Guide
for SEO
Guide

Build Arataki Itto Genshin Impact Terbaik: Artefak, Senjata, Komposisi Tim, dan Tips

19 December 2021Daniel Hamiaz

"The One and Oni, Arataki Numero Uno Itto, Here in the Flesh!" -Arataki Itto.

Sebelum versi 2.3, elemen Geo di Genshin Impact memiliki posisi yang agak aneh. Di satu sisi, Geo secara elemen tidak memberikan manfaat yang berarti bagi pemain, mulai dari reaksi Crystallize yang kurang bagus sampai Geo Resonance yang memiliki manfaat dan kondisi yang terlalu spesifik.

Namun di sisi lain, keberadaan Zhongli di Genshin Impact dapat mengangkat derajat elemen Geo itu sendiri. Tidak bisa dibayangkan apa yang terjadi dengan Geo, jika Zhongli tidak berelemen Geo. Walaupun demikian, tidak semua pemain memilikinya, sehingga Geo terkesan merupakan sebuah elemen yang mahal karena membutuhkan karakter yang spesifik. Ditambah lagi, damage yang dihasilkan bersifat raw damage sehingga memerlukan investasi yang besar.

sumber: Genshin Impact

Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa elemen ini terlalu defensif, menjadikannya kurang sesuai dengan kebutuhan pemain. Hal ini dikarenakan tantangan di Genshin Impact yang didominasi oleh Time Attack/Time Trial, yang mengharuskan pemain untuk menghasilkan damage sebanyak mungkin, sebelum waktu yang ditentukan habis, contohnya Spiral Abyss dan event-event yang telah lalu.

Tetapi semua mulai berubah ketika versi 2.3 datang. Berbagai buff untuk Geo dimasukkan ke dalam game, mulai dari senjata terbaik Albedo, artefak baru, sampai karakter-karakter Geo rate-up, baik rerun maupun baru. Salah satunya adalah Arataki Itto. Mengingat kondisi Geo yang telah disebutkan di atas, seberapa baguskah Arataki Itto? Apakah ia mampu memberikan sesuatu yang berbeda?

Gameplay Overview

Arataki Itto merupakan karakter bintang 5 berelemen Geo terbaru yang dirilis pada versi 2.3. DPS yang bersenjatakan claymore ini merupakan salah satu kreasi unik miHoYo. Berbeda dengan karakter claymore kebanyakan, playstyle Itto bertumpu pada Charged Attack-nya, yang jarang dimanfaatkan oleh karakter claymore lain.

Untuk menggunakan Charged Attack tersebut, pemain harus mengumpulkan stack Superlative Superstrength, dengan jumlah maksimal sebanyak lima stack. Ada beberapa cara dalam mengumpulkan stack tersebut, yaitu melalui Elemental Skill dan Attack String milik Itto. Setiap pukulan Charged Attack yang berhasil, akan meningkatkan kecepatan Charged Attack selanjutnya dan ditutup dengan serangan terakhir yang besar.

Itto merupakan karakter DPS yang tergolong selfish, karena ia diharuskan untuk tetap menjadi karakter aktif, selama durasi Elemental Burst-nya, untuk memberikan damage. Contoh karakter dengan tipe serupa adalah Xiao, Razor, Eula, Hu Tao, Yoimiya, dlsb.

Ia memiliki kelemahan yang mirip dengan Xiao, yaitu sama-sama membutuhkan energi yang banyak. Selain itu, saat Elemental Burst sedang aktif, ketahanan Itto juga akan menurun. Maka dari itu, disarankan untuk memiliki shielder atau healer pada tim Itto.

Artefak

Karena Itto merupakan karakter Geo dan memiliki scaling dari stat DEF, maka artefak terbaiknya adalah 4 Husk of Opulent Dreams. Artefak ini akan memberikan 54% DEF dan 24% Geo Damage Bonus saat Itto memiliki 4 stack. Dapat dikatakan juga bahwa artefak ini didesain untuk Itto, baik secara efek maupun estetika.

Sebagai artefak alternatif, Anda dapat memakai 4 Retracing Bolide, atau 2 Husk of Opulent Dreams & 2 Archaic Petra. Anda dapat menggunakan artefak tersebut, jika belum memiliki 4 Husk of Opulent Dreams yang sesuai.

Itto memiliki cost energi yang cukup tinggi, sehingga ia membutuhkan setidaknya 130-140% Energy Recharge. Walaupun demikian, ER tersebut bisa dicari melalui substat, dan bisa diatasi melalui komposisi tim yang tepat.

Main stat yang dicari: DEF%, Geo DMG Bonus%, Crit rate/DMG%.

Prioritas sub stat: Energy Recharge% > Crit Rate/DMG% > DEF% > ATK%.

Senjata

Untuk bagian senjata akan dibagi menjadi dua bagian, yaitu senjata terbaik dan senjata F2P terbaik.

Untuk senjata terbaik, dipegang oleh Redhorn Stonethresher. Senjata yang dirilis bersamaan dengan Itto ini didesain khusus untuk memaksimalkan potensi Itto. Senjata ini memiliki substat Crit DMG yang sangat tinggi dan efek pasifnya akan meningkatkan damage dari Normal Attack dan Charged Attack dari penggunanya.

Untuk senjata alternatifnya, Anda bisa memakai antara Serpent Spine atau claymore bintang 5 lainnya, seperti Skyward Pride, The Unforged, Wolf’s Gravestone, atau Song of Broken Pines.

Skyward Spine bisa menjadi alternatif yang cocok, karena dapat memberikan sedikit ER, menambah semua jenis DMG, dan akan menciptakan Vacuum Blade untuk menyerang musuh. Sebagai informasi, bonus Attack Speed dari Song of Broken Pines hanya mempengaruhi Normal Attack saja.

Untuk senjata F2P terbaik, Anda bisa memakai Whiteblind. Senjata ini memiliki substat DEF% yang dibutuhkan Itto dan juga dapat meningkatkan DEF% Itto lebih lagi dengan efek pasifnya.

Untuk senjata F2P alternatifnya, Anda bisa memakai antara Blackcliff Slasher, Sacrificial Greatsword, atau Prototype Archaic.

Sacrificial Greatsword memiliki keunggulan tersendiri. Dengan senjata ini, kebutuhan energi Itto akan terpenuhi, dan ia dapat menggunakan Elemental Skill sebanyak dua kali. Perlu diingat bahwa Elemental Skill Itto memiliki damage multiplier yang cukup besar, dengan cooldown yang pendek. Anda bisa menggunakan Prototype Archaic, apabila Anda tidak memiliki pilihan claymore yang lain.

Komposisi Tim

Seperti karakter Geo lainnya, Itto bisa dimasukkan ke dalam tim mono Geo, yang tidak mengandalkan reaksi elemen. Di tim ini, Anda bisa memasukkan antara Gorou, Albedo, Zhongli, Traveler Geo, atau Bennet. Jika memakai tim full Geo, Anda bisa mengakses Geo Resonance dan permasalahan energi Itto juga dapat teratasi. Hanya perlu dipastikan saja, Anda perlu memiliki karakter yang dapat menyediakan shield, seperti Zhongli, Diona, atau bahkan Thoma.

Selain tim mono Geo, Anda bisa juga memasangkan Itto dengan duet karakter Pyro yang sering digunakan, yaitu Xiangling dan Bennet. Tim ini akan mendapatkan Geo dan Pyro Resonance, yang akan meningkatkan damage tim. Untuk karakter Geo selain Itto, Anda bisa memakai antara Gorou, Albedo, atau Zhongli, yang sesuai kebutuhan Anda.

Jika Pyro Resonance meningkatkan ATK, maka tidak ada salahnya untuk mencoba Cryo Resonance yang meningkatkan Crit rate. Di tim ini, Itto dapat merasakan bonus Crit Rate dari Cryo Resonance, dan juga dari skill Rosaria yang juga menambah Crit rate untuk satu tim. Anda bisa memakai Diona untuk karakter Cryo satu lagi, yang dapat memberikan shield untuk syarat Geo Resonance, dan juga menyediakan heal.

Tips Arataki Itto Genshin Impact

sumber: Genshin Impact

Berikut ini merupakan beberapa tips yang bisa Anda gunakan:

1. Saat bermain di Spiral Abyss, efek pasif antara Serpent Spine dan Husk of Opulent Dreams kurang optimal interaksinya. Pasalnya, Serpent Spine mewajibkan karakter aktif untuk mengumpulkan stack, dengan diam beberapa saat, sedangkan stack dari Husk of Opulent Dreams akan berkurang jika pemain tidak mengeluarkan damage Geo. Hal ini dapat diatasi dengan mengambil jalan tengah (masing-masing 2 stack) atau memilih 1 di antara 2 efek tersebut. Hal ini hanya berpengaruh pada rotasi tim pertama.

2. Salah satu aspek unik yang dimiliki oleh Elemental Skill Itto adalah skill tersebut mampu memberikan partikel energi, saat Itto dalam keadaan Burst. Kemampuan tersebut tidak dimiliki karakter DPS selfish lain seperti Xiao dan Razor. Dengan demikian, akan lebih baik memakai Elemental Skill-nya, setelah mengaktifkan Elemental Burst, karena Ushi akan tetap memberikan partikel energi, dan juga stack Superlative Superstrength.

3. Kemampuan unik Itto yang lain adalah ia mampu melanjutkan Attack String, walaupun Itto melakukan dash atau memakai Elemental Skill. Hal ini dapat dimanfaatkan untuk pengumpulan stack sekaligus untuk menghindar dari serangan musuh.

Penutup

sumber: Genshin Impact

Kehadiran Arataki Itto di Genshin Impact, membuka sebuah cara bermain yang fresh. Gameplay yang sederhana, tidak mengandalkan reaksi, dan chaotic, menjadi daya pikat tersendiri bagi para pemain. Ditambah lagi, damage yang ia hasilkan juga relatif tinggi. Ia juga mampu bersaing dengan karakter-karakter DPS lain, mengingat ia terikat dengan elemen Geo.

Dapat disimpulkan, bahwa cara bermain elemen Geo sengaja didesain untuk bermain dengan karakter dengan elemen sejenis. Hal tersebut dapat dilihat dari desain gameplay dari Arataki Itto dan Gorou. Namun bukan berarti karakter Geo tidak bisa bermain dengan karakter elemen lain, hanya saja tidak semua karakter Geo tidak memiliki sinergi yang pas dengan komposisi tim lain.

Play video

20 August 2021

HY ESPORTS - KOMUNITAS CASTER PUBGM

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada ...

Others from #HybridTV