27 May 2022

by Galih

Aplikasi Ini Mampu Benchmark Unreal Engine 5 di PC Secara Gratis

Pengguna dapat mengunduh aplikasi benchmark secara cuma-cuma di Steam.

Dengan perilisan Unreal Engine 5 yang telah resmi, kini siapapun memiliki akses sebebas-bebasnya terhadap game engine yang satu ini. Dan gilanya, Epic Games menggratiskan game engine ini untuk dapat digunakan oleh siapapun.

Beberapa developer indie bahkan telah menunjukkan kapabilitas engine ini dalam waktu singkat, dan developer besar tengah optimis dengan apa yang mampu mereka capai dengan game engine ini.

Namun, potensi pencapaian visual yang dapat diraih oleh Unreal Engine 5 memiliki kompensasi kebutuhan spesifikasi yang cukup berat. Sehingga banyak pengguna PC yang bertanya-tanya apakah PC gaming milik mereka kuat untuk menjalankan game-game Unreal Engine 5 nantinya.

Untungnya, developer Eztheory AS dan publisher Wise Serpent Studios AS memahami hal tersebut. Mereka pun akhirnya mengembangkan aplikasi benchmark untuk Unreal Engine 5 mereka sendiri yang diberi nama EzBench Benchmark.

Image Credit: EZ Theory AS

Perlu diingat bahwa EzBench Benchmark merupakan alat 'tes stres' yang memang berfungsi untuk melihat kemampuan PC menangani Unreal Engine 5. Sehingga aplikasi benchmark ini akan memberikan skenario terburuk bagi PC yang akan dites.

Dalam aplikasi ini, PC akan dites di berbagai pengujian seperti penggunaan tekstur 8K, penggunaan ray tracing, dan berbagai fitur unggulan Unreal Engine 5 lainnya. Tetapi sang developer juga meninggalkan pesan bahwa aplikasi ini masih berada di tahap pengembangan lanjutan.

Selain itu, sang developer juga mengingatkan bahwa game Unreal Engine 5 yang benar-benar dioptimalisasi akan memiliki performa yang jauh lebih baik dari apa yang dapat diraih dalam aplikasi EzBench ini.

Untuk menjalankan aplikasi ini, para calon pengguna diharapkan untuk memiliki spesifikasi yang benar-benar tinggi terutama untuk urusan GPU. Karena developer Eztheory AS mengharuskan penggunanya untuk minimal menggunakan GPU NVIDIA GTX 1080 atau setingkatnya.

Mereka juga sangat merekomendasikan bahwa GPU yang akan diuji menggunakan EzBench ini memiliki setidaknya VRAM sebesar 8GB. Namun itupun tidak akan dapat menjalankan fitur-fitur baru seperti ray tracing. Sehingga untuk menjalankan semua fiturnya, pengguna harus setidaknya menggunakan GPU RTX 20 atau Radeon RX 6000.

Yang cukup mengejutkan lagi adalah ukuran dari aplikasi EzBench ini mencapai hampir 20 GB. Ukuran tersebut tergolong sangat besar untuk sebuah aplikasi benchmark PC yang rata-rata memiliki ukuran berkisar ratusan MB, dengan maksimal hanya beberapa GB saja.

 
View this post on Instagram
 

A post shared by Hybrid.IDN (@hybrid.dojo)