Dark
Light

Beberapa Hari Bersama OPPO Find X6 Pro 5G Di Bali, Bisa Rekam 4K HDR Dolby Vision

2 mins read
July 3, 2023
Beberapa Hari Bersama Find X6 Pro 5G
Beberapa Hari Bersama Find X6 Pro 5G

Untuk menangani kebutuhan foto dan video, saat ini saya mengandalkan smartphone khusus yang hanya digunakan untuk mengambil gambar, karena saya perlu memastikan bagian lensa tidak tergores. Itu adalah perangkat keluaran 2021 dan ditenagai chipset Qualcomm Snapdragon 888.

Saya memakai kamera utamanya saja dengan spesifikasi sebagai berikut. Sensor gambar 64MP Sony IMX686 berukuran 1/1.7 inci, dengan lensa wide 26mm, aperture f1.8, dan dilengkapi OIS. Sebagai informasi, tahun lalu saja kebanyakan smartphone flagship sudah memakai sensor gambar berukuran 1/1.56 inci.

Tahun ini, beberapa smartphone flagship telah menggunakan sensor gambar tipe 1 inci. Misalnya Find X6 Pro 5G yang saja coba beberapa hari dalam acara OPPO APAC bertajuk ‘Vitality Imaging Tour’ di Bali. Bahkan kamera ultrawide dan telephoto-nya saja memakai sensor berukuran 1/1.56 inci.

Sungguh perkembangan teknologi kamera yang begitu cepat, padahal hanya berbeda dua generasi, tetapi spesifikasi perangkat yang saya pakai terasa usang. Berikut pengalaman saya menjajal kamera Find X6 Pro 5G di Bali selama empat hari.

Video 4K HDR Dolby Vision

OPPO Find X6 Pro 5G

Meski saya memegang beberapa smartphone kelas menengah atas terbaru, saya mempertahankan ‘perangkat mantan flagship’ itu karena pemrosesan gambarnya yang canggih. Di Find X6 Pro 5G lebih ‘gila’ lagi, ada chipset Snapdragon 8 Gen 2 dan MariSilicon X yang menawarkan kemampuan komputasi fotografi di tingkat yang berbeda.

Salah satu fitur yang membutuhkan daya komputasi tinggi ialah perekaman video 4K HDR 10-bit dengan Dolby Vision, ini fitur penting yang akan sangat dibutuhkan oleh kalangan kreator konten. Untuk menghasilkan video dengan rentang dinamis yang luas dibandingkan dengan dengan format video video standar, detail yang lebih kaya dalam bayangan dan sorotan, serta warna yang lebih hidup.

Perekaman video HDR Dolby Vision pada Find X6 Pro 5G mendukung hingga resolusi 4K pada 30fps atau 1080p hingga 60fps. Sementara, video standarnya mendukung 4K hingga 60fps. Selama mencoba, sistem autofocus videonya terasa cepat dan akurat, serta stabilisasi videonya efektif.

Tiga Kamera Utama

Kamera OPPO Find X6 Pro 5G

OPPO Find X6 Pro 5G menggunakan sensor gambar berukuran besar di semua modul kamera, yang berkontribusi pada hasil tekstur dan noise yang sangat baik dalam foto, zoom, bokehnya, dan video di segala kondisi cahaya. Tak diduga, ada sensor gambar 50MP Sony IMX989 tipe 1 inci yang terbesar pada smartphone saat ini di bawah lensa wide 23mm f1.8 dengan ukuran piksel 1,6µm.

Lewat mode Pro, kita bisa memberlakukan Find X6 Pro 5G layaknya kamera DSLR ataupun mirrorless dengan pengaturan manual. Kita bisa menyimpan foto dalam format RAW+ (expanded dynamic range) yang tersedia di ketiga kamera dan merekam video 4K hingga 60fps. Ya, kita bisa mendapatkan resolusi tinggi dan frame rate tinggi sekaligus yang memberikan fleksibilitas saat post processing.

Fitur yang paling saya nikmati ialah kemampuan 2,8x optical zoom berkat lensa telephoto periscope 65mm f/2.4 dengan OIS. Ini sangat ideal untuk foto portrait dan juga still life seperti produk review, dalam video panjang fokus tersebut juga memberikan efek kedalaman yang cukup.

Dalam kegiatan photo walk di Bali, saya telah membuktikan sendiri kemampuannya untuk mengambil foto portrait. Dengan hasil sebagus ini, saya yakin Find X6 Pro 5G dapat menangani project seperti pre-wedding atau dokumentasi acara dengan baik. Meskipun untuk project tersebut, klien pasti masih meragukan kemampuan smartphone dan lebih percaya dengan kamera DSLR atau mirrorless APS-C kelas entry-level.

Verdict

Saya amat terpuaskan menjajal OPPO Find X6 Pro 5G selama empat hari dalam acara OPPO Vitality Imaging Tour di Bali beberapa waktu lalu. Memang kita tidak akan bisa mendapatkan perangkat ini karena hanya eksklusif tersedia di pasar Tiongkok.

Namun setidaknya saya bisa merasakan langsung pesatnya perkembangan teknologi pencitraan yang dimiliki oleh OPPO dan memberikan gambaran masa depan mobile imaging. Tak masalah Find X6 Pro 5G tidak masuk Indonesia, tetapi generasi berikutnya semoga masuk karena saya justru lebih penasaran dalam 2-5 tahun mendatang akan seperti apa.

Studi tunjukkan manusia lebih mudah percaya AI ketimbang orang lain
Previous Story

Studi Tunjukkan Manusia Lebih Mudah Percaya AI Ketimbang Orang Lain

Next Story

Kenapa Kursus ChatGPT di Udemy Sangat Diminati?

Latest from Blog

Don't Miss

OPPO A60 Resmi Dirilis, Ajak Calon Pengguna Buktikan Langsung Ketangguhannya

Sejak diluncurkan secara resmi sejak 17 Mei lalu, OPPO A60

Bertambah Lagi, OPPO Experience Store Kini Hadir di AEON Deltamas Cikarang

OPPO Experience Store Cikarang ini memiliki luas 241 meter persegi—lebih