Dark
Light

ASUS Rilis Tiga Laptop AI di Indonesia

2 mins read
June 19, 2024

ASUS mengumumkan kehadiran tiga laptop terbaru mereka, yang mereka perkenalkan kepada publik sebagai laptop AI.

Tiga laptop tersebut adalah satu varian Zenbook DUO (UX8406) dan dua varian Vivobook S 14 (S5406 dan M5406). Masuk ke dalam jajaran laptop ASUS AI  membuat ketiga perangkat ini menjadi bagian dari standar laptop AI terbaik dari ASUS.

Pengembangan dan eksperimen produk AI adalah salah satu inisiatif yang kerap dilakukan ASUS. Terakhir kali membawa agenda seputar AI, ASUS mengundang tim Hybrid.co.id untuk menjajal eksperimen layanan AI yang disematkan di ROG.

Kali ini, dengan merilis tiga laptop teranyar, ASUS tidak hanya berrupaya mempermudah masyarakat Indonesia saat memilih laptop AI dengan ASUS AI, tetapi juga memastikan laptop yang dipilih memenuhi standar aplikasi berbasis AI.

Bagaimana laptop yang digadang-gadang sebagai standar laptop AI terbaik itu? Berikut gambarannya di atas kertas.

Vivobook S 14 OLED Terbaru

Vivobook S 14 OLED adalah laptop yang dirancang khusus oleh ASUS dengan fokus pada portabilitas dan kinerja. Dengan diotaki prosesor Intel Core Ultra dan AMD Ryzen Series, ASUS menjanjikan performa yang mampu unggul untuk berbagai kebutuhan, termasuk penggunaan aplikasi dan fitur berbasis AI.

Selain fleksibilitas dari sisi penggunaan dan kebutuhan, ASUS juga mendesain Vivobook S 14 OLED untuk fleksibilitas dari aspek mobilitas pengguna, dengan berat perangkat 1,3 kg dan daya tahan baterai hingga 16 jam. Kemampuan baterai tersebut masih bisa dioptimalisasi lagi dengan ASUS Battery Health Charging dan USB-C Easy Charge, yang konon akan memberikan pengisian daya cepat dan mempertahankan kesehatan baterai dalam jangka panjang.

Aspek visual sudah tidak mengherankan jika menjadi nilai jual utama pada Vivobook S 14 OLED, mengingat ada kata “OLED” yang ditaruh pada ujung nama produk. Pengalaman visual di laptop AI ini dihadirkan oleh ASUS Lumina OLED, yang membawa kesan warna yang hidup dan dukungan HDR.

Untuk kebutuhan produktivitas, ASUS menghadirkan keyboard ergonomis dengan RGB backlight dan touchpad, ditambah fitur perangkat lunak tambahan seperti Unify Control dan GlideX memudahkan pengguna dalam mengatur alur kerja mereka. Dari sisi keamanan, Vivobook S 14 OLED punya fitur seperti kamera ASUS AiSense dan webcam privacy shield juga dinilai dapat meningkatkan aspek privasi dan keamanan penggunanya.

Vivobook S 14 OLED juga dibekali dengan sistem pendingin ASUS IceCool, yang meliputi pipa panas, kipas ganda, dan ventilasi ganda, memastikan laptop tetap dingin meski digunakan untuk beban kerja yang berat.

Zenbook DUO

Kata “DUO” dalam ASUS Zenbook DUO (UX8406) yang dimaksud adalah dua layar ASUS Lumina OLED touchscreen yang ada di dalamnya. ASUS Zenbook DUO adalah laptop yang dicitrakan sebagai laptop dengan desain ringkas dan dibekali berbagai fitur mutakhir.

Prosesor Intel Core Ultra 9 dan Intel Arc Graphics, serta memori LPDDR5X hingga 32 GB, menjadi kepingan inti yang membuat laptop ini menawarkan performa komputasi tinggi dengan dukungan AI. Untuk kebutuhan penyimpanan dan konektivitas, ASUS menyediakan SSD PCIe 4.0 2 TB dan konektivitas WiFi 6E.

Fitur utama dual-display 3K OLED dengan refresh rate 120Hz kemungkinan besar akan mencuri perhatian, karena menyediakan ruang kerja hingga 19.8 inci. Kemampuan kerja Zenbook DUO untuk produktivitas juga terlihat dari bagaimana perangkat ini mengintegrasikan fitur-fitur seperti Copilot untuk asisten pintar, tools pengeditan foto yang ditingkatkan, kemampuan screenshot, serta pengorganisasian foto yang lebih aksesibel. Port-nya juga bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan profesional, termasuk di antaranya Thunderbolt 4 USB-C, HDMI, audio jack, dan USB 3.2 Gen 1 Type-A.

Teknologi biometrik juga dihadirkan di laptop seberat 1.35 kg dan setebal 14.6 mm ini, dengan sensor kamera yang telah mendukung sistem pengenalan wajah melalui Windows Hello. Tak lupa, di dapur audio, Zenbook DUO menawarkan amplifier ASUS Audio Booster.

Harga Zenbook Duo 40.399.000, Vivobook S14 OLED 17.999.000 dan Vivobook S14 OLED mulai dari 13.499.000. Info lengkap mengenai pemesanan, silakan kunjungi situs resmi ASUS. 

Previous Story

Erajaya Digital Adakan Turnamen Esports Berhadiah Ratusan Juta Rupiah

Review vivo V30e 5G, Desain dan Fiturnya Agak Lain
Next Story

Review vivo V30e 5G, Desain dan Fiturnya Agak Lain

Latest from Blog

Don't Miss

Harga Zenfone 11 Ultra

ASUS Resmi Luncurkan Zenfone 11 Ultra ke Tanah Air

Zenfone 11 Ultra RAM 12GB dan storage 256GB dibanderol Rp
ASUS ROG Phone 8 Series

Sambut Libur Lebaran, ASUS Hadirkan Promo Spesial ROG Phone 8 Series

Seperti biasa menjelang libur Idulfitri, selalu ada berbagai penawaran menarik