29 March 2022

by Lukman Azis

ASUS ROG Hadirkan Headset Gaming ROG Fusion II 500 dan Fusion II 300 Dengan Teknologi ESS 9280 Quad DAC

Headset gaming ROG Fusion II 300 mirip dengan Fusion II 500, tetapi tidak punya port audio 3,5 mm

Ketika bermain game, terutama game yang bersifat sangat kompetitif, peranan audio sangat penting untuk memperbesar peluang kemenangan. Lebih baik lagi, jika headset yang digunakan memang dirancang khusus untuk gaming, yang telah dikostumisasi guna menawarkan kejelasan suara, noise isolation, suara yang imersif, hingga kenyamanan yang lebih untuk para pemain.

Yang terbaru, baru-baru ini ASUS ROG telah mengumumkan Fusion II 500 dan Fusion II 300. Kedua headset gaming ROG ini dilengkapi rangkaian fitur seperti virtual 7.1 surround sound, teknologi ESS 9280 Quad DAC resolusi tinggi, driver ASUS Essence 50 mm, serta mikrofon ASUS AI Beamforming dengan AI Noise Cancellation untuk menghadirkan audio dan komunikasi dalam game yang imersif.

ASUS ROG Fusion II 300

Headset ini adalah salah satu dari sedikit headset gaming di pasar yang menampilkan teknologi ESS 9280 Quad DAC untuk menyediakan pemrosesan audio lossless bagi para gamer. Setiap DAC mengalokasikan kekuatan pemrosesannya ke subset rentang frekuensi yang dapat didengar, dari nada rendah, sedang, tinggi, dan ultra-tinggi.

Berkat mikrofon ASUS AI Beamforming dengan AI Noise Cancellation, memastikan representasi suara manusia yang jelas dan alami dengan distorsi minimal. Mikrofon menciptakan zona akustik 40 derajat di depan mulut gamer dan menyaring kebisingan latar belakang yang mengganggu dari arah lain untuk pengambilan suara yang lebih jernih.

Selain itu, AI Noise Cancellation dapat mengidentifikasi dan mengurangi lebih dari 500 juta jenis kebisingan latar belakang seperti obrolan, ketukan keyboard, dan klik mouse hingga 95%. Kontrol volume Game Chat pada ROG Fusion II 500 juga memungkinkan gamer untuk menyesuaikan volume obrolan audio dan suara dalam game melalui penggeser pada earcup agar sesuai dengan preferensi mereka.

ASUS ROG Fusion II 500

Lebih lanjut, Fusion II 500 dan Fusion II 300 memiliki pencahayaan Aura RGB yang dapat disesuaikan untuk memberikan lebih dari 16,8 juta kombinasi warna dan enam efek preset pencahayaan melalui Armoury Crate kepada para gamer. Perangkat lunak ini memberi para gamer kontrol ekstensif dan antarmuka intuitif untuk menyesuaikan profil audio dan pencahayaan.

Dengan jack audio 3,5 mm, konektivitas USB-C dan USB Type-A, ROG Fusion II 500 kompatibel dengan berbagai perangkat termasuk laptop dan PC, perangkat seluler, dan konsol game. Fusion II 300 mirip dengan Fusion II 500, tetapi tidak mendukung koneksi audio 3,5 mm.

Sumber: ASUS 1 dan 2