaksi elemental maupun tidak. Selain itu ia dapat menambahkan damage tim bila memakai 4 Tenacity of the Millelith.

Kokomi dapat digunakan pada tim Freeze. Salah satu komposisi tim Freeze yang populer adalah Morgana. Tim tersebut diisi oleh Ganyu, Mona, Venti, dan Diona.

Untuk tim ini, Kokomi dapat menjadi Hydro enabler sekaligus healer, sehingga ia dapat menggantikan tugas Mona dan DIona dan menghemat 1 slot party. Slot tersebut bisa diisi dengan sub DPS Cryo lain, seperti Rosaria, Aloy atau Kaeya. Ganyu juga bisa digantikan dengan Ayaka.

Anda dapat memasangkan Kokomi dengan Xiangling. Tim ini mengambil konsep reverse Vaporize milik Tartaglia dan Xiangling , dengan Kokomi yang menggantikan posisi Tartaglia. Walaupun damage Kokomi tidak sebesar Tartaglia, namun tugasnya di sini hanyalah memberikan status Hydro kepada musuh. Hal ini memungkinkan slot lain diisi dengan sub DPS lain. Contoh karakter lain yang bisa dimasukkan adalah Sucrose dan Bennet.

Kokomi juga dapat bermain di komposisi tim Taser atau tim yang memanfaatkan reaksi Electro-Charged. Sama seperti tim Vaporize di atas, disini Kokomi akan menjadi Hydro enabler pengganti Tartaglia atau Xingqiu. Sebagai contoh Anda bisa memakai 2 karakter Electro, antara Fischl, Beidou, atau Raiden Shogun, dan 1 karakter Anemo, seperti Sucrose, Venti, Kazuha atau bisa diisi juga dengan Xingqiu.

sumber: Genshin Impact

Tips

Berikut ini merupakan beberapa tips yang bisa Anda gunakan:

-Saat memanggil Bake-Kurage, skill tersebut tidak dapat dipindah sampai durasinya habis. Jadi Anda perlu hati-hati dengan lokasi pemanggilannya. Hal ini akan sangat merepotkan saat melawan tipe musuh yang lincah dan sering berpindah tempat.

-Dengan HP yang besar serta kemampuannya sebagai healer, Kokomi dapat digunakan sebagai tank. Jadi saat Anda akan terkena serangan kuat yang tidak dapat dihindari, Anda bisa mengganti karakter Anda dengan Kokomi, sehingga ia dapat menyerap damage tersebut.

-Walaupun 4 Noblesse Oblige dapat memberikan tambahan damage Elemental Burst, namun artefak tersebut tidak cocok dengan Kokomi, baik sebagai DPS atau support. Artefak tersebut tidak akan menambah damage Burst Kokomi, karena Elemental Burst-nya yang bersifat buff. Selain itu artefak tersebut juga tidak cocok dengan Kokomi support, karena energy cost-nya yang tinggi sehingga sulit untuk di-spam.

sumber: Genshin Impact

Penutup

Hadirnya Kokomi di Genshin Impact membuka cara baru bagaimana untuk memainkan dan membangun sebuah karakter. Namun unik saja tidak cukup. Posisi Kokomi sebagai healer saat ini berada di suatu kondisi yang aneh.

Sampai saat ini, tantangan yang ada di Genshin Impact kebanyakan berupa time trial, yaitu tantangan yang mengharuskan pemain untuk menyelesaikan sesuatu dalam jangka waktu yang telah ditentukan, seperti Spiral Abyss atau beberapa event seperti Hypostatic Symphony dan variannya.

Sedangkan untuk posisi healer sendiri, terdapat karakter healer lain, yang selain memberikan heal, dapat memberikan buff, partikel energi, sampai Elemental Resonance, seperti Bennet, Jean, dan Diona. Jadi sebagai healer, Anda bisa menentukan karakter mana yang dapat memenuhi kebutuhan Anda.

Play video

20 August 2021

HY ESPORTS - KOMUNITAS CASTER PUBGM

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV