15 May 2023

by Galih

ASUS Resmi Luncurkan Konsol Genggamnya, ROG Ally

ASUS ROG Ally siap menyabet tahta handheld gaming PC paling powerful di dunia

Pertarungan di pasar konsol genggam berbasis PC memang masih hijau. Dan momentum itulah yang kelihatannya ingin dimanfaatkan oleh ASUS lewat perangkat terbarunya, ROG Ally.

Mengambil konsep yang sejalan dengan Steam Deck, ROG Ally dirancang sebagai handheld gaming PC yang dapat memainkan game dari berbagai platform, bahkan game AAA, dengan sangat baik. Apalagi konsol perdana ASUS ini memiliki bobot yang sangat ringan, yaitu 608 gram.

“ROG Ally adalah sebuah perangkat ‘game changer’. Tidak hanya nyaman digunakan, ROG Ally juga sangat powerful sehingga memungkinkan para gamers untuk dapat memainkan game AAA favorit mereka kapanpun dan di manapun,” ujar Jimmy Lin, ASUS Regional Director, Southeast Asia.

Image credit: ASUS

ROG Ally memiliki desain yang ergonomis dengan bagian pegangan yang dilengkapi tekstur khusus agar tidak mudah terlepas dari tangan saat digunakan, sekaligus memaksimalkan kenyamanan saat konsol dimainkan dalam waktu lama.

Di dalamnya, ROG Ally ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen Z1 Series terbaru. Prosesor yang dirancang khusus ini dilengkapi dengan GPU terintegrasi yang menggunakan arsitektur RDNA 3, tidak ketinggalan pula pendingin khusus bernama ROG Zero Gravity Thermal System.

Di depan, ROG Ally dilengkapi layar 7 inci beresolusi Full HD 1080p dengan refresh rate hingga 120 Hz. Layar ini telah mendukung fitur FreeSync Premium dengan tingkat kecerahan hingga 500 nit.

Untuk menjalankan game-nya, ROG Ally sudah dilengkapi dengan sistem operasi Windows 11. Yang berarti perangkat ini dapat digunakan untuk memainkan game dari berbagai platform mulai dari Steam hingga Xbox.

&pp=ygUIcm9nIGFsbHk%3D

Perangkat ini juga dibekali dengan software Armoury Crate Special Edition (SE). Versi khusus ini membuat para pengguna memiliki akses penuh pada setiap aspek game di konsolnya.

Kerennya, ASUS juga memberikan ruang bagi mereka yang menginginkan performa lebih dari ROG Ally. ASUS memungkinkan konsol genggamnya tersebut untuk tersambung dengan GPU eksternal ROG XG Mobile.

Saat dihubungkan ke ROG XG Mobile, ROG Ally dapat menghadirkan performa gaming sekelas PC ataupun laptop gaming. Baik untuk gaming casual maupun AAA, ROG Ally diklaim sebagai gaming handheld terbaik untuk para penggunanya.

ASUS Indonesia memang masih belum mengungkap berapa harga yang akan dibanderol untuk ROG Ally ini. Namun ASUS Indonesia mengajak para gamer di Indonesia untuk mendaftar guna mendapatkan informasi perdana mengenai ROG Ally di Indonesia. Sebagai konteks, di Amerika Serikat ASUS ROG Ally dihargai mulai $599.