Esports Ecosystem

Blizzard Relokasi Hearthstone Masters Tour Indonesia ke Los Angeles

19 Feb 2020 | Akbar Priono
Dampak teror virus Corona, Hearthstone Masters Tour Indonesia terpaksa dipidah ke Los Angeles, walau tetap diadakan pada 20-22 Maret 2020 mendatang.

Teror virus Corona sepertinya memberi dampak cukup besar terhadap perekonomian, terutama dalam hal jadwal gelaran-gelaran besar. Dari sisi esports, salah satu dampak virus corona adalah penundaan gelaran WESG 2019 Asia Pacific CS:GO yang harusnya diselenggarakan 3 Februari 2020 kemarin. Tak hanya itu, salah satu yang juga terkena dampaknya adalah Hearthstone Masters Tour Indonesia 2020.

Seharusnya diadakan di Bali pada tanggal 20-22 Maret 2020 mendatang, gelaran Hearthstone Masters Tour Indonesia akhirnya dengan sangat berat hati dipindah ke Los Angeles. Hal ini dilakukan oleh Blizzard setelah mempertimbangkan berbagai macam hal, mulai dari faktor keselamatan, kesehatan pemain, staf, dan semua pihak yang terlihat dalam gelaran Hearthstone Masters Tour Indonesia 2020.

Sumber: AKG Games
Hearthstone Masters Tour bulan Maret depan yang seharusnya diadakan di Bali, Indonesia. Sumber: AKG Games

Namun demikian, ini tidak berdampak kepada kesempatan peserta Hearthstone Elite Series Indonesia untuk dapat melaju ke gelaran tersebut. Nantinya, 4 pemain terbaik dari Hearthstone Elite Series Indonesia akan tetap berkesempatan berangkat ke Los Angeles, Amerika Serikat, dan bertanding di dalam gelaran Hearthstone Masters Tour.

Berhubung ada perubahan lokasi event yang cukup mendadak, Blizzard sudah mempersiapkan rencana untuk menghadapi hal tersebut. Blizzard mempersiapkan dana sampai dengan US$250 (sekitar Rp3,4 juta). Uang tersebut dapat digunakan bagi para peserta yang suda lolos dan sudah terlanjur membeli tiket perjalanan ke Indonesia, agar dapat memesan ulang tiket perjalanannya ke Los Angeles.

Sebelumnya Hearthstone Masters Tour juga diadakan di Amerika Serikat, tepatnya di kota Arlington, Texas, Amerika Serikat. Pada gelaran tersebut, dua wakil Indonesia yaitu Jothree dan Ularpetarung, turut bertanding di dalamnya, namun sayang masih belum mendapat hasil yang memuaskan.

Sumber: Hearthstone Official Site
Top 8 pada gelaran Hearthstone Masters Tour Arlington. Sumber: Hearthstone Official Site

Jadwal pertandingan Hearthstone Masters Tour Los Angeles akan tetap sama, yaitu 20 – 22 Maret dan akan diadakan di NGE Studios. Terdapat lebih dari 300 peserta dari seluruh dunia, berpartisipasi untuk memperebutkan total hadiah sebesar US$3.000.000 (sekitar Rp41 juta) dan juga bundle Dragon Masters.

Kira-kira, siapa saja pemain yang akan mewakili Indonesia di dalam gelaran tersebut melalui Hearthstone Elite Series? Akankah kepercayaan diri Nexok40 bisa membawanya menuju Los Angeles? Atau akan ada pemain lain yang menunjukkan potensinya di gelaran Hearthstone Elite Series.