3 June 2023

by Daniel Hamiaz

Build Kaveh Genshin Impact Terbaik: Artifact, Senjata, Komposisi Tim, dan Tips

"Dont spend all your savings on your hobbies. You definitely don't want to end up borrowing money in a moment of impulsivity. Living with debt is miserable ..." - Kaveh

Meski dirilis sebagai karakter B4, Kaveh sebenarnya menawarkan peran sebagai karakter enabler yang cukup baik, khususnya jika dibandingkan dengan karakter Dendro B4 lain yang sudah terlebih dahulu dirilis.

Kaveh yang merupakan seorang arsitek, juga sering muncul dalam beberapa kesempatan, dan interaksinya dengan karakter lain selalu berhasil menarik perhatian.

Jadi, bagaimanakah cara bermain Kaveh di Genshin Impact? Simak penjelasannya berikut ini:

Build Kaveh Genshin Impact Terbaik

Overview Gameplay Kaveh

Kaveh merupakan karakter B4 Dendro dengan senjata claymore. Cara bermainnya lebih condong ke arah enabler/driver, namun masih bisa dimainkan sebagai DPS off-field seperti karakter lain.

Kaveh memiliki mekanik unik, yang dapat memanipulasi reaksi Bloom agar bisa meledakkan Dendro Cores lebih cepat dari seharusnya. Reaksi Bloom sendiri merupakan sebuah reaksi Dendro yang saat ini hanya bisa dimainkan secara maksimal oleh tim Nilou saja. Sisanya, tim yang memanfaatkan Dendro Cores lebih condong memanfaatkan reaksi Hyperbloom dan Burgeon. Dengan begitu, permainan Kaveh dapat dikatakan memiliki kemiripan dengan Nilou.

Sayangnya, pada praktiknya kemampuan unik Kaveh tersebut tidaklah sebaik teorinya. Dengan kemampuan Elemental Skill-nya yang memang mampu meledakkan semua Dendro Cores yang ada di sekitarnya, tentu cara paling efisien adalah dengan meledakkan Dendro Cores sebanyak-banyaknya dalam satu kali pemakaian Elemental Skill.

Namun dengan mekanik Damage Sequence yang diterapkan di Genshin Impact, musuh hanya bisa menerima damage ledakan dari maksimal 2 Dendro Cores saja dalam satu waktu. Dengan begitu, Kaveh akan kesulitan untuk menghasilkan damage yang tinggi jika mengandalkan damage dari reaksi Bloom saja.

Selain itu, Kaveh memiliki talenta pasif unik lain, yang akan memulihkan HP-nya berdasarkan Elemental Mastery-nya, ketika ia menerima damage dari ledakan Dendro Cores. Hal ini akan cukup membantu ketahanan Kaveh di tim Bloom, khususnya Nilou Bloom, karena sifat reaksi Bloom yang friendly fire. Tidak jarang di dalam tim tersebut, karakter bisa mati terlebih dahulu sebelum berhasil menyelesaikan tantangan akibat ledakan dari Dendro Cores.

Dengan dibekali kemampuan self-sustain tersebut, Kaveh memiliki kekuatan tersendiri di dalam tim Bloom atau Burgeon yang dapat melukai tim. Ia masih bisa digunakan di tim Hyperbloom, meski kemampuan healing ini tidak akan aktif.

Selain sebagai enabler, Kaveh juga bisa dimainkan sebagai DPS on-field. Karena memiliki Dendro Infusion, cara bermainnya memiliki kemiripan dengan Alhaitham.

Prioritas Talenta: Elemental Skill > Normal Attack.

Artifact

Secara umum, Artifact terbaik yang bisa Kaveh gunakan adalah 4-pc Deepwood  Memories. Artifact ini cocok digunakan untuk build enabler maupun main DPS.

Untuk memaksimalkan damage yang dihasilkan, 4-pc Deepwood Memories bisa digunakan oleh karakter lain, lalu Kaveh bisa menggunakan 4-pc Gilded Dreams atau 4-pc Gladiator's Finale.

Sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan kombinasi antara 2-pc Deepwood Memories, GildedDreams, Wanderer'sTroupe, Emblem of Severed Fate, atau Ocean-HuedClam.

Karena playstyle-nya yang bergantung pada Dendro Infusion dari Elemental Burst-nya, maka kebutuhan Energy Recharge% Kaveh harus terlebih dahulu dipenuhi, sebelum mencari stat yang lain. Stat ER% ini bisa dikumpulkan melalui Artifact maupun senjata.

Rekomendasi ER%: 180%-200%.

Main stat yang dicari:

  • Sands: Energy Recharge% / EM (enabler) / ATK% (DPS).
  • Goblet: EM (enabler) / Dendro DMG Bonus% (DPS).
  • Circlet: EM (enabler) / Crit Rate/DMG% (DPS).

Prioritas sub stat: ER% > Elemental Mastery = Crit Rate/DMG% (tergantung build) > ATK%.

Senjata

Secara umum, Favonius Greatsword menjadi pilihan senjata terbaik untuk setiap playstyle Kaveh, karena senjata ini mampu memenuhi kebutuhan energi Kaveh, serta menghasilkan partikel energi tambahan bagi dirinya dan karakter satu tim. Hal ini juga akan membantu meringankan kebutuhan energi karakter lain.

Untuk senjata alternatif, Anda bisa menggunakan Mailed Flower, Forest Regalia, Rainslasher, MakhairaAquamarine, atau BloodtaintedGreatsword. Pilihan senjata di atas terbagi menjadi dua jenis, yaitu senjata dengan substat ER% dan EM, sehingga Anda bisa memilih mana yang Anda miliki dan butuhkan,

Jika Anda ingin Kaveh menghasilkan damage yang lebih tinggi, senjata B5 pada umumnya masih bisa digunakan sebagai statstick.

Komposisi Tim

Hadirnya Kaveh sebagai karakter Dendro, sudah pasti akan memperbanyak variasi karakter pada tim Nilou Bloom. Pada dasarnya, di tim ini Anda tinggal menggunakan 1 karakter Hydro lagi dan 1 karakter Dendro lagi. Sebagai contoh, Anda bisa menggunakan Kaveh, Nilou, Kokomi/Barbara, atau Nahida/Dendro MC/Yaoyao.

Kaveh sebagai Dendro driver juga bisa digunakan pada tim Hyperbloom atau Burgeon. Namun perlu diingat bahwa talenta pasif Kaveh hanya meningkatkan damage dari ledakan Dendro Cores saja, sehingga reaksi Hyperbloom dan Burgeon tidak akan mengalami peningkatan damage. 

Contoh tim yang bisa Anda gunakan adalah Kaveh, Xingqiu, Yelan, dan Kuki Shinobu/Thoma.

Di tim Quicken, Kaveh lebih bisa memanfaatkan reaksi ini untuk meningkatkan damage personalnya. Bersama dengan karakter Electro, Kaveh bisa membentuk sebuah tim Quicken. Contoh tim yang bisa digunakan adalah Kaveh, Fischl, Beidou, dan Nahida/Baizhu/Yaoyao.

Tips Kaveh Genshin Impact

Berikut ini merupakan beberapa tips yang bisa Anda gunakan selama meracik build terbaik untuk Kaveh:

  1. Karena kemampuan meledakkan paksa Dendro Cores milik Kaveh tidaklah terlalu signifikan, maka sebenarnya level talentanya tidak terlalu disarankan untuk ditingkatkan, khususnya Elemental Burst-nya.

Berbeda dengan karakter dengan self-infusion lainnya, Kaveh tidak mendapatkan peningkatan damage maupun multiplier dari Burst-nya. Inilah yang menjadi alasan mengapa Normal Attack-nya yang lebih pantas untuk diprioritaskan, dibandingkan dengan Elemental Burst-nya yang tidak memberikan bonus apa-apa.

  1. Meskipun Kaveh mampu memulihkan diri sendiri melalui talentanya. terkadang karakter healer masih dibutuhkan di tim, apalagi di dalam tim Nilou Bloom. Meski waktu rotasi sebagian besar akan diisi oleh Kaveh, terkadang ledakan Dendro Cores yang tidak dapat ditebak, mampu mematikan karakter lain. Dengan begitu, membawa sebuah healer akan menyelesaikan masalah ini.

  2. Ketika Kaveh meledakkan Dendro Cores secara paksa, damage yang dihasilkan oleh ledakan tersebut tetap diambil dari stat pemicunya. Jadi meski secara visual Kaveh-lah yang memicu ledakan tersebut, namun stat dan level karakter pemicunya lah yang akan diambil. Jadi, Anda tidak perlu khawatir mengenai damage yang tidak konsisten dari acaknya penggunaan stat karakter mana yang menciptakan Dendro Cores tersebut. Umumnya, karakter pemicu ini merupakan karakter Hydro selain Nilou.

Penutup

Meski secara kit Kaveh merupakan karakter yang sederhana, namun ia mampu menjadi karakter yang menawarkan manfaat tersendiri. Ia mampu memenuhi kebutuhan pemain akan karakter Dendro driver. Apalagi jika dibandingkan dengan karakter Dendro B4 lain, Kaveh menjadi karakter Dendro on-field yang bisa menghasilkan aura Dendro secara konsisten melalui Dendro Infusion-nya.

Dengan begitu, value Kaveh memiliki keunggulan tersendiri dalam tim dan kondisi tertentu, khususnya bagi pemain yang tidak memiliki pilihan karakter Dendro yang banyak.