Esports Ecosystem

Balapan Perdana GT World Challenge Asia Esports Bakal Diadakan di Sirkuit Monza

06 Oct 2020 | Ellavie Ichlasa Amalia
Balapan pertama GT World Challenge Asia Esports akan diadakan di sirkuit Monza

Balapan pertama dari GT World Challenge Asia Esports akan diadakan di sirkuit Monza, Italia, pada hari ini, Selasa, 6 Oktober 2020. Kompetisi tersebut akan menggunakan platform Assetto Corsa Competizione. Kali ini, ada dua balapan yang diadakan. Masing-masing balapan akan berlangsung selama satu jam.

Balapan pertama akan mempertemukan sim racer profesional dengan pembalap amatir yang telah lolos babak kualifikasi. Salah satu sim racer profesional yang akan bertanding hari ini adalah Joseph De Jesus IV. Setelah mendominasi balapan Charity Cup yang diadakan pada 29 Agustus 2020 lalu, dia mendapatkan kontrak dengan Tarmac eMotorsports. Karena itu, tidak heran jika dalam balapan kali ini, dia masuk dalam kategori sim racer profesional. Dua peserta lain yang masuk ke dalam kategori profesional antara lain Andrew Laurenson dan Yat Lam Law.

GT World Challenge Asia Esports
Beberapa bulan belakangan kompetisi sim racing memang tengah marak.

Dalam balapan kali ini, Zheng Yinsim racer Mercedes-AMG yang berhasil memenangkan Charity Cup — juga akan ikut berlaga. Dua peserta lain yang akan bertanding kali ini adalah Li Kin Lonsim racer Mercedes-AMG lain yang juga berhasil naik podium pada Charity Cup — dan perwakilan Ferrari, Yuki Shirakawa. Balapan ini juga diikuti oleh para sim racer amatir yang telah lolos babak kualifikasi terbuka, menurut Auto Mobil Sports.

Sementara itu, balapan kedua dari GT World Challenge Asia Esports akan mengadu para pembalap sebenarnya dengan para pembalap amatir. Salah satu pembalap yang akan turun kali ini adalah Evan Chen dari Porsche. Balapan ini juga akan diikuti oleh sejumlah pembalap amatir asal Asia, seperti Leona Chin dan Tengku Djan Ley.

GT World Challenge Asia Esports terdiri dari 5 balapan. Berikut jadwal dari empat balapan lainnya:

  • Balapan ke-2: 27 Oktober 2020, di Laguna Seca, Amerika Serikat
  • Balapan ke-3: 10 November 2020 di Silverstone, Inggris
  • Balapan ke-4: 24 November 2020 di Spa-Francorchamps, Belgia
  • Balapan ke-5, 8 Desember 2020 di Suzuka, Jepang

Beberapa bulan belakangan, kompetisi esports memang semakin populer. Tidak heran, pandemi COVID-19 memaksa banyak pertandingan olahraga dibatalkan. Hal ini mendorong para penyelenggara untuk mengadakan turnamen esports sebagai pengganti. Sim racing merupakan salah satu ekosistem yang tumbuh pesat selama pandemi.