Mobile
for SEO
Mobile

Bersihkan Metadata Foto di iPhone atau iPad Menggunakan Metapho

16 January 2015Aditya Daniel

Foto yang diambil menggunakan gadget, khususnya perangkat iOS, pastilah mengandung metadata. Metadata ini dapat berupa lokasi, tanggal dan waktu sebuah foto diambil, resolusi, jenis perangkat yang digunakan dan masih banyak lagi.

Mungkin terlihat sepele namun di era digital seperti sekarang ini sebuah foto yang dibagikan dapat menjadi sebuah informasi yang dapat digunakan siapa saja, apapun niatnya. Alangkah baiknya jika menghilangkan metadata yang ada sebelum membagikan foto kepada teman ataupun di sebuah platform media sosial.

Metapho, aplikasi untuk perangkat iOS yang satu ini menjadi pilihan saya dalam menghilangkan metadata yang ada.

Metapho hadir secara gratis di App Store namun pengguna hanya dapat melihat data EXIF dari sebuah foto. Untuk menghilangkan data EXIF tersebut, pengguna bisa membuka fitur Premium yang ada dengan in-app-purchase sebesar Rp 23 Ribu.

 

Info menarik: [Panduan Pemula] Cara Mudah Mengganti Keyboard Pada iOS

 

Informasi yang disediakan oleh Metapho cukup lengkap. ISO, aperture, shutter speed, jenis perangkat iOS hingga versi iOS yang digunakan semuanya ada dalam Metapho.

IMG_0444

Sesuai tujuannya, Metapho hadir untuk menghapus segala informasi yang melekat pada sebuah foto. Untuk itu, Metapho tak memberikan pengaturan yang rumit dalam aplikasinya. Pengguna hanya perlu mengijinkan Metapho untuk dapat mengakses Photo Library dan kemudian selanjutnya akan tertampil dalam aplikasi ini.

Metapho menghadirkan thumbnail dari foto yang tersimpan. Sayangnya semua foto hadir menjadi satu di dalam Metapho dan tak ada pengkategorian foto sesuai album yang ada di Photo Library, sehingga pengguna harus mencari foto yang ingin dihilangkan informasinya melalui thumbnail. Cukup merepotkan terlebih bagi mereka yang memilik banyak sekali foto di perangkat iOS-nya.

IMG_0445

Penggunaan Metapho cukup mudah, pilih salah satu foto dan selanjutnya Metapho akan menampilkan informasi metadata yang ada. Scroll ke bawah untuk menemukan sebuah tombol “Remove Metadata for Privacy” dan selanjutnya Anda bisa dengan tenang membagikan foto tersebut.

 

Info menarik: Aplikasi Cleen, Permudah Organisir Foto di iPhone atau iPad

 

Untuk menghilangkan foto selanjutnya, cukup swipe ke kiri. Seperti yang sudah saya tuliskan di atas, Metapho tak menghadirkan fitur pengkategorian menurut album yang ada. Pastilah kurang menyenangkan untuk mencari sebuah foto yang bercampur dengan screenshot ataupun gambar yang didapatkan dari internet.

Keamanan serta privacy di jaman yang serba digital ini kini menjadi hal yang penting. Bagi yang mempunyai penggemar rahasia ataupun stalker, Metapho dapat menjadi aplikasi yang layak untuk dimiliki.

Download – App Store – Gratis

Gambar header: Apple via Shutterstock.

Play video

27 June 2022

Ledger NFT Marketplace #shorts

Ledger umumkan markteplace NFT. Berita lengkap ...

Others from #HybridTV