20 October 2022

by Yubian Asfar

Game Blockchain Captain Tsubasa Rivals Resmi Diumumkan

Game ini menjadi yang pertama membawa konsep NFT di franchise game Captain Tsubasa

Pasar game blockchain kembali kedatangan judul game terbaru besutan Thirdverse Group dan Blocksmith, yaitu Captain Tsubasa Rivals. Benar, anime yang terkenal dengan gaya bermain sepak bolanya yang khas tersebut juga resmi terjun ke ranah game berbasis blockchain.

Captain Tsubasa sendiri memiliki sejarah yang panjang sebagai salah satu anime dengan jajaran game yang bervariasi, yang bahkan sudah ada dari seri PlayStation pertama.

Sumber: Twitter @TsubasaRivalsEN

Kini Captain Tsubasa Rivals hadir sebagai game berbasis blockchain yang bisa Anda mainkan di smartphone pada akhir tahun 2022. Game tersebut baru saja diumumkan oleh pihak Thirdverse Group dan Blocksmith, dengan perkiraan Desember 2022 sebagai waktu perilisannya.

Nantinya game Captain Tsubasa Rivals akan menjadi jenis permainan smartphone dengan gaya baru yang memberi pemainnya kesempatan untuk bersaing dengan pemain lain menggunakan karakter dari seri anime aslinya. Para pemain juga bisa menukar potongan item yang diperoleh melalui pertandingan melawan pemain lain dengan imbalan hadiah.

Semua karakter dalam game ini akan diperlakukan sebagai generative NFT yang artinya tidak ada dua pemain/karakter yang akan sama, meskipun mereka yang memiliki nama yang sama. Alasannya karena semua kartu secara otomatis dibuat oleh program yang berisi gambar dan parameter yang berbeda.

Sumber: Twitter @TsubasaRivalsEN

Kunci untuk memenangkan pertandingan di game Captain Tsubasa Rivals adalah dengan merumuskan strategi seputar gerakan dan atribut khusus pemain, lalu mengembangkan pemain Anda sendiri dengan sistem generative NFT tersebut.

Dengan menggunakan token utilitas yang disebut "TSUBASAUT", yang dapat diperoleh dalam mode pertandingan PvE, maka pemain dapat mengembangkan karakter dan menjualnya melalui marketplace yang ada di dalam game.

Sumber: Twitter @TsubasaRivalsEN

Teknologi BGM generatif juga telah diimplementasikan, yang artinya musik di dalam game juga akan dihasilkan secara otomatis melalui kombinasi program, seperti halnya generative NFT tadi. Kedengarannya unik? Tentu saja karena pihak pengembang game melakukan kolaborasi langsung dengan musisi terkenal asal Jepang yaitu Shinichi Osawa (Mondo Grosso).

Diharapkan game ini menjadi langkah mudah untuk memberikan pengalaman NFT kepada para pemain awam, apalagi mengingat mekanisme dari Captain Tsubasa Rivals yang akan datang memang lebih unik dan penyajiannya pun berbeda.

Tentu game ini juga memiliki penjelasan mendalam tentang aturan kartu, rarity, dan keterampilan, sebab ada aspek ekonomi yang penting dari permainan NFT, yaitu keseimbangan harga dan batas penarikan (jumlah).

Sumber: Twitter @TsubasaRivalsEN

Ada banyak mode permainan lainnya yang tersedia di Captain Tsubasa Rivals sesuai yang direncanakan, seperti dari mode PvE dan PvP. Banyak informasi lebih lanjut yang akan diumumkan seperti roadmap pengembangan game dan waktu perilisannya.

Bagi yang ingin mengikuti perkembangannya, Anda bisa cek akun Twitter Captain Tsubasa Rivals di sini.