20 April 2020

by Glenn Kaonang

Before We Leave Ialah Game City Building Santai dengan Elemen Eksplorasi Luar Angkasa

Tanpa peperangan, tanpa kompetisi

Sepintas, game di atas kelihatan mirip seperti seri Civilization berkat tampilan serba heksagonalnya. Namun game berjudul Before We Leave ini rupanya masuk kategori city building, jauh lebih santai ketimbang seri Civilization maupun game 4X lain.

Yang unik dari game ini adalah adanya elemen eksplorasi, bahkan eksplorasi luar angkasa sekaligus. Salah satu ancaman terbesar dalam Before We Leave juga datang dari antariksa, spesifiknya seekor makhluk mirip paus tapi yang kerjanya menelan planet demi planet. Peradaban yang dibangun pada dasarnya harus disiapkan untuk menghadapi tantangan ini.

Tidak ada peperangan dalam Before We Leave. Tidak ada faksi/bangsa lain yang berkompetisi. Sepintas premisnya terdengar seperti Frostpunk; peradaban yang dibangun ulang merupakan sisa yang selamat dari bencana alam, tapi saya menduga elemen survival-nya tidak seekstrem salah satu game favorit saya itu.

Seiring teritori meluas, pemain bakal menemukan sejumlah teknologi peninggalan perabadan sebelumnya. Saya menebak warisan-warisan inilah yang dapat dimanfaatkan untuk mengusir si space whale itu tadi, dan di sinilah elemen strategi mulai ditonjolkan.

Jujur konsep yang ditawarkan cukup menarik, terutama jika Anda suka dengan game-game seperti Cities Skylines, Frostpunk dan Civilization. Di tengah banyaknya game penuh kekerasan (Doom Eternal, Borderlands 3, dll) yang kita mainkan selama masa swakarantina, mungkin game bangun-membangun yang santai seperti inilah yang kita butuhkan.

Before We Leave merupakan game perdana bikinan Balancing Monkey Games, sebuah studio indie asal Selandia Baru. Permainan ini sudah dikerjakan sejak 2017, dan rencananya akan dirilis di Epic Games Store pada tanggal 8 Mei 2020 nanti.

Sumber: The Escapist.