Build Nilou Genshin Impact Terbaik: Artifact, Senjata, Komposisi Tim, dan Tips

"To the world, you're invisible. It never stops to notice you. So you stand up, you leap and twirl, and you show them through dance!" - Nilou

Karakter Hydro di Genshin Impact bukan lagi menjadi sebuah kemewahan di Genshin Impact, karena jumlahnya yang kini dianggap cukup banyak, sehingga pemain tinggal memilih karakter mana yang ia sukai.

Namun Nilou dirilis dengan keistimewaan khusus, yang tidak dimiliki karakter Hydro lain, yaitu modifikasi reaksi dan mekanik. Sekuat dan sebagus apakah perubahan tersebut? Simak ulasannya berikut ini.

 

Build Nilou Genshin Impact Terbaik

 

Overview Gameplay Nilou

Nilou merupakan karakter B5 Hydro dengan senjata sword, yang didefinisikan sebagai karakter DPS off-field dan support. Gameplay-nya didesain khusus untuk bermain di dalam tim Bloom. Dengan begitu, Nilou menjadi karakter pertama yang memiliki modifikasi terhadap reaksi elemen. Ia mampu mengubah reaksi Bloom dengan menghasilkan Dendro Cores spesial yang disebut dengan Bountiful Cores.

Perbedaan Bountiful Cores dengan Dendro Cores biasa adalah ledakan Dendro DMG yang jauh lebih cepat dan dengan cakupan yang lebih luas. Selain itu, Bountiful Cores tidak bisa bereaksi dengan Electro (Hyperbloom) dan Pyro (Burgeon).

Permainan Nilou berfokus di penggunaan Elemental Skill-nya, yang akan memberikan buff untuk karakter aktif agar bisa menghasilkan Bountiful Cores. Elemental Burst-nya akan menciptakan ledakan Hydro DMG, yang akan memberikan Hydro DMG dengan area yang besar, yang disertai dengan aplikasi Hydro secara bertahap.

Sayangnya, kekuatan Bountiful Cores ini sangat dibatasi oleh talenta pasif yang mengatur isi komposisi tim. Untuk menghasilkan Bountiful Cores, komposisi tim yang diperbolehkan hanya berisikan karakter dengan elemen Dendro dan Hydro saja.

Walau demikian, Nilou sebagai karakter Hydro masih bisa dimanfaatkan sebagai Hydro enabler layaknya karakter Hydro lain. Namun karena persyaratan yang telah disebutkan tadi, performanya tidaklah lebih baik dibandingkan dengan karakter Hydro lainnya.

Elemental Skill - Dance of Haftkarsvar

Saat diaktifkan, Nilou akan memberikan Hydro DMG berdasarkan maksimum HP kepada musuh terdekat. Setelah itu, ada dua jalur yang bisa pemain ambil, yaitu:

1. Sword Dance (Elemental Skill -> Normal Attack)

Normal Attack Nilou akan menghasilkan Hydro DMG. Serangan terakhir yang dilancarkan Nilou saat efek ini aktif akan menghasilkan serangan Hydro linear ke depan.

Nilou tidak dapat melakukan Charged Attack saat berada pada status ini. Efeknya juga akan hilang, saat Nilou meninggalkan arena.

2. Whirling Steps (Elemental Skill -> Elemental Skill lagi)

Nilou akan mengeluarkan cincin air, yang akan mengikuti karakter aktif. Musuh yang terkena cincin ini akan terkena status Wet.

Elemental Burst - Dance of Abzendegi: Distant Dreams, Listening Spring

Saat diaktifkan, Nilou akan memberikan Hydro DMG area berdasarkan maksimum HP dan akan memberi tanda kepada musuh yang terkena. Setelah beberapa detik, tanda tersebut akan menghasilkan Hydro DMG kepada musuh yang telah ditandai.

Talenta Pasif 1: Court of Dancing Petals

Talenta ini hanya aktif jika karakter di dalam tim hanya berisikan karakter Dendro atau Hydro, dengan setidaknya satu karakter dari masing-masing elemen.

Saat Nilou berhasil melancarkan serangan terakhir saat berada pada status Sword Dance (dari Elemental Skill), setiap karakter akan menerima buff Golden Chalice’s Bounty selama 30 detik.

Karakter yang menerima buff ini akan mendapatkan +100 EM selama 10 detik ketika mereka terkena serangan Dendro. Saat memicu reaksi Bloom, Dendro Cores yang tercipta akan menjadi Bountiful Cores.

Bountiful Cores akan meledak dengan cepat setelah tercipta dan mereka memiliki AoE yang lebih besar. Bountiful Cores tidak dapat memicu reaksi Hyperbloom dan Burgeon, dan juga memiliki batas maksimum yang sama dengan Dendro Cores lain (6).

Talenta Pasif 2: Dreamy Dance of Aeons

Setiap 1000 HP Nilou yang di atas 30 ribu, damage dari Bountiful Cores yang dihasilkan akan bertambah 9%. Jumlah maksimum bonus damage yang dipengaruhi efek ini adalah 400%.

Talenta Pasif 3: White Jade Lotus

Saat mendapatkan Perfect Cooking saat memasak makanan bertipe Adventure, ada peluang 12% untuk mendapatkan hasil ganda.

Artifact Nilou

Untuk Artifact Nilou, belum ada pilihan 4-pc Artifact yang terbaik untuk Nilou hingga versi 3.1. Walau begitu, Anda cukup memakai kombinasi Artifact antara 2-pc Tenacity of the Millelith, 2-pc Gilded Dreams, 2-pc Wanderer's Troupe, atau 2-pc Emblem of Severed Fate. Atau jika Anda memiliki 4-pc Gilded Dreams dengan substat yang bagus, Anda bisa memakaikannya untuk Nilou. Prioritaskan substat terlebih dahulu, barulah set bonus-nya.

Main stat yang dicari:

  • Sands: HP%.
  • Goblet: HP%.
  • Circlet: HP%.

Prioritas sub stat:  HP% > Energy Recharge% > Elemental Mastery > Crit Rate/DMG%.

Senjata

Untuk bagian senjata akan dibagi menjadi dua bagian, yaitu senjata terbaik dan senjata F2P terbaik.

Senjata terbaik untuk Nilou adalah Key of Khaj-Nisut, senjata signature yang memang didesain untuk mendukung gameplay-nya. Senjata ini akan memberikan HP yang banyak melalui substat dan efek pasifnya. Selain itu, senjata ini juga mampu memberikan Elemental Mastery kepada satu tim, berdasarkan jumlah HP yang dimiliki Nilou.

Sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan senjata seperti Primordial Jade Cutter, Freedom-Sworn, Xiphos' Moonlight, Haran Geppaku Futsu, dan Mistsplitter Reforged.

Jika menggunakan Primordial Jade Cutter, Haran Geppaku Futsu dan Mistsplitter Reforged, Nilou sebaiknya lebih mengutamakan stat ATK, Crit Rate, dan Crit DMG, karena substat dan efek pasif ketiga senjata tersebut yang akan meningkatkan damage personal Nilou.

Ada sejumlah pilihan senjata F2P yang bisa Anda gunakan. Senjata-senjata tersebut antara lain adalah Iron Sting, Sacrificial Sword, Festering Desire, Favonius Sword, Sapwood Blade.

Perlu diingat bahwa efek pasif dari Iron Sting hanya meningkatkan damage personal Nilou saja, dan tidak akan meningkatkan damage dari Bountiful Cores, sehingga refinement untuk senjata ini tidak diperlukan.

Komposisi Tim

Berikut ini beberapa contoh komposisi tim Nilou yang bisa Anda gunakan:

Ada dua format tim Bloom yang bisa Nilou pakai. Yang pertama adalah tim Bloom yang beranggotakan 2 Hydro dan 2 Dendro. Contoh komposisi tim yang diberikan adalah Nilou, Kokomi atau Barbara sebagai healer, Dendro MC, dan Collei.

Format tim Bloom yang kedua adalah dengan menggunakan 3 karakter Dendro dan Nilou. Hingga versi 3.1, memang baru ada 3 karakter Dendro saja yang ada di Genshin Impact. Dengan demikian, isi dari tim ini tentunya adalah Nilou, Tighnari, Dendro MC, dan Collei.

Di tim ini, Bountiful Cores akan hampir selalu dihasilkan oleh Nilou atau Tighnari. Dengan demikian, Elemental Mastery dari kedua karakter tersebut bisa lebih difokuskan, karena penghitungan damage Bountiful Cores yang dihitung berdasarkan stat karakter pemicunya.

Sayangnya di tim ini, tidak adanya karakter healer akan cukup membahayakan karakter Anda. Selain itu, partikel Hydro yang dihasilkan juga lebih sedikit dibandingkan dengan tim Bloom sebelumnya, yang menyebabkan frekuensi penggunaan Elemental Burst Nilou yang lebih rendah. Untungnya, Nilou tidak terlalu membutuhkan Elemental Burst untuk meningkatkan damage Bountiful Cores.

 

Di luar tim Bloom, Nilou sebenarnya masih bisa digunakan, walau memang tidak lebih baik dibandingkan dengan karakter Hydro lain. Contoh tim yang bisa ia perkuat adalah tim Taser. Contoh komposisi tim yang diberikan adalah Nilou, Xingqiu/Yelan, Kazuha, dan Fischl. Dengan adanya Hydro Resonance, damage dari Nilou dan Yelan tentu akan meningkat.

Ada juga tim Freeze, yang bisa Nilou bantu. Selain radius cincin air yang dimiliki Nilou cukup besar, aplikasi Hydro-nya pun tergolong cepat. Mirip barbara, cincin air Nilou hanya akan memberikan status Wet, tanpa adanya damage Hydro yang diberikan jika mengenai musuh. Namun, aplikasi Hydro Nilou lebih cepat dibandingkan Barbara

Tips Nilou Genshin Impact

Berikut ini merupakan beberapa tips yang bisa Anda gunakan:

  1. Saat menggunakan Elemental Skill, Normal Attack yang dilakukan oleh Nilou saat status SwordDance akan dihitung sebagai Elemental Skill. Dengan demikian, karakter seperti Beidou tidak memiliki sinergi yang bagus dengan Nilou, karena Elemental Burst Beidou hanya bisa dipicu oleh Normal Attack karakter aktif. Mekanik ini mirip dengan Normal Attack Raiden Shogun, yang Normal Attack-nya dihitung sebagai Elemental Burst.

  2. Penggunaan karakter healer di tim Nilou cukup penting, karena sifat friendly fire dari Bountiful Cores. Karena ledakan yang dihasilkan Bountiful Cores cukup cepat, terkadang Anda perlu memperhatikan HP dari karakter aktif Anda.

Untungnya karena Nilou memanfaatkan stat HP sebagai damage, maka ia lebih kuat menahan damage dari Bountiful Cores dibandingkan dengan karakter lain. Sayangnya, karakter Dendro dengan role healer masih belum ada hingga versi 3.1, sehingga tim Bloom Nilou masih harus bergantung kepada karakter Hydro healer seperti Kokomi atau Barbara.

Penutup

Walaupun terkesan niche, kekuatan Nilou sebenarnya masih belum dapat ditakar sepenuhnya. Karena pilihan karakter Dendro yang terbatas hingga versi 3.1, kekuatan Nilou masih akan terus berkembang, seiring rilisnya karakter-karakter Dendro dan Hydro selanjutnya. Apalagi, kebutuhan atas karakter Dendro healer, juga akan membuka variasi tim Nilou yang pada dasarnya tidak terlalu banyak.

Itulah tadi tips build Nilou Genshin Impact terbaik yang bisa Anda praktekkan sendiri. Selamat mencoba!