AYN Loki Adalah Konsol Genggam Berbasis Windows Penantang Steam Deck

Model dasarnya bernama AYN Loki Mini yang dijual seharga US$299 (Rp4,3 jutaan)

Kehadiran konsol game seperti Steam Deck sangat memanjakan para gamer PC untuk melanjutkan sesi permainan mereka bahkan ketika sedang pergi ke luar. Di sisi lain, perangkat ini juga memikat para gamer mobile yang ingin merasakan hebatnya game-game PC meski punya budget terbatas.

Kali ini Steam Deck kedatangan penantang baru dari AYN yang sebelumnya pernah membuat konsol genggam Android bernama Odin. Mereka sedang mengerjakan jajaran AYN Loki, sebuah konsol game genggam berbasis sistem operasi Windows dengan harga terjangkau.

Model dasarnya bernama AYN Loki Mini dengan chip Intel Alder Lake U dan penyimpanan internal 64 GB yang dijual seharga US$299 (sekitar Rp4,3 jutaan) atau US$ 100 lebih murah dari Steam Deck versi 64 GB.

Sementara, AYN Loki standar menggunakan chip AMD Ryzen 5 6600U dengan opsi penyimpanan sebesar 64 GB, 256 GB, dan 512 GB, masing-masing dibanderol seharga US$499, US$599, dan US$699.

Model tertingginya bernama AYN Loki Max yang dijual dengan harga US$799, ditenagai chip AMD Ryzen 7 6800U dan penyimpanan internal 512 GB. Modul penyimpanan SSD pada jajaran konsol genggam AYN Loki kemungkinan dapat diganti sehingga pengguna bisa memperluas penyimpanan sendiri di masa depan.

Dari segi desain, Ayn Loki mewarisi desain dari Odin yang lebih condong mirip seperti Nintendo Switch Lite. Dengan tombol kontrol Y, B, A, X berwarna hitam atau putih dengan skema yang sama seperti pada controller Xbox, wajar mengingat perangkat ini akan menjalankan Windows. Pengisian dayanya menggunakan port USB-C dan tersedia jack headphone di bagian bawah, serta dilengkapi joystick analog dan D-Pad.

Selain informasi di atas, masih belum diketahui kapan perangkat ini mulai dijual. Selain AYN, perusahan lain yang akan mencoba menantang Steam Deck adalah Aya Neo dengan konsol genggam Aya Neo 2 dan Aya Neo Slide, keduanya ditenagai chip AMD Ryzen 7 6800U dengan GPU Radeon 680M yang mana dapat mengalahkan Steam Deck di atas kertas.

Sumber: TheVerge