Esports Ecosystem

Terhadang Virus Corona, WESG 2019 Asia Pacific CS:GO Final Kembali Ditunda

27 Jan 2020 | Yudi Anggi
Pihak penyelenggara belum menentukan tanggal pasti penundaannya.

Pihak penyelenggara memutuskan untuk menunda gelaran final WESG 2019 Asia Pacific CS:GO. Hal tersebut dikarenakan penyebaran wabah virus Corona yang sedang terjadi di Wuhan, Tiongkok. Virus tersebut telah menyebabkan 17 orang meninggal dan 500 orang diisolasi. Pemerintah Tiongkok telah membatasi orang untuk bepergian selama wabah ini masih ada. Ada 16 negara yang akan bermain di final WESG Asia Pacific CS:GO. Mereka harus menunggu waktu lebih lama lagi untuk bertanding.

Sumber: Liquipedia
Sumber: Liquipedia

World Electronic Sport Games adalah gelaran turnamen esports tahunan yang diselenggarakan oleh AliSports. Beberapa game yang dipertandingan meliputi Dota 2, CS:GO, Starcraft II, dan Hearthstone. WESG pertama kali diselenggarakan pada tahun 2016 yang memiliki total hadiah sebesar US$5.500.000. Penyelenggaraan WESG sangat mengikuti Olympic Games. Karena itu, tim peserta yang mengikuti WESG harus memiliki pemain dengan kewarganegaraan yang sama untuk mewakili negara mereka.

Sumber: HLTV
Sumber: HLTV

AliSports yang memiliki base di Tiongkok, harus berhadapan dengan wabah virus Corona. Sampai saat ini, sudah ada 10 kota yang diisolasi oleh pemerintah Tiongkok.

In order to reduce unnecessary personnel flow, we decided to cancel the fourth WESG Asia-Pacific Finals originally scheduled to be held in Macau in February,” Pihak penyelenggara yang memberikan pengumuman melalui akun Weibo-nya.

Melalui website WESG, pihak penyelenggara mengumumkan bahwa mereka belum menentukan tanggal pasti penyelenggaraan acara final WESG Asia Pacific CS:GO. Mereka tidak ingin mengambil resiko untuk tetap menjalankan acara dan memilih untuk menunggu sampai wabah virus ini terselesaikan.

Seharusnya akan memakan waktu lama sampai pihak AliSports bisa menentukan tanggal kelanjutan acara WESG. Atau mereka bisa mengganti lokasi penyelenggaraan yang berjauhan dengan Tiongkok. Tetapi hal tersebut juga akan memakan waktu yang lama. Mengingat mereka harus melakukan perencanaan acara kembali dari awal.

Sampai saat ini, sudah dua kali gelaran final WESG Asia Pacific ditunda. Sebelumnya, final WESG APAC direncanakan untuk digelar di Kuala Lumpur. Tetapi pihak penyelenggara menunda acara tersebut dari tanggal 3 Februari menjadi 17 Februari dan lokasinya pun dipindah ke Macau. Di kualifikasi WESG CS:GO untuk kawasan Asia Tenggara sendiri, para pemain Indonesia berhasil mendapatkan capaian yang memuaskan.