11 August 2022

by Glenn Kaonang

Bir Bintang Luncurkan NFT Eksklusif Hasil Kolaborasi dengan Reza Arap

Koleksi yang terdiri dari 33 NFT eksklusif ini merupakan hasil kolaborasi brand Bintang Crystal dengan proyek NFT Irukandji

Di titik ini, kita sejatinya sudah tidak perlu heran melihat brand yang memanfaatkan NFT sebagai salah satu strategi pemasarannya. NFT terbukti bisa menjadi medium yang efektif untuk menumbuhkan engagement, dan brand mana yang tidak mau meningkatkan engagement konsumennya. Kalau butuh contoh terbaru, kita bisa melihat Bir Bintang. Brand minuman beralkohol asal tanah air tersebut baru-baru ini mengumumkan kolaborasinya dengan Irukandji, proyek NFT yang digagaskan oleh Reza Arap.

Sebagai bagian dari kemitraannya, kedua pihak bakal meluncurkan koleksi bertajuk "Taste-timonials by Bintang Crystal x Irukandji" yang terdiri dari 33 NFT eksklusif. Sebagai informasi, Irukandji sendiri merupakan koleksi 8.888 NFT PFP (foto profil) yang dikembangkan di ekosistem blockchain Ethereum. Berdasarkan informasi di situs Irukandji sekaligus laman OpenSea-nya, tercatat sudah ada 2.339 NFT yang di-mint sampai artikel ini ditulis.

Berdasarkan gambar teaser yang diberikan, tampaknya ada sedikit perbedaan art style antara koleksi orisinal Irukandji dan edisi khusus kolaborasi ini. Tanpa harus terkejut, masing-masing Kandji (sebutan untuk avatar Irukandji) dalam koleksi eksklusif ini tampak memegang sebuah botol, yang sudah bisa dipastikan adalah botol Bir Bintang Crystal. Dalam siaran persnya, dijelaskan bahwa tujuan dari kolaborasi ini memang adalah untuk memvisualisasikan keunikan rasa Bintang Crystal.

Lebih lanjut, kolaborasi ini juga menunjukkan komitmen brand Bir Bintang untuk beradaptasi dengan tren terkini demi menjangkau lebih banyak konsumen. "Kolaborasi Bintang Crystal dan Irukandji merupakan upaya kami untuk terus terbuka akan perkembangan budaya pop Indonesia yang semakin beragam. Ini merupakan bagian dari komitmen kami untuk memberikan ruang bagi generasi muda berbakat seperti Irukandji terus berkreasi," ujar Jessica Setiawan selaku Marketing Director Multi Bintang Indonesia dalam sebuah pernyataan resmi.

Dari 33 NFT Bir Bintang yang didesain oleh visual artistSlimSteady ini, terdapat empat NFT khusus yang dikategorikan sebagai city exclusive. Keempat NFT ini akan memperlihatkan kekhususan dari kota Medan, Jakarta, Bali, dan Manado pada artwork-nya. Tidak dijelaskan alasan mengapa yang dipilih adalah keempat kota tersebut, namun yang pasti konsumen dapat melihat Kandji yang berdampingan dengan nuansa unik dari masing-masing kota.

Rencananya, koleksi NFT Bir Bintang Crystal x Irukandji ini akan diluncurkan pada 14 Agustus 2022 melalui situs Irukandji. Informasi lebih lengkap bisa langsung didapatkan di serverDiscord Irukandji.