19 September 2023

by Lukman Azis

Berburu Foto Seharian di TMII dengan Kamera 64MP OPPO A98 5G

Menguji bagaimana kemampuan kamera OPPO A98 5G di Taman Burung dan Museum Komodo, serta performanya dalam mendukung aktivitas harian

Belum lama ini, OPPO Indonesia telah mengumumkan rangkaian smartphone A Series terbarunya, termasuk OPPO A38, A58, dan yang sedang saya ulik adalah A98 5G. Model paling atas dari OPPO A Series ini dijual seharga Rp4.899.000 dan mencomot beberapa fitur milik perangkat Reno Series.

Pada Selasa (19 September 2023), OPPO mengadakan kegiatan experience dengan perangkat A Series ke Taman Mini Indonesia Indah. Di sana saya menggunakan OPPO A98 5G sebagai ‘daily smartphone’, sambil menguji bagaimana kemampuan kamera dan performanya dalam mendukung aktivitas harian.

Memotret Wajah Baru Taman Burung TMII dengan Kamera Utama 64MP

Boleh dibilang, kegiatan utama experience OPPO A Series kali ini adalah berburu foto. Pas sekali, karena salah satu fitur unggulan OPPO A98 5G yang bikin saya penasaran ialah kamera utama 64MP-nya. Itu ditemani dua kamera 2MP untuk kedalaman dan satunya dengan lensa microscope 40x.

Tidak diungkap tipe sensor gambar pada kamera utamanya, tetapi ukurannya cukup besar di kelasnya yaitu 1/1,98 inci dengan lensa wide 26mm, aperture f/1.7, dan PDAF. Ada dua tempat yang kami kunjungi di TMII, Taman Burung dan Museum Komodo, keduanya punya tantangannya tersendiri.

Berangkat jam enam pagi dengan kondisi baterai OPPO A98 5G penuh, saya memasuki Taman Burung jam sepuluh dan memotret dengan intens sampai jam makan siang. Kondisi cuaca agak berawan dan di dalam Taman Burung ada banyak sekali pohon besar nan rindang, jadi pencahayaannya masih tergolong baik.

Satu tips fotografi jika ingin mendapatkan kualitas optimal adalah hindari penggunaan zoom, tetapi kalau subjeknya burung dan susah didekati, mau tidak mau saya harus sering-sering memakai zoom. Di OPPO A95 5G, terdapat 2x lossless zoom yang masih mampu memberikan kualitas foto yang prima.

Tentunya karena memang didukung cahaya yang cukup dan pegang dengan stabil saat memotret, tidak disarankan untuk memakai lebih dari 2x zoom. Di bawah ini beberapa hasil dokumentasi wajah baru Taman Burung di TMII dari kamera OPPO A95 5G.

Jeda makan siang, saya memanfaatkan waktu untuk memilah hasil foto dan memasang berbagai aplikasi yang dibutuhkan untuk persiapan review. Ditenagai chipset Snapdragon 695 5G, RAM 8GB ditambah RAM expansion hingga 8GB, dan penyimpanan internal 256GB, kombinasinya mampu menghadirkan performa yang lancar.

Saat berburu foto di luar ruangan, tingkat kecerahan layar juga penting. Layar lapang IPS LCD 6,72 inci FHD+ dengan refresh rate 120Hz di OPPO A98 5G sudah memiliki tingkat kecerahan tinggi 680 nits. Setelah makan siang, kami melanjutkan berkeliling dan kemudian berpindah ke Museum Komodo.

Di Museum Komodo, area utamanya di dalam ruangan dengan pencahayaan temaram yang sangat menantang. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, saya bereksplorasi mencoba mode Night dan Pro, serta menggunakan shutter speed lebih rendah. Selain Komodo, di sana Anda dapat melihat ular, buaya muara, iguana, dan berbagai jenis kura-kura.

Dari kegiatan experience tersebut, kamera utama 64MP milik OPPO A98 5G terbukti mampu mendokumentasi berbagai momen dengan apik, ini berarti bisa menjadi rekomendasi perangkat untuk liburan bersama keluarga. Performanya yang mulus juga cocok untuk menunjang aktivitas sehari-hari, ditambah baterai 5.000 mAh tahan seharian dan didukung pengisian daya cepat 67W SUPERVOOC yang dapat mengisi penuh dalam 44 menit.

Bagi yang tertarik dengan OPPO A98 5G, smartphone A Series terbaru ini dijual seharga Rp4.899.000 di Indonesia. Saat ini Anda sudah bisa memesannya secara pre-order dari tanggal 14 hingga 21 September 2023, ada dua pilihan warna yaitu hitam dan biru.